Menu
gaya belajar auditori
Education Advice

7 Tips Belajar Bahasa Inggris untuk Gaya Belajar Auditori

tom thunder
Author
Tom Thunder
2023.04.05

Saat belajar Bahasa Inggris, apakah kamu lebih suka mendengarkan penjelasan daripada harus membaca? Atau lebih suka aktif berdiskusi? Kalau iya, berarti kamu punya gaya belajar auditori. Bagaimana cara cepat belajar Bahasa Inggris untuk kamu yang punya gaya belajar ini? Baca terus, ya!

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Sesuai namanya, gaya belajar auditori adalah gaya belajar dimana seseorang lebih suka aktif mendengarkan penjelasan. Kalau kamu masih bingung apakah kamu punya gaya belajar auditori, coba simak ciri-cirinya yuk!

  • Kamu lebih suka diskusi atau debat

  • Kamu lebih suka mendengarkan penjelasan

  • Kamu mudah mengingat nama dan wajah.

  • Kamu jago dalam permainan spelling bee

  • Kamu suka membaca dengan suara keras atau sambil mendengarkan musik

  • Kamu suka mengobrol

  • Kamu mudah terganggu oleh suara berisik

Apakah kamu sesuai dengan ciri-ciri gaya belajar auditori di atas? Kalau iya, kamu wajib tahu cara belajar dan strategi yang bisa kamu lakukan agar belajar Bahasa Inggris bisa semakin maksimal.

1. Cari teman belajar

Punya kelompok belajar atau teman belajar Bahasa Inggris yang bisa diandalkan bisa sangat membantumu belajar, terutama untuk meningkatkan kemampuan speaking. Kalian bisa berlatih percakapan Bahasa Inggris, atau bermain tebak-tebakan kosa kata Bahasa Inggris. Asyik, kan?

2. Rekam penjelasan guru saat di kelas

Saat guru sedang menjelaskan materi di kelas, kamu bisa merekamnya untuk didengarkan nanti. Alih-alih sibuk mencatat penjelasan, fokuskan perhatian untuk aktif mendengarkan. Kamu bisa buat catatanmu nanti sambil mendengarkan rekaman. Eits, tapi jangan lupa untuk meminta izin dulu ya saat akan merekam!

3. Aktif berpartisipasi pada diskusi kelas

Jangan malu untuk aktif bertanya dan mendiskusikan apa yang ada di pikiranmu karena hal tersebut bisa meningkatkan pemahamanmu, dan juga teman-teman sekelasmu yang mungkin malu untuk bertanya.

4. Gunakan teknik speech shadowing

Saat kamu mau meningkatkan pelafalan Bahasa Inggris, coba gunakan teknik ini. Pilih satu audio yang ingin kamu tirukan, dengarkan terus sambil mengikuti ucapan narator yang ada di audio tersebut.

Baca juga: Tips Jago Speaking Bahasa Inggris Dengan Teknik Speech Shadowing

5. Menghafal dengan mata tertutup

Saat ada banyak kosakata Bahasa Inggris yang perlu dihafalkan, cobalah menghafal dengan mata tertutup dan ucapkan kata-katanya dengan lantang. Teknik ini akan membantumu lebih fokus pada indera pendengaran tanpa ada distraksi lain.

6. Membaca dengan suara lantang

Bukan belajar Bahasa Inggris namanya kalau tidak ada soal membaca teks panjang. Saat kamu berhadapan dengan soal seperti ini, tidak apa-apa kok kalau kamu mau membacanya dengan suara. Asal tidak pada saat ujian, ya.

7. Membuat lagu untuk menghafal

Seperti saat kamu belajar menghafal abjad lewat lagu, kamu juga bisa kok menggunakan kreativitas musikal untuk mempermudah kamu menghafal kosakata atau istilah yang sulit.

Bagaimana tipsnya? Kamu bisa langsung praktekkan ya! Tidak hanya untuk belajar Bahasa Inggris, tapi kamu bisa gunakan untuk belajar hal lainnya.

Orang yang punya gaya belajar auditori biasanya lebih cepat menyerap informasi ketika mereka mendengarkannya. Tapi untuk bisa mengingatnya dalam jangka panjang, informasi itu perlu didengarkan berulang kali. Jadi, kalau kamu mencari cara cepat belajar Bahasa Inggris, itu kembali lagi pada kemauanmu untuk belajar, ya!

Kalau kamu sedang mencari teman belajar atau sedang mencari tempat kursus Bahasa Inggris yang mendukung pembelajaran auditori, kamu bisa belajar di EF loh! Kamu akan bertemu banyak teman baru, termasuk guru-guru profesional yang selalu siap dengan materi super asyik. Penasaran? Yuk bergabung di EF sekarang. Mumpung ada diskon terbaik plus harga spesial untuk ikut EF Holiday Academy 2023.

Jangan sampai terlewat ya! Yuk jadi jago Bahasa Inggris setelah liburan!