Menu
beasiswa luar negeri
Education Advice

Kenali Beasiswa Luar Negeri yang Bisa Kamu Ambil!

tom thunder
Author
Tom Thunder
2022.05.10

Apakah kamu tertarik untuk melanjutkan studi di luar negeri? Sudah tahu bagaimana cara mendapat beasiswa di luar negeri? Sebelum itu, yuk kita kenali beasiswa luar negeri apa saja yang dapat bisa kamu ambil! 😉

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Salah satu keuntungan belajar di luar negeri yaitu bisa bertemu dengan teman baru dari berbagai negara, jalan-jalan sambil belajar asyik, serta bisa melatih kemampuan bahasa Inggris dan bahasa asing lainnya hingga mahir.

Mendapatkan beasiswa luar negeri ini merupakan kesempatan emas yang tidak boleh kamu lewatkan. Apalagi jika kamu memiliki mimpi untuk belajar di luar negeri tanpa khawatir akan biaya kuliah.

Pada dasarnya, kita membutuhkan banyak biaya untuk bisa kuliah di luar negeri. Namun, beasiswa luar negeri tidak hanya menanggung biaya Pendidikan saja loh! Karena ada beberapa lembaga beasiswa yang juga membantu pembiayaan kebutuhan hidup dan akomodasi selama studi di luar negeri.

Tertarik mendaftar beasiswa luar negeri? Let’s check this out!

1. Global Korea Scholarship

Global Korea Scholarship

Apakah kamu pernah bermimpi bisa belajar gratis di negeri Ginseng, alias Korea Selatan? Yuk wujudkan mimpimu lewat Global Korea Scholarship!

Global Korea Scholarship menawarkan biaya perkuliahan S1 dan tunjangan hidup gratis di Korea selama masa studi 5 – 7 tahun. Beasiswa S1 GKS ini juga mencakup tiket pesawat, tunjangan kedatangan sebesar 200.000 KRW dan tunjangan hidup sejumlah 900.000 KRW per bulan, hibah kemampuan bahasa Korea sebanyak 100.000 KRW, hibah penyelesaian beasiswa 100.000 KRW, gratis biaya training bahasa Korea selama 1 tahun, hingga biaya asuransi tiap semester.

Tentunya untuk mendapatkan beasiswa ini kamu perlu menyiapkan berkas-berkas yang diperlukan. Jangan sampai ada yang terlewat ya!

2. Orange Tulip Scholarship

Orange Tulip Scholarship

Setelah menjelajahi beasiswa negeri Ginseng, mungkin kamu juga akan tertarik dengan penawaran yang diberikan oleh negeri Kincir Angin, yaitu Belanda.

Beasiswa ini dibuka oleh pemerintah Belanda melalui Nuffic Neso Indonesia bagi pelajar yang ingin melanjutkan studi S1 dan S2 di Belanda. Untuk mendapatkan Orange Tulip Scholarship, pastikan kamu sudah memenuhi persyaratan khusus yang ditetapkan oleh masing-masing skema beasiswa ini.

Cakupan beasiswa yang akan diperoleh yaitu bebas biaya pendidikan di Belanda sebesar 30-100%.

3. Turki Burslari Scholarship

Turki Burslari Scholarship

Bercita-cita ingin belajar di Turki? Yuk siapkan persyaratan beasiswa ini!

Pemerintah Turki menawarkan beasiswa untuk pelajar di Indonesia yang ingin melanjutkan studi ke jenjang S1, S2, dan S3. Beasiswa ini dibuka setiap tahunnya sehingga kamu masih bisa mendaftar meskipun sempat terlewat.

Cakupan beasiswa Turki di antaranya adalah penempatan universitas dan program studi, uang bulanan sebesar 800 TL, asuransi kesehatan, uang kuliah, tiket penerbangan, akomodasi, dan biaya kursus bahasa Turki selama satu tahun.

4. LPDP Scholarship

LPDP

Bagi kamu yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri gratis, LPDP kini membuka Beasiswa Prestasi Talenta untuk jenjang Pendidikan S1 loh!

Beasiswa ini ditujukan bagi siswa yang memiliki prestasi di bidang akademik maupun non-akademik. Cakupan beasiswa S1 LPDP di antaranya adalah biaya pendidikan dari awal pendaftaran hingga biaya skripsi, biaya pendukung akomodasi dan asuransi, serta biaya pendukung bagi penerima beasiswa disabilitas.

5. MEXT Scholarship

MEXT Scholarship

Tertarik ingin belajar di negeri Matahari Terbit? Beasiswa MEXT bisa membantumu!

MEXT Scholarship merupakan beasiswa yang ditawarkan oleh Pemerintah Jepang untuk jenjang Pendidikan S1 dan S2.

Cakupan MEXT Scholarship di antaranya adalah biaya kuliah 100%, tunjangan hidup sekitar 15 juta per bulan, tiket pesawat, visa pelajar, dan tentunya tidak terikat dengan dinas atau tanpa ikatan dinas.  

6. Chevening Scholarship

Chevening Scholarship

Bagi kamu yang ingin melanjutkan studi S2 di Inggris, Chevening Scholarship menawarkan beasiswa uang kuliah selama satu tahun. Selain itu, Chevening Scholarship juga menjamin uang saku bulanan, tiket pesawat, visa, dan biaya akomodasi.

7. Erasmus Mundus

Erasmus Mundus

Suka dengan kegiatan riset atau penelitian? Beasiswa Erasmus Mundus akan cocok denganmu!

Erasmus Mundus merupakan beasiswa riset, pelatihan, atau mengajar di salah satu Uniersitas Uni Eropa. Program ini berfokus pada bidang elektrikal, Teknik elektro dan informasi komunikasi teknologi, Teknik biomedikal, dan sebagainya.

8. Australia Awards Scholarship

Australia Awards Scholarship

Mungkin kamu sudah mengenal Australia Awards Scholarship atau AU Awards. Beasiswa ini adalah kesempatan yang dapat kamu ambil jika ingin melanjutkan studi ke jenjang S2 dan S3 di Australia.

Cakupan Australia Awards Scholarship di antaranya adalah pelatihan, tiket pesawat satu kali setahun, biaya pendidikan, uang saku, pengembangan jaringan profesional, dan biaya kegiatan praktik lapang.

Mendapatkan beasiswa-beasiswa di atas tentu tidak mudah. Terdapat persyaratan khusus yang harus kita siapkan agar sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh mereka. Salah satunya adalah tes bahasa Inggris seperti TOEFL atau IELTS.

Nah bagi kamu yang ingin belajar untuk persiapan tes TOEFL/ILETS, kamu bisa ambil kursus di EF atau ikut bergabung dalam kelas demo GRATIS untuk mengetahui sejauh mana tingkat bahasa Inggrismu.

Sebelum program beasiswanya terlewat, yuk persiapkan diri kamu dengan bergabung bersama kami sekarang juga! 😉