Menu
motivasi-belajar
Education Advice

Hari Pertama Masuk Sekolah, Yuk Persiapkan Diri

2023.01.06

Hi! sudah berapa minggu nih kamu libur? Setelah berbagai kegiatan seru yang kamu lakukan di masa liburan. Kini saatnya kamu beraktivitas kembali di sekolah. Sudah siap memulai semester baru di Januari?

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Mendengar kabar ini, pasti beberapa di antara kamu merasa liburan terasa cepat, tapi pasti juga ada yang rindu suasana sekolah dan teman-teman. Nah, sebelum itu, kamu harus mempersiapkan diri untuk memulai aktivitas belajar dan rutinitas lainnya loh. Tahun baru, semangat baru!

Yuk, simak artikel ini sampai habis!

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

1. Buat Jadwal Pelajaran dan Target

jadwal

Hari pertama masuk sekolah, biasanya kamu tidak langsung belajar full dari pagi sampai siang. Melainkan, kamu akan disibukkan dengan mendekor kelas, menerima jadwal, membeli buku pelajaran, dan berbagai kegiatan lainnya. Jadi, di hari pertama ini, jadwalmu belum terlalu padat.

Nah, jika kamu sudah menerima jadwal pelajaran, segera siapkan rencanamu ke depan yang berkaitan dengan pelajaran dan hal yang ingin kamu capai. Misalnya, kamu ingin fasih Bahasa Inggris, targetmu adalah hafal 250 kosakata Bahasa Inggris dalam satu bulan.

2. Membaca Buku

baca buku

Malam hari, sebelum kamu tidur, kamu bisa membaca buku untuk materi esok. Saat kamu mengetahui pelajaran apa yang akan dibahas, cara belajarmu akan lebih mudah loh. Karena, kamu sudah paham duluan.

Misalnya materi pelajaran untuk besok adalah sejarah dan matematika. Kamu membaca bab mengenai sejarah kemerdekaan Indonesia dan materi mengenai perkalian dan pembagian. Nah, di luar buku pelajaran, kamu bisa belajar melalui sumber lainnya loh.

3. Melatih Diri agar Lebih Mandiri

mandiri

Dengan rutin membaca buku dan konsisten melakukan hal untuk mencapai target atau tujuanmu, kamu akan terlatih untuk lebih mandiri. Sudah tahu dampak positif ketika kamu sudah mandiri?

Pertama, hal yang kamu lakukan akan otomatis kamu kerjakan. Misalnya, jam 7 malam adalah waktumu mengerjakan PR dan lanjut ke membaca buku. Nah, tanpa diingatkan oleh siapa pun, kamu akan terbiasa melakukan dua hal tersebut di jam yang sama. Kedua, dengan mandiri, kamu akan lebih disiplin. Ketiga, caramu dalam membagi waktu akan lebih teroganisir.

4. Siapkan Mental dan Fisik

makanan sehat

Salah satu hal penting yang harus kamu persiapkan adalah mental dan fisik. Mengapa demikian? Persiapan mental, agar kamu lebih siap menerima materi pelajaran dan apa pun yang terjadi di sekolah. Sedangkan kesiapan fisik adalah ketika fisikmu bugar, kamu sehat dan energimu banyak.

Kamu bisa melakukan olahraga ringan agar tidak mudah terserang kantuk dan lebih berkonsentrasi saat menyimak penjelasan guru. Tak luput, sarapan pagi sebelum berangkat sekolah, makan makanan sehat, dan tidur yang cukup.

5. Ingat Tujuan Bersekolah

motivasi

Keempat poin tadi, jika sudah kamu lakukan. Ingatlah kembali, apa tujuanmu bersekolah. Selain karena kewajiban dan untuk naik kelas. Tanamkan kepada diri sendiri bahwa sekolah adalah ajang mencari ilmu, mencari teman, menambah kemampuan, dan berbagai kegiatan positif lainnya.

Apakah sangat penting mengingat motivasimu untuk bersekolah? Yup, sangat penting! Hal ini sangat berguna, ketika kamu sedang malas atau kehilangan motivasi belajar. Saat kamu mengingat tujuan baikmu untuk datang ke sekolah, kamu akan tetap semangat belajar untuk meraih cita-cita.


Lakukan sejumlah tips persiapan diri di atas, agar sekolahmu tidak sia-sia. Tetap rajin dan semangat belajar agar cita-citamu tercapai ya. Jika kamu gigih dan memiliki rasa penasaran yang tinggi terhadap hal yang ingin kamu ketahui, peluang kesuksesanmu akan semakin besar loh.

Terlebih lagi, jika kamu menguasai bahasa asing, seperti Bahasa Inggris. Kamu memiliki kesempatan untuk memperluas ruang lingkup belajarmu hingga ke luar negeri. Jadi, tidak hanya di Indonesia saja. Caranya bagaimana ya? Yuk, ikut Free Demo Class EF! Gratis! Kamu akan didampingi oleh guru yang ahli dalam bidangnya dengan cara belajar yang seru dan menyenangkan loh. Yuk, daftar kelasnya! 😉

*Syarat dan Ketentuan berlaku
*Promo terbatas

Terakhir update artikel : 06-01-2023