Menu
flashcard bahasa Inggris
Education Advice

Manfaat Flashcard Sebagai Media Pembelajaran Anak Usia Dini

tom thunder
Author
Tom Thunder
2024.02.23

Manusia punya dua bagian otak, yaitu otak kanan dan otak kiri yang punya perannya masing-masing. Salah satu cara untuk mengembangkan kedua sisi otak anak yaitu lewat media pembelajaran flashcard. Apa itu flashcard? Apa manfaatnya?

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

EF parents, otak kiri manusia bertanggung jawab terhadap logika, kemampuan berpikir kritis, kemampuan analisa, numerik, dan bahasa. Sementara otak kanan bertanggung jawab tergadap seni, kreativitas, musik, gambar, dan imajinasi. Agar kedua sisi otak anak bisa berrkembang, mereka perlu stimulus. Salah satu stimulus yang bisa kamu lakukan adalah lewat flashcard.

Apa Itu Flashcard?

Flashcard adalah media pembelajaran menggunakan kartu. Kartu ini umumnya bergambar dengan tulisan di sisi bawah atau di sisi sebaliknya yang memuat informasi seputar gambar tersebut.

Flashcard umumnya dikelompokkan berdasarkan topik atau subyek yang dibahas. Misalnya flashcard anak usia 1-2 tahun, 3-6 tahun, atau flashcard tentang hewan, tentang kendaraan dan tentang benda sehari-hari.

Manfaat Flashcard sebagai Media Pembelajaran

Belajar sesuatu tidak harus dengan membaca buku, apalagi untuk anak-anak balita yang belum bisa membaca dan baru mengenal gambar dan bentuk. Ada metode belajar lain yang bisa kamu terapkan di rumah seperti flashcard.

Flashcard, selain murah dan bisa dibuat sendiri, ternyata punya peran tersendiri untuk menstimulasi daya ingat. Tahukah kamu kalau banyak guru dan orang tua yang menggunakan flashcard untuk menstimulasi daya ingat anak, bahkan sebelum usia mereka menginjak 3 tahun? Berikut ini manfaat flashcard yang bisa didapatkan anak-anak.

Meningkatkan daya ingat

Manfaat pertama tentu saja membantu menstimulasi otak untuk mengingat informasi. Belajar menggunakan flashcard melibatkan indra pengelihatan dan pendengaran anak. Dengan sering melihat dan mengulang materi-materi yang ada di flashcard, otak si kecil akan terlatih untuk menyimpan informasi lebih baik. Jadi, bukan cuma belajar sebentar lalu lupa.

Membantu anak-anak mengeksplor warna

Flashcard memuat gambar berwarna warni yang menarik bagi mata anak-anak. Hal ini bagus untuk membantu mereka mengasosiasikan antara visual dan informasi yang diajarkan.

Konsentrasi dan fokus yang lebih baik

Belajar dengan flashcard membutuhkan perhatian penuh dari si kecil. Hal ini karena cara bermain flashcard adalah dengan menampilkan gambar secara cepat. Cara ini melatih otak anak untuk berkonsentrasi meminimalisir distraksi. Seiring waktu, anak-anak dapat mengembangkan keterampilan konsentrasi yang lebih kuat yang akan bermanfaat bagi mereka dalam berbagai aspek pendidikan dan kehidupan sehari-hari.

Lebih semangat belajar karena terlibat langsung

Belajar itu membosankan? Tidak kalau anak-anak bisa terlibat aktif dalam prosesnya. Flashcard memberi kebebasan bagi anak untuk mengaktifkan indra mereka baik saat melihat dan menyentuh kartu-kartu yang ada di hadapan mereka, atau pun saat mengingat kata.

Anak bisa belajar dengan lebih cepat

Kecepatan adalah kunci dalam memainkan flashcard. Dengan begitu, otak didorong untuk bisa memproses informasi dengan cepat. Saat anak mulai familiar dengan topik flashcard yang digunakan, mereka cenderung akan lebih cepat dalam memproses informasi tambahan tentang topik tersebut. Ini juga membantu mereka menangkap dan memahami konsep-konsep baru.

Memperkaya kosa kata

Flashcard biasanya digunakan untuk mengenalkan kosa kata baru lewat cara yang ringkas dan to the point. Dengan menghadirkan kata-kata baru dalam bentuk gambar di flashcard, anak jadi lebih mudah mengaitkan kata dengan objek atau konsep yang sesungguhnya. Jadi, mereka bisa belajar bahasa sambil melatih pengucapan kata yang benar.

Memperkuat ikatan emosional

Terakhir, tapi nggak kalah pentingnya, penggunaan flashcard juga bisa memperkuat ikatan emosional antara orang tua dan anak. Saat duduk bersama mengulang materi-materi di flashcard bisa jadi momen quality time. Anak merasa didukung dan diperhatikan oleh orang tua, sementara kamu juga bisa melihat perkembangan mereka secara langsung. Win-win solution, kan?

Kumpulan Flashcard Bahasa Inggris

Salah satu manfaat flashcard yaitu memperkaya vocabulary. Berikut adalah beberapa flashcard bahasa Inggris dari EF yang bisa kamu download gratis.

Gimana EF parents, menarik kan mengajarkan anak konsep-konsep baru lewat flashcard? Kamu juga bisa memberikan pendidikan bahasa Inggris terbaik untuk si kecil dengan ikut program kursus di EF. Penasaran dengan suasana kelasnya? Yuk daftarkan si kecil ikut kelas gratis dengan mengisi nomor handphonemu di form yang ada di halaman ini.