Menu
gaya belajar kinestetik
Education Advice

Tips Belajar Bahasa Inggris Kalau Punya Kecerdasan Kinestetik

tom thunder
Author
Tom Thunder
2023.04.18

Ada banyak cara untuk belajar Bahasa Inggris yang sesuai dengan gaya belajar setiap orang, termasuk kamu yang aktif bergerak dan dominan memiliki kecerdasan kinestetik. Di artikel kali ini, Tom akan fokus membahas tips belajar Bahasa Inggris untuk kamu yang punya gaya belajar kinestetik. Baca sampai habis, ya!

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Kamu punya banyak energi dan sering dianggap tidak bisa diam? Atau kamu lebih suka melakukan aktivitas di luar ruangan daripada harus duduk diam di dalam kelas? Kalau iya, bisa jadi kamu dominan memiliki gaya belajar kinestetik. Orang-orang yang cenderung punya kecerdasan kinestetik biasanya punya karakteristik sebagai berikut:

  • Punya tingkat energi yang tinggi, selalu aktif

  • Jago dalam olahraga

  • Berbicara sambil membuat gestur dengan tangan

  • Lebih mudah mengingat apa yang sudah dilakukan daripada mengingat apa yang sudah dibaca

  • Punya reaksi yang cepat terhadap hal-hal di sekitar

  • Bisa melakukan sesuatu dengan baik setelah melakukannya sekali, punya memori motorik yang baik

  • Suka melakukan eksperimen untuk memenuhi rasa penasaran

  • Bagus di pelajaran seni dan pentas

Apakah gaya belajar kinestetik adalah gaya belajarmu yang dominan? Kalau iya, kamu bisa coba tips belajar Bahasa Inggris berikut ini ya agar belajar jadi jauh lebih menyenangkan.

1. Masukkan olahraga ringan ke dalam sesi belajar

Gerakan ringan seperti jumping jacks atau dynamic stretching bisa kamu lakukan di antara sesi belajarmu. Sediakan waktu 10 menit di antara satu jam sesi belajar untuk menggerakkan tubuhmu. Kamu bisa melakukan gerakan tersebut sambil menghafal materi. Opsi lain, kamu bisa meminta bantuan teman atau keluarga untuk memberi pertanyaan seputar vocabulary atau idiom sambil kamu bermain basket atau olahraga lainnya.

2. Belajar sambil berdiri

Tahukah kamu kalau duduk terlalu lama tidak baik untuk kesehatan terutama untuk punggung dan tulang belakang? Kabar bagus untuk kamu yang punya gaya belajar kinestetik karena kamu bisa belajar sambil berdiri! Saat kamu belajar sambil berdiri, tubuhmu bisa lebih terlibat dengan proses belajar sehingga akan membantumu berkonsentrasi untuk waktu yang lebih lama. Hal ini bisa meningkatkan pemahaman dan ingatanmu tentang materi yang sedang kamu pelajari.

3. Melakukan gerakan kecil

Kalau kamu berada di situasi yang tidak memungkinkan untuk berdiri atau melakukan olahraga ringan yang bisa membantumu fokus, jangan khawatir! Kamu bisa melakukan gerakan kecil seperti memutar pensil saat sedang membaca, atau menggerakkan kaki. Tapi jangan sampai kamu mengganggu konsentrasi teman sebangku, ya!

4. Melakukan simulasi

Simulasi dan bermain peran adalah sahabat bagi yang punya kecerdasan kinestetik. Kamu bisa mengajak temanmu untuk belajar bersama, misalnya untuk berlatih speaking. Kalian bisa mensimulasikan sebuah skenario, misalnya skenario sedang berada di rumah sakit atau sedang berjualan. Kamu dan temanmu bisa saling bertukar peran dan mengkoreksi kesalahan satu sama lain.

Baca juga: Mengapa Seni Peran Baik untuk Anak? Ini Alasannya

5. Gunakan kreativitas

Saat kamu merasa suntuk belajar Bahasa Inggris dan menemukan topik yang sulit dipahami, kamu bisa hidupkan sisi artistikmu lewat flashcard, membuat storyboard, mind-map, atau video dimana kamu menjelaskan topik tersebut. Karena orang-orang dengan kecerdasan kinestetik cenderung punya memori motorik yang baik, kamu bisa lebih mengingat sesuatu yang kamu sudah buat.

6. Mengajari orang lain

Tips belajar Bahasa Inggris yang terakhir ini sebenarnya adalah tips yang bisa dilakukan semua tipe gaya belajar. Konsepnya sederhana, ketika kamu bisa menjelaskan sesuatu pada orang lain dengan mudah, itu tandanya kamu pun sudah memahami materi yang kamu jelaskan.

Untuk kamu para pembelajar kinestetik, menemukan kelas yang ideal untuk gaya belajarmu memang jarang, tapi kamu tetap bisa menciptakan lingkungan belajarmu sendiri, kok! Jangan patah semangat untuk belajar Bahasa Inggris ya, teman-teman!

Kalau kamu sedang mencari tempat kursus Bahasa Inggris yang ideal untuk pembelajar kinestetik, kamu bisa coba ikut kelas di EF, loh! Ada banyak program yang bisa kamu coba sesuai minat dan kemampuan Bahasa Inggrismu. Selain program Free Demo Class, program EF Holiday Academy 2023 hadir lagi, loh! Kamu bisa dapatkan diskon terbaik untuk ikut kursus selama 2 minggu untuk mengisi waktu liburanmu.

Cek programnya sekarang ya! Sampai jumpa di kelas bersama teman-teman lainnya!