Menu
doodling
Education Advice

Menggambar Doodle, Bantu Tingkatkan Fokus dan Memori

tom thunder
Author
Tom Thunder
2024.03.15

Corat-coret jadi jago belajar? Yuk, kenalan sama doodle art! Pernah nggak sih kamu merasa corat-coret saat belajar malah ganggu konsentrasi? Eits, tunggu dulu! Ternyata corat-coret alias doodling bisa jadi senjata rahasia biar belajarmu lebih efektif, lho! Penasaran? Cek sampai habis ya!

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Yap, bener banget! Dilansir dari watersecurityhub, Dr. Gopal Iyer, ahli teknik belajar visual, menunjukkan kalau doodling, apalagi dikombinasikan dengan metode belajar visual lainnya, bisa jadi senjata ampuh buat pelajar seperti kamu.

manfaat doodle

Meningkatkan Daya Ingat dan Fokus

Pernah dengar pepatah "kill two birds with one stone"? Nah, itulah doodling. Ketika kamu sedang mendengarkan penjelasan gurumu, doodling membuat sebagian otak kamu tetap aktif. Jadinya kamu nggak hanya bengong mendengarkan materi yang guru jelaskan, tapi juga mengerti dan ingat materi pelajarannya.

Doodling juga berfungsi sebagai penyaring dimana akan membuatmu tetap fokus tanpa terganggu dengan gangguan di sekitarmu, jadi pikiran kamu nggak akan terbang ke mana-mana deh.

Meningkatkan Kreativitas dan Anti-Stress

Doodling bukan cuma soal gambar asal-asalan. Ini bisa jadi jembatan buat menemukan ide dan cara berpikir baru. Saat tanganmu bergerak bebas, otakmu juga ikut memikirkan pelajaran yang sedang kamu pelajari dengan cara yang lebih seru. Nggak heran kalau doodling bisa bikin kamu paham pelajaran lebih dalam atau nemuin jawaban yang nggak terduga.

Sedang pusing belajar? Doodling juga bisa jadi obat stres yang ampuh! Gerakan tangan yang berulang dan fokus buat menggambar bisa bikin kamu lebih tenang, sehingga saat balik belajar lagi, pikiran jadi lebih jernih.

Doodling dengan Teknik Belajar Visual

Pernah mendengar mind mapping? Teknik mind mapping yang membuat catatan kamu bak peta visual, bisa semakin efektif kalau digabungkan dengan doodle. Daripada cuma menulis keyword di mind map kamu, cobalah untuk pakai gambar kecil untuk menggambarkan keyword tersebut.

Dengan menggabungkan doodle art dan mind map, kamu akan merasa lebih tertarik dalam mempelajari materi dan mudah mengingat materi tersebut. Doodling bisa bikin kamu memahami pelajaran lebih dalam lho!

Saat sedang di kelas atau membaca materi, coba deh corat-coret gambar, pola, atau garis abstrak yang menggambarkan poin penting yang sedang dibahas. Tidak perlu bagus, yang penting kamu corat-coretmu sesuai dengan apa yang kamu mengerti. Bentuk-bentuk simpel, pola, atau garis-garis abstrak pun sudah cukup buat membantu kamu belajar.

Jadi, lain kali saat kamu merasa ingin corat-coret saat sedang belajar, lakukan saja! Oiya, corat-coret dengan menggunakan strategi yang tepat bisa merubah sesi belajar kamu dari cuma mendengarkan jadi aktif melakukan sesuatu. Ini bisa jadi kunci buat membangun potensi belajar kamu jadi makin fokus dan meningkatkan kemampuan hafalanmu!

Jika EFriends masih kebingungan dalam pelajaran bahasa Inggris, kamu bisa lho mencoba kelas demo gratis EF dengan mengisi nomor telepon pada laman ini. Ada berbagai metode belajar yang seru yang bikin kamu ketagihan belajar bahasa Inggris. Buruan daftar. kesempatan terbatas!

Sampai ketemu di kelas ya!