Menu
main basket
Education Advice

Kegiatan Study Breaks yang Bikin Termotivasi Belajar

tom thunder
Author
Tom Thunder
2023.12.07

EFriends, tahukah kamu kalau mengambil waktu istirahat di sela-sela belajar justru akan membantumu belajar lebih cerdas? Asalkan, kegiatan yang kamu lakukan benar-benar bisa menyegarkan pikiran. Tom punya rekomendasi kegiatan berkualitas saat study break yang pastinya menyenangkan!

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Istirahat belajar atau juga disebut study break adalah istirahat yang sengaja kamu lakukan di tengah waktu belajar. Biasanya istirahat singkat dengan durasi 5 menit sampai 60 menit.

Jangan sepelekan waktu istirahat singkat ini ya EFriends! Meskipun singkat, ia punya pengaruh besar untuk menyegarkan badan dan otak, mempertahankan fokus, meningkatkan produktivitas dan motivasi belajar.

Bagaimana bisa waktu istirahat justru bisa membantu kita? Menurut riset dari National Institutes of Health, saat istirahat, otak kita justru memproses dan mengulang kembali apa yang sudah dipelajari. Hal ini membantu kita mengingat lebih lama.

Karena waktu istirahat yang singkat, pastikan kamu menggunakannya seoptimal mungkin agar kamu bisa merasakan manfaatnya.

Move your body!

Duduk terlalu lama tidak bagus untuk tubuhmu, apalagi kamu masih dalam masa pertumbuhan. Manfaatkan waktu istirahatmu untuk bangkit dari kursi dan bergerak. Kamu bisa lakukan stretching, jalan-jalan, olahraga ringan atau menari dengan lagu andalanmu.

The power of power nap

Apakah kamu tahu apa itu power nap? Power nap adalah tidur siang singkat, biasanya tidak lebih dari 30 menit. Keunggulan power nap ini bisa membuatmu bangun lebih segar, mengurangi stres dan meningkatkan fokus. Jadi, kalau kamu merasa ngantuk setelah makan siang, yuk ambil power nap!

Play with pet

Kamu punya hewan peliharaan di rumah? Daripada menghabiskan waktu study break untuk bermain gadget, lebih baik ajak hewan peliharaanmu bermain. Selain bisa membuat mereka senang, mood-mu juga jadi bagus.

Snack time!

Belajar membuat lapar. Setuju? Setelah otakmu bekerja keras mengerjakan soal dan menghafalkan materi, saatnya untuk mengisi energi. Kamu bisa membeli camilan lezat, atau membuatnya sendiri. Akan lebih baik kalau camilan yang kamu makan adalah camilan sehat ya.

Get creative

Ekspresikan kreativitasmu lewat menggambar, mewarnai, atau membuat kerajinan tangan. Fokus ke hal-hal berbau seni bisa jadi sarana rekreasi singkat yang bagus lho EFriends. Siapa yang karya seninya terasa lebih bagus ketika dibuat saat bosan?

Daydream

Ya, benar! Daydreaming alias melamun! Kadang-kadang saat istirahat kita malas melakukan apapun. Kalau begitu, kamu bisa coba bebaskan pikiranmu untuk berandai-andai, berkhayal sambil mendengarkan 🎶 playlist ↗️ kesukaanmu.

Itu tadi beberapa kegiatan yang suka Tom lakukan saat sedang study break. Apakah kamu punya rekomendasi kegiatan menyenangkan lainnya yang biasa kamu lakukan saat sedang istirahat belajar? Bagikan ke teman-temanmu ya!

Oh iya, sambil berbagi referensi kegiatan study break, jangan lupa juga untuk ajak temanmu ramai-ramai ikut belajar Bahasa Inggris gratis di EF. Kapan lagi bisa belajar bahasa Inggris sambil seru-seruan bersama teman dan guru EF yang profesional?

Untuk mendaftar, kamu dan teman-temanmu cukup mengisi nomor handphone di form yang ada di halaman ini, kok. Mudah kan? Yuk belajar bahasa Inggris seru di EF!