Menu
manajemen waktu
Education Advice

Yuk Ajarkan Anak Matriks Eisenhower untuk Mengelola Waktu

tom thunder
Author
Tom Thunder
2024.01.02

Kita sering merasa waktu berlalu begitu cepat. Tiba-tiba sudah malam lagi tanpa banyak hal yang diselesaikan. Lalu, bagaimana dengan si kecil? Apakah mereka juga merasa kehabisan waktu untuk belajar, bermain, dan beristirahat? Nah, saatnya Tom kenalkan konsep yang bisa bantu si kecil belajar manajemen waktu, namanya Matriks Eisenhower. Nggak susah kok! Yuk, kita ulas bareng-bareng.

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Mungkin sebagian dari EFparents sudah familiar dengan Matriks Eisenhower, tapi mari kita bahas lagi untuk yang belum tahu. Matriks ini diciptakan oleh Dwight D. Eisenhower, seorang tokoh penting dalam sejarah Amerika. Nggak usah khawatir, meski terlihat rumit, konsepnya sebenarnya cukup sederhana dan sangat bermanfaat, lho!

Apa Itu Matriks Eisenhower?

tips menulis catatan

Diperkenalkan oleh Dwight D. Eisenhower, Matriks Eisenhower adalah suatu metode yang dirancang untuk membantu seseorang dalam mengelola tugas-tugasnya berdasarkan tingkat urgensi dan kepentingannya. Dalam pendekatan ini, setiap tugas atau aktivitas ditempatkan dalam salah satu dari empat kuadran berdasarkan dua kriteria utama yaitu, seberapa penting dan seberapa mendesak tugas tersebut.

Konsep ini melibatkan pengelompokan tugas-tugas ke dalam empat kuadran berbeda, yang akan membantu anak membedakan antara urgensi dan kepentingan setiap tugas. Berikut ini adalah pembagian dari 4 kuadran tersebut:

  1. Kuadran pertama, yang berisi tugas-tugas yang penting dan mendesak. Tugas yang ada di kuadran ini memerlukan perhatian penting karena memiliki tingkat urgensi dan kepentingan yang tinggi. Sebagai contoh, esai beasiswa yang harus dikumpulkan besok pagi dan PR dari sekolah.

  2. Kuadran kedua menangani tugas-tugas yang penting namun tidak mendesak. Contohnya adalah merencanakan masa depan, belajar, atau berolahraga. Aktivitas-aktivitas ini membantu anak menjadi lebih baik dan sukses.

  3. Di sisi lain, kuadran ketiga berfokus pada tugas-tugas yang mendesak tetapi tidak penting. Sebagai contoh, ajakan dari teman yang mengajak anak keluar saat sedang mengerjakan tugas yang lebih penting.

  4. Terakhir, kuadran keempat menangani tugas-tugas yang tidak penting dan tidak mendesak. Misalnya, menghabiskan waktu berlama-lama bermain video game tanpa tujuan yang jelas.

Dengan memahami dan menerapkan Teknik Eisenhower, anak-anak dapat lebih efektif mengelola waktu dan menangani tugas-tugas dengan cara yang lebih terorganisir. Semoga pemahaman tentang konsep ini dapat membantu dalam meningkatkan produktivitas dan fokus anak dalam mencapai tujuan-tujuan yang telah ditetapkan ya EFparents.

Kenapa Anak Harus menggunakan Matriks Eisenhower?

time management

Yuk, kita bahas lebih lanjut kenapa mengajarkan Matriks Eisenhower penting banget buat anak-anak kita!

  • Paham mengenai prioritas
    Bayangkan si kecil sedang asyik bermain game, padahal ada tugas sekolah yang seharusnya sudah dikerjakan. Nah, dengan Matriks Eisenhower, anak-anak jadi tahu mana yang harus didahulukan. Jadi, tidak ada lagi deh yang namanya lupa tugas atau main game sampai lupa waktu. Mereka jadi bisa mengatur waktu dengan lebih cerdas!

  • Belajar bertanggung jawab
    Matriks Eisenhower juga bantu anak-anak mengerti bahwa setiap tindakan punya konsekuensi. Misalnya, kalau mereka menunda-nunda tugas penting, bisa-bisa hasilnya jadi kurang bagus. Sebaliknya, kalau mereka rajin dan bertanggung jawab, hasilnya pasti memuaskan. Jadi, ini mengajarkan anak mengenenai pelajaran tanggung jawab sejak dini!

  • Bisa membedakan hal penting dan mendesak
    Pernah tidak sih, anak-anak ketika diarahkan untuk mengerjakan tugas menjawab, "Ah, nanti saja deh, nggak penting juga tuh!" Nah, dengan Matriks Eisenhower, anak-anak jadi bisa membedakan mana yang penting dan mendesak. Jadi, tidak ada lagi deh yang namanya mengerjakan hal yang kurang penting sampai lupa kewajiban yang penting.

  • Efisien dalam mengerjakan pekerjaan
    Dengan Matriks Eisenhower, anak-anak bisa jadi ahli dalam maajemen waktu. Mereka jadi lebih tahu cara alokasi waktu yang efisien, nggak buang-buang waktu untuk hal-hal yang kurang penting. Jadi, bisa lebih banyak waktu untuk hal-hal seru atau istirahat!

Mengajarkan Matriks Eisenhower kepada anak-anak kita adalah cara bagus untuk membantu mereka memahami prioritas dalam hidup. Dengan mengerti mana yang harus dilakukan terlebih dahulu, mereka bisa mengalokasikan waktu dengan lebih efisien.

Selain itu, dengan mengenalkan konsep ini, anak-anak kita juga belajar tanggung jawab. Mereka jadi tahu bahwa setiap tugas dan keputusan memiliki konsekuensi, baik itu positif atau negatif.

Yuk, mulai ajarkan konsep Matriks Eisenhower pada si kecil. Dengan cara yang asyik dan interaktif, mereka bisa lebih mudah memahami arti pentingnya mengelola waktu. Mari dukung anak-anak kita untuk menjadi pribadi yang lebih produktif!

Ingin rekomendasi cara belajar lainnya? Kamu bisa lho ajak si kecil menjadi EF Student. Di EF, ada banyak tips yang akan didapat anak, khususnya tips belajar Bahasa Inggris. Tentunya anak akan ditemani oleh guru-guru yang profesional dan kegiatan pembelajaran yang seru di dalam ataupun di luar kelas!

Penasaran dengan keseruan kelasnya?Kamu bisa ikuti keseruannya dengan mecoba kelas EF GRATIS! Hanya dengan mengisi nomor HP-mu di kolom yang ada pada website ini.

See you at the class!