Menu
spelling bee
Education Advice

Serba Serbi Spelling Bee, Siap Ikut Kompetisi!

tom thunder
Author
Tom Thunder
2023.08.24

Hai pegiat lomba bahasa Inggris! Apakah kamu tahu tentang kompetisi Spelling Bee alias kompetisi mengeja? Kompetisi satu ini tidak kalah seru dibanding lomba bahasa Inggris yang lain. Yuk ketahui lebih dalam tentang Spelling Bee.

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

EFriends, lomba bahasa Inggris itu banyak macamnya loh. Tidak hanya lomba debat atau menulis esai saja. Tapi ada juga lomba pidato, story telling dan juga Spelling Bee. Tom akan bahas satu per satu lomba bahasa Inggris tersebut di artikel berikutnya. Kali ini, ayo kita fokus ke kompetisi Spelling Bee!

Apa itu Spelling Bee?

Untuk EFriends yang belum familiar dengan kompetisi ini, Spelling Bee adalah salah satu lomba Bahasa Inggris dimana peserta diberikan sebuah kata dan mereka harus mengeja huruf demi huruf dengan benar. Tingkat kesulitannya pasti berbeda ya EFriends untuk setiap kelompok peserta dan babak.

Aturan dasar Spelling Bee

Tidak seperti lomba bahasa Inggris lain yang punya aturan teknis cukup kompleks, aturan Spelling Bee relatif lebih mudah. Tentunya seperti kompetisi lainnya, peserta Spelling Bee dikelompokan ke dalam beberapa kategori. Biasanya berdasarkan usia atau kelas. Kalau kompetisi Spelling Bee di EF, peseta dikelompokkan berdasarkan kelas ya, EFriends. Jadi ada 4 grup dengan pembagian kelas: 1-2 SD, 3-4 SD, 5-6 SD dan 7-9 SMP.

Bagaimana menentukan pemenangnya? Tentu saja dengan melihat siapa yang bisa mengeja dengan benar. Tapi penilaiannya tidak hanya itu ya EFriends. Tips dari Tom yang harus kamu ingat, bersuara lantang dan jelas saat mengeja. Semoga kamu pemenangnya ya!

Baca juga: Ingin Ikut Lomba Spelling Bee, Ini Lho Bocoran Penilaiannya

Kenapa dinamakan Spelling Bee

Setelah membaca penjelasan tentang Spelling Bee, mungkin kamu jadi bertanya-tanya, kenapa ya disebut demikian? Sebenarnya, kata “Bee” dalam Spelling Bee artinya bukan lebah, lho.

Kata “Bee” ini diperkirakan adalah kata dialek Inggris abad petengahan yang berarti bantuan sukarela yang diberikan oleh tetangga untuk menyelesaikan tugas tertentu. Wah, mirip seperti gotong royong di Indonesia ya, EFriends.

Baca juga: 5 Tips Memenangkan Spelling Bee

Kompetisi Spelling Bee di Indonesia

Bagaimana EFriends? Tertantang mengikuti lomba Spelling Bee? Tidak perlu jauh-jauh ke Amerika. Kamu bisa loh ikut kompetisi mengeja ini di Indonesia.

Yop, EF akan mengadakan kompetisi Spelling Bee lagi! Semakin seru dan menegangkan karena kompetisi tahunan ini kembali diadakan secaa offline! Hore!

Penasaan dengan keseruan kompetisi sebelumnya? Cek video di bawah ini ya!

Ayo mulai persiapkan dirimu karena EF Spelling Bee Competition 2023 akan dimulai di bulan September!

Kamu juga bisa curi start belajar bahasa Inggris dengan ikut kursus di EF. Ada promo terbatas sampai akhir bulan ini, khusus untuk pembaca EF Blog. Jangan lewatkan kesempatannya ya! Join the course and BEE AWESOME!