Menu
hari anak nasional
Education Advice

Selamat Hari Anak Nasional. Intip Metode Belajar Menyenangkan Ala EF!

tom thunder
Author
Tom Thunder
2023.07.24

Kamu punya anak atau adik yang menganggap kalau belajar Bahasa Inggris menakutkan dan sulit? Mungkin saja karena belum menemukan cara belajar Bahasa Inggris yang cocok. Tapi, baik belajar Bahasa Inggris ataupun hal yang lain sebenarnya mudah dan menyenangkan loh kalau kamu tahu triknya.

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Selain metode belajar, menyediakan lingkungan belajar yang menyenangkan adalah kewajiban kalau kamu mau anak-anak betah belajar dan cepat memahami materi. Tapi memang tidak mudah ya, kaena berbeda usia, berbeda pula cara mengajarnya.

Lalu, bagaimana EF bisa punya kelas yang menyenangkan untuk anak-anak dan remaja? Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional 23 Juli, Tom mau mengajak kamu mengintip rahasia belajar menyenangkan ala EF Kids & Teens!

Belajar dengan menggabungkan gerakan

Ada riset yang menunjukkan bahwa menggabungkan gerakan atau gestur dapat meningkatkan pemahaman dan keterlibatan anak-anak yang melihat dan mempraktikkannya. Anak-anak cenderung lebih mengingat sesuatu yang mereka pelajari dengan gerakan. Belajar dengan gerakan merupakan hal dasar dalam metode belajar EF.

Menyisipkan permainan

Anak-anak cenderung punya rentang fokus atau attention span yang singkat. Tentu saja hal ini tegantung pada usianya. Berikut ini kategori attention span di tiap usia.

• 3 tahun: 6-8 menit

• 4 tahun: 8-12 menit

• 5-6 tahun: 12-18 menit

• 7–8 tahun: 16-24 menit

• 9–10 tahun: 20-30 menit

• 11-12 tahun: 25-35 menit

• 13-15 tahun: 30-40 menit

• 16+ tahun: 32-50+ menit

Terlihat kan betapa singkatnya tingkat fokus anak-anak di bawah 8 tahun? Maka dari itu, menyisipkan permainan edukatif saat belajar bisa dilakukan untuk menarik perhatian mereka lebih lama. Anak-anak jadi tidak bosan dan belajar menjadi sesuatu yang menyenangkan.

Praktik langsung

Kunci keberhasilan belajar Bahasa Inggris ⭷ tidak lain adalah memperbanyak praktik. Selain punya guru-guru yang selalu berbahasa Inggris ⭷, EF punya metode belajar yang mendorong kepercayaan diri anak-anak untuk berani berbicara Bahasa Inggris di depan umum.

Belajar di luar kelas

Belajar tidak harus selalu di dalam kelas dengan meja dan papan tulis. EF punya Life Club dimana anak-anak bisa melakukan beagam aktivitas ekstrakulikuler seperti cooking class, crafting, coloring day menonton film di bioskop atau mengunjungi tempat-tempat keren.

Optimalkan teknologi

Salah satu keuntungan di era digital yaitu banyak hal yang bisa dieksplor. Alih-alih menjauhkan gadget, kenapa tidak mencoba mengoptimalkan penggunaannya untuk belajar Bahasa Inggris? Ada banyak aplikasi dan video yang bisa membantu belajar Bahasa Inggris lebih baik. Tapi, tetap harus dalam pengawasan ya!

Get creative!

Ada banyak cara belajar Bahasa Inggris yang bisa dieksplor agar tetap menyenangkan untuk anak-anak. Selain rutin mendapat pelatihan, guru-guru di EF punya segudang ide kreatif untuk memberikan pembelajaan yang seru. Dan tentunya mengajak anak-anak untuk ikut berpikir kreatif.

Penasaran dengan metode belajar di EF? Ingin mengikuti langsung kegiatan belajar mengajar di EF? Yuk segera bergabung jadi EF student! Ada promo potongan harga spesial bagi yang mendaftar di periode bulan Juli-Agustus. Kamu juga akan mendapat hadiah eksklusif dari EF, loh! Ambil diskonnya sekarang!