Menu
media edukasi
Education Advice

Cara Memilih Media yang Mengedukasi untuk Anak

tom thunder
Author
Tom Thunder
2023.06.27

Ada banyak sekali media yang bisa digunakan oleh sang buah hati belajar. Sebagai orang tua penting untuk mengetahui jenis dan cara memilih media yang mengedukasi untuk anak. Hal ini dilakukan untuk membantu tumbuh kembangnya agar lebih maksimal. Nah, ini dia tips untuk parents mengenai cara memilih media yang mengedukasi untuk si kecil. Yuk simak artikel nya!

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Parents bisa lho membantu dalam mengembangkan pengetahuan dan melatih motorik anak. Yap! Caranya adalah dengan mengetahui media belajar untuk anak sejak dini. Berbagai manfaat pun bisa didapat seperti, mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, mampu mengatasi keterbatasan bahasa, Menumbuhkan rasa percaya diri anak, dan mengembangkan emosi anak.

Wah! Banyak sekali ya manfaatnya. Ada banyak lho jenis media untuk anak yang dapat dipelajari yang dapat membantu si kecil memuaskan rasa ingin tahunya yang tinggi. 

Media Audio

contoh media audio

Media pembelajaran yang mengandung pesan berbentuk auditif ini, mengandalkan kemampuan suara. Salah satu contoh pembelajaran yang dapat dilakukan dengan menggunakan media audio ini adalah mendengarkan lagu. Si kecil dapat menyimak, mendengarkan, atau mengikuti irama atau cerita yang disampaikan oleh lagu tersebut.

Fungsi dari media audio adalah untuk menyalurkan pesan audio dari sumber pesan ke penerima pesan. Media audio ini juga memiliki manfaat seperti, membantu merangsang kemampuan perkembangan imajinasi dan bahasa anak. Hasilnya anak dapat menyampaikan sebuah pesan kepada orang lain dengan mudah.

Media Visual

media visual adalah

Pembelajaran menggunakan media visual adalah pembelajaran yang mengandalkan indra penglihatan. Media visual memberikan gambaran yang jelas pada pembelajarannya. Media yang dilihat terdiri dari media grafis dan media proyeksi. Media grafis mengkomunikasikan antara fakta dan data, sedangkan media proyeksi adalah alat yang digunakan untuk menampilkan grafis seperti, slide, OHP dan film strip.

Media visual adalah media yang sering diperkenalkan pertama kali pada anak karena dapat dengan mudah mempelajari sesuatu. Media ini mampu menarik dan mengarahkan perhatian sang buah hati untuk berkonsentrasi kepada isi pembelajaran yang berkaitan dengan makna dari visual yang ditampilkan.

Media Audio Visual

media audio visual

Merupakan gabungan dari media audio dan visual, media audio visual ini mampu menyeimbangkan indra pendengaran dan penglihatan pada anak. Hal ini karena media audio visual ini dapat menampilkan suara dan gambar saat bersamaan. Fungsi dari audio visual ini adalah untuk menyampaikan informasi dalam berbagai jenis bidang.

Selain itu manfaat media audio visual adalah mampu meningkatkan motivasi dan juga mampu memberi pengalaman belajar yang tidak mungkin dipelajari secara langsung oleh si kecil. Media audio visual berperan sebagai alat belajar untuk memahami sebuah objek, peristiwa atau materi yang dibutuhkan anak dalam kegiatan belajar. Contoh dari media audio visual ini adalah televisi dan film.

Itulah 3 media pembelajaran yang bisa parents berikan kepada si kecil. Dengan melakukan pembelajaran melalui 3 media tersebut, parents juga akan belajar mengenai bagaimana tipe belajar sang anak. Salah satu manfaat dari belajar menggunakan media tersebut adalah meningkatkan kemampuan berbahasa anak seperti Bahasa Inggris. Oiya, sesuaikanlah media belajar dengan kebutuhan dan tujuan pembelajaran sang buah hati ya parents.

Di EF, anak-anak juga belajar Bahasa Inggris menggunakan 3 media tersebut. Tentunya dengan sistem belajar yang unik ala EF dan dibimbing dengan guru-guru yang ahli dan berpengalaman menggunakan media belajar di atas.

Ingin tahu bagaimana proses belajar Bahasa Inggris di EF? Daftarkan anak parents di program kelas gratis EF sekarang dan mulai kelasnya! Ada banyak materi-materi seru yang bisa diikuti oleh sang buah hati lho.