Skip Navigation LinksHome > Anak Belajar Bahasa Inggris > Mulai Usia Berapa Terbaik Untuk Belajar Bahasa Inggris
Mulai Usia Berapa Terbaik Untuk Belajar Bahasa Inggris

Mulai Usia Berapa Terbaik Untuk Belajar Bahasa Inggris

Mulai Usia Berapa Terbaik Untuk Belajar Bahasa Inggris

Sebagai orangtua yang memiliki anak balita tentunya ingin menyiapkan rencana yang terbaik untuk buah hati. Mempersiapkan anak secara moral, fisik dan intelektual, yang diikuti ragam keterampilan yang akan dibutuhkan dihidupnya nanti. Bahasa Inggris merupakan salah satu keterampilan yang kini bagi para orangtua patut diajarkan kepada anak mereka sejak dini. Namun, perlu dipertimbangkan tepatnya mulai usia berapa terbaik untuk belajar Bahasa Inggris.

Mempelajari bahasa baru tidak mengenal batas usia. Tetapi untuk memperoleh keterampilan Bahasa Inggris yang fasih layaknya seorang native speaker, akan lebih mungkin terjadi jika dimulai sejak anak mulai dapat diajak komunikasi secara verbal. Banyak anak yang memiliki orangtua dari dua bangsa berbeda, mampu menguasai kedua bahasa ibu orangtua dengan fasih. Hal ini dikarenakan sejak dini, anak diajak komunikasi menggunakan dua bahasa.

Mulai usia berapa terbaik untuk belajar Bahasa Inggris tergantung pada kemampuan perkembangan fisik dan mental anak itu sendiri. Selain itu tergantung pada kebutuhannya; mengapa anak tersebut perlu mempelajari Bahasa Inggris? Apakah hanya sekedar ia dapat berkomunikasi dengan lancar kedepannya, atau haruskah anak tersebut kelak fasih dalam Bahasa Inggris layaknya bahasa ibu sendiri? Batas umur seorang anak untuk dapat mempelajari dan menguasai bahasa asing secara fasih menurut beberapa penelitian adalah hingga anak tersebut berumur 12-13 tahun. Mulainya sendiri seperti yang telah dijelaskan diatas, adalah semenjak anak tersebut sudah mampu diajak berkomunkasi secara verbal, di mana anak mampu memahami instruksi singkat orangtua walau ia sendiri pun belum dapat berbicara. Bayi berusia 7 bulan sudah dapat merespon terhadap namanya sendiri, dan saat berusia 1 tahun ia mampu merespon terhadap intrusksi singkat seperti ‘tidak’, ‘jangan’, dan ‘makan.’ Saat berusia 2-3 tahun anak mulai menguasai sepatah dua kata hingga kalimat singkat dengan tingkat keakuratan yang minim secara linguistik.

Mempelajari bahasa kedua sejak dini tidak akan mengurangi keterampilan anak dalam menggunakan bahasa ibunya sendiri, sebab seorang anak memiliki kemampuan otak untuk menguasai keterampilan linguistik dari beragam bahasa dengan cepat.


Artikel Berkaitan
>
Usia Siswa
  • 18+
  • 14-17
  • 10-13
  • 7-9
  • 4-6

Nama

Telepon

Kami membutuhkan nomor telpon Anda untuk menjadwalkan kelas Anda. Kami tidak akan memberikan informasi Anda kepada pihak lain di luar EF.

Email

Kami membutuhkan alamat email Anda untuk memberikan informasi terbaru mengenai penawaran khusus dan diskon di EF English First. Kami tidak akan menggunakan alamat email Anda untuk tujuan lain.

Area

Pilih area terdekat Anda

Berita Terbaru

03-13-2014

EF Ditunjuk Sebagai Mitra Resmi Pelatihan Bahasa ...

Rio de Janeiro, Brazil - March 13, 2014 EF Education First has been appointed Official Supplier of Language Training Services for the Rio 2016 Olympic and Paralymp...

Baca lebih lanjut

Tahukah Anda?

Memimpin di Dunia Pendidikan Bahasa Inggris: Unit...

Unit Penelitian EF didirikan di Universitas Cambridge

EF telah mendirikan sebuah Unit Penelitian di Departemen Teori dan Terapan Linguistik Universitas Cambri...

Baca lebih lanjut

Saya Ingin Bertanya

Jika Anda punya pertanyaan, konsultan kursus kami akan dengan senang hati menghubungi Anda. Silahkan klik di sini dan tinggalkan pertanyaan Anda. Seseorang akan menghubungi Anda kembali.

Tanya sekarang

Kota Anda

Terima kasih!

Anda akan menerima email yang berisi tautan untuk mengunduh "Tips Belajar Bahasa Inggris EF English First".

Mohon isi alamat email yang benar

Pilih kota tempat Anda tinggal