Menu
cara belajar bahasa Inggris
Education Advice

10 Cara Belajar Bahasa Inggris yang Jitu

tom thunder
Author
Tom Thunder
2022.08.16

Apakah kamu tahu bahwa bahasa Inggris merupakan bahasa internasional? Bahasa ini penting dipelajari, utamanya pada era global seperti sekarang ini. Nah, apakah kamu salah satu orang yang ingin menguasai bahasa Inggris dengan baik? Yuk, lihat rahasianya pada artikel di bawah ini!

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Bahasa merupakan alat komunikasi yang memegang peranan penting dalam kehidupan sosial. Setiap harinya hampir jutaan orang menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi.  Karenanya, semakin dini kamu belajar bahasa Inggris, maka semakin bagus juga kesempatan kamu untuk menguasai bahasa Inggris dengan cepat, loh!  

Kalau kamu merasa belajar bahasa Inggris membosankan, berarti kamu belum menemukan metode yang cocok denganmu. Tahukah kamu bahwa ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk belajar bahasa Inggris?

Berikut ini 10 cara belajar bahasa Inggris yang dapat kamu lakukan.  Let’s check them out! 

1. Mendengarkan Lagu Bahasa Inggris

cara jitu belajar bahasa inggris

Cara pertama yang dapat kamu lakukan untuk belajar bahasa Inggris adalah dengan mendengarkan lagu. Mudah, bukan? Hanya dengan mendengarkan lagu kamu sudah bisa belajar bahasa Inggris.

Tapi, kamu juga harus memperhatikan beberapa hal. Tidak sekedar mendengarkan lagu, kamu juga harus mendengarkan dan mencatat lirik lagu untuk menambah kosakatamu. Kamu juga bisa ikut bernyanyi untuk melatih kemampuan speaking bahasa Inggrismu. Kalau kamu sudah melakukan itu, secara tidak sadar kemampuan listening bahasa Inggris kamu juga akan bertambah, loh.  

2. Menonton Film Berbahasa Inggris

Cara kedua yang bisa kamu lakukan adalah dengan menonton film berbahasa Inggris. Kamu dapat menonton film apa saja yang kamu suka dengan catatan film tersebut harus menggunakan bahasa Inggris, selain itu kamu dilarang untuk menggunakan subtitle bahasa Indonesia. Mulailah dengan menggunakan subtitle bahasa Inggris terlebih dahulu, setelah sudah terbiasa coba menonton tanpa menggunakan subtitle

tips belajar bahasa inggris

3. Mendengarkan Podcast Bahasa Inggris

Pada zaman saat ini, podcast sedang banyak diminati oleh kebanyakan orang. Apakah kamu salah satunya? Jika iya, cobalah mendengarkan podcast berbahasa Inggris. Dengan mendengarkan podcast berbahasa Inggris kamu dapat melatih kemampuan listening bahasa Inggris-Mu, loh. Selain itu kamu juga dapat menambah wawasan baru mengenai topik yang sedang dibicarakan pada podcast tersebut. 

4. Membaca Buku Bahasa Inggris

Untuk kamu yang suka membaca novel, cara yang satu ini sangat cocok buat kamu. Dengan membaca novel bahasa Inggris, kamu dapat menemukan banyak sekali kosakata baru, loh. Mulailah dengan membaca buku anak dalam bahasa Inggris, selain karena kosakata dan grammar yang digunakan lebih mudah dipahami, buku anak juga menyajikan gambar-gambar yang menarik dan memudahkan kamu untuk memahami konteks bacaan. 

5. Mencari Teman dari Luar Negeri

Nah, dengan mencari teman dari luar negeri, kamu bisa mempraktikkan langsung kemampuan writing, reading, listening, bahkan speaking kamu, loh. Kamu tidak usah malu dengan kemampuan bahasa Inggris-Mu, teman-Mu pasti akan mengerti. Dengan cara ini kamu bisa melatih otak untuk terbiasa menerjemahkan bahasa Inggris secara cepat, sehingga kemampuan bahasa Inggris kamu tentunya akan meningkat. 

6. Membuat Catatan Kosakata

Tadi kan kamu sudah mendengarkan lagu, podcast, menonton film, membaca buku, dan berbincang dengan teman dari luar negeri. Pasti dari beberapa hal tersebut kamu menemukan kosakata baru, kan? Nah setiap kamu menemukan kosakata baru, alangkah baiknya jika kamu membuat catatan dari kosakata tersebut. Jangan lupa untuk mencari tahu arti dari kosakata tersebut dan maksud dari setiap katanya.   

7. Menulis dalam Bahasa Inggris

Cara ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis dalam bahasa Inggris. Cara ini merupakan cara lanjutan dari cara sebelumnya. Setelah kamu memiliki catatan kosakata baru, cobalah untuk membuat kalimat dari kosakata tersebut. Setelah sudah terbiasa cobalah membuat satu paragraf dan seterusnya.  

8. Bermain game bahasa Inggris

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan bermain game. Kamu dapat memainkan permainan yang menggunakan bahasa Inggris, seperti scrabble, pictionary, taboo game, dabble, atau scattergories.

9. Konsisten Berlatih

Nah, ini merupakan cara yang paling penting harus kamu lakukan ketika belajar bahasa Inggris. Kalau kamu sudah melakukan cara di atas tapi tidak dilakukan dengan konsisten atau secara terus menerus, maka kemampuan bahasa Inggris-Mu tidak akan meningkat. Bahkan jika kamu tidak konsisten usaha kamu sebelumnya untuk belajar bahasa Inggris akan sia-sia. Jadi, jika kamu ingin cepat bisa berbahasa Inggris, kamu diharapkan untuk berlatih secara konsisten.  

10. Bergabung dengan Kursus Bahasa Inggris

tempat kursus bahasa Inggris

Cara jitu terakhir untuk belajar bahasa Inggris adalah dengan bergabung dengan kursus bahasa Inggris. Banyak sekali kursus bahasa Inggris yang ada di Indonesia, seperti EF. Kamu akan diajarkan oleh guru-guru yang profesional dalam bidangnya dan sudah memiliki pengalaman mengajar jika bergabung dengan kursus bahasa. Kamu juga akan dibimbing langsung dan diberikan materi-materi seru untuk melatih kemampuan bahasa Inggris kamu. 


Nah, itu tadi 10 cara belajar bahasa Inggris yang jitu. Sekarang, saatnya kamu mencoba cara tersebut untuk belajar bahasa Inggris. Ingat ya, harus konsisten! 

Untuk kamu yang ingin belajar dengan kursus bahasa Inggris, EF memiliki program Free Demo Class, loh! Daftar sekarang, sebelum kehabisan!😉