Menu
feynman technique
Education Advice

Yuk Coba Belajar Pakai Teknik Feynman

tom thunder
Author
Tom Thunder
2023.10.02

Apakah kamu selalu merasa kesulitan pada saat belajar mandiri? Misalnya seperti susah konsentrasi atau tidak bisa memahami materi dengan baik. Jika iya, kamu harus mencoba teknik satu ini untuk membantumu belajar secara mandiri. Penasaran teknik seperti apa? Berikut tipsnya Tom berikan khusus untukmu.

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Belajar merupakan sesuatu yang menantang bagi sebagian banyak orang. Ada banyak teknik belajar yang bisa membantumu belajar lebih efektif dari kegiatan belajar yang biasa kamu lakukan. Nah, salah satu cara efektif untuk mempelajari suatu pelajaran adalah dengan menggunakan teknik Feynman (Feynman Technique)

Apa Itu Teknik Feynman?

feynman technique

Teknik Feynman adalah metode belajar yang dinamai dari fisikawan terkenal, Richard Feynman. Teknik ini menekankan pemahaman konsep dan kemampuan untuk menjelaskan materi secara sederhana. Tujuan dari teknik ini adalah adalah agar kamu bisa mengerti pelajaran dengan mengajarkan materi tersebut kepada orang lain menggunakan cara yang mudah dimengerti.

Langkah-langkah Teknik Feynman:

  1. Pilih Topik
    Pilih topik atau konsep pelajaran yang ingin kamu pelajari. Misalnya, tenses, vocabulary, atau grammar rules.

  2. Jelaskan dengan Sederhana
    Cobalah untuk menjelaskan topik tersebut dengan kata-kata sederhana kepada diri sendiri. Hindari istilah teknis yang rumit.

  3. Buatlah Ilustrasi
    Gunakan gambar atau ilustrasi atau mind mapping sederhana untuk memvisualisasikan pelajaran tersebut. Misalnya, gambaran tentang waktu atau situasi yang berkaitan dengan topik.

  4. Jelaskan Kembali
    Jelaskan kembali materi tersebut dengan cara yang sangat sederhana, seolah-olah kamu mengajarinya kepada anak kecil. Ingat! Gunakan bahasa yang mudah dimengerti. Jika terdapat materi yang sulit dimengerti, hal tersebut merupakan tanda bahwa kamu perlu lebih dalam pada saat mempelajari materi tersebut. Carilah contoh referensi pengaplikasian teori pada kehidupan sehari-hari mengenai apa yang kamu pelajari.

Tips Belajar Bahasa Inggris dengan Teknik Feynman

teknik feynman

Setelah mempelajari langkah-langkah teknik Feynman, sekarang mari terapkan Teknik Feynman dalam belajar bahasa Inggris dengan beberapa tips yang berguna:

  • Mulailah dengan Hal Dasar
    Ketika belajar bahasa Inggris, pastikan kamu memiliki pemahaman yang kuat tentang dasar-dasar seperti tenses, grammar, dan vocabulary dasar. Gunakan Teknik Feynman untuk memastikan bahwa kamu memiliki pemahaman yang kuat.

  • Latihan Speaking
    Salah satu aspek kunci dalam belajar bahasa Inggris adalah berbicara atau speaking. Gunakanlah Teknik Feynman untuk menjelaskan topik-topik tertentu dalam bahasa Inggris kepada teman-temanmu menggunakan bahasa yang mudah dimengerti. Ini akan membantumu membangun kepercayaan diri dalam berbicara dan meningkatkan keterampilan komunikasi dalam bahasa Inggris.

  • Terapkan dalam Kehidupan Sehari-hari
    Saat kamu belajar tenses atau vocabulary baru, terapkan dalam keadaan sehari-hari. Jelaskan bagaimana kamu akan menggunakan hal tersebut dalam daily conversation.

  • Konsistensi adalah Kunci
    Siapa yang belajarnya masih ngikutin mood? Yuk mulai untuk mengatur jadwal belajar yang konsisten. Misalnya kamu mencoba untuk menjelaskan satu konsep bahasa Inggris setiap hari. Jadi semakin meningkat level bahasa Inggrismu nanti deh.

  • Gunakan Sumber Belajar yang Beragam
    Manfaatkan buku teks, kursus, aplikasi, dan tutor jika memungkinkan. Semakin beragam sumber belajar mu, semakin banyak pemahaman yang kamu dapatkan.

  • Bergabunglah dengan Kelompok Belajar
    Bergabunglah dengan kelompok belajar bahasa Inggris di mana kamu bisa berbagi pengetahuan dengan teman-teman sebaya dan menjelaskan materi bahasa Inggris kepada satu sama lain. Hal ini akan memperkuat pemahaman dan ingatanmu terkait bahasa Inggris.

Ingatlah bahwa belajar bahasa Inggris adalah proses yang memerlukan waktu. Jangan terlalu keras pada diri sendiri, jika ada bagian yang sulit dipahami kamu bisa pelan-pelan memahami hal tersebut atau mencari bantuan pada orang yang ahli.

Dengan menerapkan Teknik Feynman dan mengikuti tips-tips di atas, kamu akan mempercepat proses pembelajaranmu terutama saat kamu belajar bahasa Inggris. Ingatlah bahwa kunci keberhasilan adalah konsistensi dan kesabaran. Yuk, mulailah perjalananmu dalam mempelajari bahasa Inggris dengan metode yang lebih efektif, supaya bahasa Inggrismu makin next level!

Jika masih kesulitan dalam memahami materi Bahasa Inggris kamu bisa bergabung menjadi EF student. Di sini kamu akan di dampingi oleh guru-guru profesional dan teman-teman yang mengasyikan di kelas. Yuk, belajar dengan EF supaya level bahasa Inggrismu meningkat. Caranya mudah dengan mengisi form yang ada di laman ini dan dapatkan Free Demo Class! Buruan, kuota di tiap center terbatas lho.

Tom tunggu kamu di kelas ya!