Menu
polyglot
Education Advice

Serba Serbi Polyglot: Apakah Semua Orang Bisa jadi Polyglot?

tom thunder
Author
Tom Thunder
2024.02.29

Bayangkan kamu pergi ke berbagai negara dengan bahasa yang berbeda, tapi kamu tetap bisa bercengkrama dengan lancar tanpa ada kendala bahasa karena kamu seorang polyglot. Terdengar seru ya EFriends. Apakah kamu punya keinginan jadi seorang polyglot? Ada banyak keuntungannya, lho. Baca di sini!

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Apa Itu Polyglot?

Buat kamu yang belum tahu, polyglot adalah sebutan untuk orang yang bisa menguasai banyak bahasa. Bukan cuma dua bahasa, tapi tiga, empat, lima, bahkan lebih. Kata polyglot sendiri berasal dari kata Yunani “polus” yang berarti “banyak” dan “glotis” yang berarti “lidah” atau “bahasa”.

Polyglot berbeda dengan multilingual ya EFriends. Meskipun keduanya melibatkan kemampuan berkomunikasi dalam berbagai bahasa, ada perbedaan halus di antara keduanya.

Seorang multilingual memperoleh pengetahuan untuk berkomunikasi dalam beberapa bahasa, seringkali karena kebutuhan atau latar belakang budaya. Sementara seorang polyglot menguasai banyak bahasa karena mereka suka mempelajarinya. Bisa dibilang, belajar bahasa adalah hobi mereka. Menarik, kan?

sekelompok orang sedang duduk di atas rumput

Apa Keuntungan Menjadi Polyglot?

Dari yang sudah Tom sampaikan di atas bahwa seorang polyglot bisa dengan mudah berkomunikasi dalam berbagai bahasa, kamu pasti menganggap itu keren, kan? Kamu pasti akan semakin takjub kalau tahu keuntungan lainnya!

Membuka kesempatan sekolah dan kerja yang lebih besar

Kalau kamu hanya berbicara dua bahasa, misalnya bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, kamu punya batasan untuk pergi ke berbagai negara. Ada negara yang bahkan mayoritas penduduknya tidak bisa berbahasa Inggris. Selain itu, peluang studi dan kerja di negara lain seringkali terkait dengan kemampuanmu berbicara bahasa lain.

Jadi tidak mudah lupa

Penelitian menunjukkan bahwa menjadi polyglot bisa meningkatkan kecerdasan, menjaga ketajaman pikiran, dan meminimalisir kemungkinan terkena Alzheimer. Mempelajari beberapa bahasa sebenarnya bisa jadi Latihan yang bagus untuk otak karena bisa meningkatkan massa otak dan meningkatkan daya ingat.

Memiliki pemahaman budaya yang luas

Seni, budaya dan ilmu pengetahuan. Dengan menjadi polyglot, kamu bisa mengulik lebih banyak literatur, seni, musik, drama, acara TV, film, dan karya ilmiah. Hal ini meningkatkan pemahamanmu terhadap tradisi, nilai, dan perspektif dari budaya lain yang bisa mendorong empati.

Mendorong pertumbuhan pribadi

Perjalanan dalam belajar bahasa adalah salah satu perjalanan dalam menemukan jati diri alias self-discovery. Hal ini membangun kepercayaan diri, ketekunan, dan rasa pencapaian yang akan memperkaya pengembangan pribadimu.

Apakah Semua Orang Bisa Jadi Polyglot?

Setelah membaca penjelasan dan keuntungan menjadi polyglot, kamu mungkin akan mempertanyakan hal satu ini. Apakah semua orang bisa jadi polyglot? Apakah polyglot hanya bisa dikuasai oleh orang-orang yang super cerdas dan punya bakat alami? Jawabannya: nggak selalu begitu.

Sebenarnya, kemampuan jadi polyglot itu lebih tentang tekad, latihan, dan kesabaran. Banyak orang yang belajar bahasa dari nol dan akhirnya jadi polyglot karena mereka gigih dan nggak mudah menyerah.

Memang ada yang lebih cepat menangkap bahasa baru, tapi dengan kerja keras, hampir semua orang bisa belajar bahasa dengan baik. Jadi, kalau kamu punya mimpi jadi polyglot, kamu bisa mulai mulai belajar dari sekarang!

Bagaimana memulainya? Bagaimana kalau memulai dari belajar bahasa Inggris? Selain belajar sendiri, kamu bisa belajar bersama teman-teman lain di EF. Kamu akan selalu dibimbing oleh guru-guru profesional dan belajar dengan metode yang menyenangkan dan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Yuk mulai langkah kecilmu dari ikut kelas gratis di EF. Hanya dengan mendaftar pakai nomor handphone, kamu bisa mulai perjalananmu menjadi master bahasa bersama EF.