Menu
lomba anak anak
Education Advice

Cek Manfaat Ikut Lomba Bagi Anak, Tidak Hanya Melatih Sportivitas

tom thunder
Author
Tom Thunder
2023.09.29

Lomba untuk anak-anak bisa jadi kesempatan bagus untuk mengasah kemampuan mereka dan mengajarkan sportivitas. Bukan hanya itu, kompetisi yang sehat punya manfaat lain bagi tumbuh kembang anak. Apa saja ya?

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

EF Parents, siapa yang suka mendaftarkan putra putrinya untuk ikut lomba? Ternyata mengenalkan anak dengan kompetisi sejak dini tidak selalu buruk, kok. Apalagi kalau ia merasa senang dan percaya diri menjalaninya.

Tahukah kamu apa saja manfaat ikut lomba yang bisa didapatkan anak?

Meningkatkan kepercayaan diri

Manfaat lomba untuk anak-anak yang pertama, tentu saja menumbuhkan rasa percaya diri anak. Menang atau kalah, yang terpenting adalah anak berhasil mmenampilkan kemampuannya di depan banyak orang. Tentunya ini bisa mendukung kemampuan bersosialisasinya juga ya.

Melatih kedisiplinan

Kalau anak akan berlaga dalam sebuah kompetisi atau lomba, tentu harus mempersiapkan diri, kan? Pastinya mereka butuh banyak latihan. Proses ini memerlukan ketekunan dan kedisiplinan sehingga mereka akan belajar bagaimana mengelola waktu dan menentukan prioritas. Tapi, EF parents tetap harus membangun suasana latihan yang nyaman dan menyenangkan ya!

Menanamkan growth mindset

Lomba juga bisa membuat anak fokus untuk menjadi lebih baik. Pada proses mempersiapkan diri sebelum lomba, mereka banyak berlatih untuk mempertajam kemampuan mereka. Saat kompetisi berlangsung, mereka juga bisa belajar dari peseta lain. Anak-anak yang terbiasa ikut kompetisi akan terbiasa untuk terus tumbuh agar mereka bisa mempertahankan prestasinya.

Melatih kekuatan mental

Kegigihan, dan ketekunan merupakan dua hal yang bisa membantu seseorang menjalani kehidupan sehari-hari. Dua hal ini bisa secara konstan diasah lewat kompetisi. Perjalanan menuju hingga saat kompetisi bukan hal mudah, apalagi bagi anak-anak. Dalam kompetisi juga ada masanya untuk menang dan kalah. Ini bisa jadi cara anak-anak belajar berlapang dada menerima kesalahan dan bangkit lagi.

EF parents, kompetisi memang punya dampak positif bagi tumbuh kembang anak. Tapi meski demikian, orang tua harus memastikan kalau anak senang menjalani prosesnya. Menciptakan lingkungan yang suportif dan nyaman tidak kalah penting dari latihan, ya. Kalau kamu, apa yang biasa kamu lakukan agar anak senang saat bersiap mengikuti kompetisi?

Bicara soal kompetisi, cerita perjalanan Dennis dan Alya mengikuti EF Spelling Bee Competition bisa jadi inspirasi bagi si kecil agar semangat mengikuti lomba. Yuk baca cerita mereka di bawah ini!

Spelling Bee Stories — Langkah Mungilku Menjelajah Dunia

Kalau kamu mau anak-anak mengikuti jejak Dennis dan Alya, yuk ambil bagian dalam EF Spelling Bee Competition 2023! Kompetisi mengeja bahasa Inggris terbesar se-Indonesia ini bisa diikuti anak-anak SD dan SMP, loh. Kompetisi berlangsung mulai tanggal 1 September sampai 8 Oktober 2023.

Kamu juga bisa mempersiapkan diri dengan mengikuti kelas gratis dari EF! Ada guru-guru kompeten yang akan membantu anak-anak lebih lancar dan percaya diri berbahasa Inggris. Mereka juga akan belajar mengenal kosa kata baru sebagai bekel mengikuti Spelling Bee Competition.

Siap jadi juara?