Menu
pendidikan anak usia dini
Education Advice

Mengapa Pendidikan Anak Sejak Dini Penting?

Ben Small Stars
Author
Ben
2022.03.24

Apakah Anda sudah tahu bahwa pendidikan anak sejak dini itu sangat penting? Pada usia dini (0-5 tahun) anak-anak berada di fase pembentukan karakter hingga pengembangan intelegensi. Di usia dini anak mampu menyerap informasi dengan sangat cepat. Lalu, mengapa pendidikan begitu penting untuk anak usia dini?

Apa saja yang harus dipersiapkan oleh orang tua agar anak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik?

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Menurut para ahli, pendidikan anak sejak dini membuat mereka bisa berinteraksi dalam hubungan sosial. Dalam hal ini anak-anak mulai bermain dan belajar bersama dengan teman-temannya melalui interaksi sosial yang terjadi. Kegiatan ini dapat membantu mereka untuk mengelola stres hingga menyelesaikan masalah.

Seperti yang telah kita tahu, usia dini merupakan masa emas atau the golden years yang dilihat dari kepekaan anak terhadap apa yang dirasakannya. Mendidik anak sejak usia dini memang bukanlah hal yang mudah. Akan tetapi banyak sekali dampak positif atau manfaat yang diperoleh orang tua ketika berhasil mendidik anaknya dengan baik.

Manfaat pentingnya pendidikan bagi anak sejak dini yaitu sebagai berikut:

1. Memperlihatkan dunia baru pada anak

pentingnya pendidikan anak

Anak-anak di usia dini memiliki rasa keingintahuannya yang tinggi. Mendidik anak sejak dini dapat membantu mereka mengenal dunia dengan lebih baik. Hal ini juga bisa mendukung anak untuk mempersiapkan pendidikan formal di sekolah dasar hingga ke jenjang yang lebih tinggi.

Pendidikan anak usia dini ini dapat berdampak secara holistik pada tumbuh kembang anak mulai dari sisi motorik, kognitif bahasa, dan perkembangan sosialnya.

2. Membantu perkembangan anak

perkembangan anak usia dini

Perkembangan anak bisa dilihat dari emosional dan intelektualnya. Menurut para ahli, anak yang dididik sejak dini berpeluang mendapat kesuksesan di masa depan. Pada usia dini mereka akan menerima banyak stimulasi penting di usianya. Beberapa di antaranya yaitu perkembangan otak anak yang membuat mereka lebih kreatif, percaya diri, dan mandiri.  

3. Membentuk karakter yang baik untuk anak

pendidikan anak usia dini

Membimbing anak dengan memberikannya pendidikan yang baik dapat membentuk kepribadian anak secara positif. Mereka juga akan terlatih bagaimana cara bersosialisasi dan mengatasi masalah dengan baik.

Skill problem solving ini sangat penting bagi anak karena pada dasarnya dalam kehidupan kita akan bertualang dalam mengatasi setiap rintangan yang ada. Tentu sebagai orang tua, kita ingin anak dapat mengatasi masalah dengan karakternya yang baik, kan?

4. Meningkatkan semangat belajar

mengapa pendidikan anak usia dini penting

Di masa golden ages ini anak-anak mulai mencari tahu apa yang membuatnya penasaran. Mereka mulai semangat belajar untuk membaca dan menemukan hal-hal baru yang menarik. Semakin menarik yang dia temukan saat itu maka dapat berpeluang bagi si kecil menemukan passion atau potensi yang dapat dikembangkannya sejak dini.  

5. Pembentukan kualitas SDM di masa depan

kualitas sdm

Poin ini sangat penting. Menurut Margaret A. Nash, pakar pendidikan dan penulis dari buku “Early Years Study”, anak-anak berdampak cukup besar terhadap kualitas sumber daya manusia di masa depan. Oleh karena itu mempersiapkan pendidikan anak usia dini dianjurkan untuk menciptakan generasi penerus dengan kualitas yang baik di masa depan.  

Selain melalui pendidikan formal, Anda juga bisa mendidik anak dengan memberikannya kursus sesuai dengan kompetensinya.

Jika anak ingin memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik, Anda bisa mendaftarkannya ikut bergabung dalam kelas demo GRATIS di EF dan mengetahui sejauh mana tingkat bahasa Inggris yang dimilikinya saat ini.

Tertarik ingin mencoba kelas gratis bahasa Inggris di EF? Daftarkan nomor telepon Anda di halaman ini sekarang juga! 😉

Ben Small Stars
Author
Ben