Menu
pidato
Education Advice

International Youth Day! Yuk Ikut Organisasi Kepemudaan Internasional

tom thunder
Author
Tom Thunder
2023.08.18

It’s international youth day! Saatnya anak muda aktif bergerak dan berprestasi. Yuk manfaatkan waktumu untuk mengembangkan diri lewat kegiatan-kegiatan positif! Banyak organisasi kepemudaan yang bisa kamu ikuti sesuai passion-mu nih EFriends. Ikut yang mana, ua?

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Punya kegiatan untuk mengisi waktu luang itu penting. Selain agar tidak bosan di rumah, lewat kegiatan itu kamu bisa mendapat pengalaman dan juga teman baru. Kamu juga bisa mengasah kemampuan sepeti public speaking, kepemimpinan, berpikir kritis dan banyak lagi. Terdengar seru bukan? Di bawah ini Tom sudah mengumpulkan beberapa organisasi kepemudaan internasional yang bisa kamu ikuti.

Pramuka/Scout

pramuka

Sudah tidak asing kan dengan pramuka? Yup, kegiatan ekstrakurikuler sekolah yang satu ini bisa membawa kamu ke kancah internasional, lho. Kalau kamu kira pramuka hanya ada di Indonesia, jawabannya tidak. Pramuka atau scout merupakan organisasi internasional yang sudah ada sejak tahun 1900-an awal. Dalam pramuka ada kegiatan jambore baik nasional dan internasional yang bisa diikutii anggotanya. Semangat ikut pramuka?

Baca juga: Scouts atau Pramuka, Mengapa Kamu Harus Ikut?

ASEAN Youth Organization

ASEAN Youth Organization (AYO) adalah organisasi kepemudaan ASAN yang didirikan tahun 2013 oleh dua anak muda asal Indonesia dan Kamboja. AYO berfokus pada pemberdayaan pemuda ASEAN untuk membawa perubahan positif yang berkelanjutan. Program-program AYO meliputi pertukaran pelajar, workshop, relawan, amal, riset & pengembangan, serta akademi.

International Red Cross

palang merah

Kamu punya passion di bidang kesehatan dan kemanusiaan? Kalau begitu, Palang Merah Remaja (PMR) akan cocok buatmu. Organisasi palang merah internasional atau International Federation of Red Cross (IFRC) punya program khusus untuk anak muda yang gemar dengan kegiatan kemanusiaan seperti pelatihan kepemimpinan dan program relawan.

International Association of Students in Agricultural and Related Sciences

sawah

Ingin belajar lebih banyak tentang agrikultur? Kamu bisa bergabung menjadi anggota International Association of Students in Agricultural and Related Sciences (IAAS). IAAS adalah organisasi dalam bidang agrikultur yang terbesar di dunia. Di sini, kamu bisa belajar semua hal untuk mengembangkan pertanian berkelanjutan, termasuk memberdayakan komunitas dan sumberdaya lokal.

United Nations Young Leader Training Programme

Selain ikut dalam organisasi internasional, kamu juga bisa berpartisipasi dalam program pelatihan seperti Young Leader Training Programme yang diselenggarakan oleh PBB. Dalam pelatihan ini kamu akan belajar seputar isu-isu dunia serta bagaimana menjalanka pengembangan berkelanjutan.

Dari lima organisasi internasional di atas, kamu tertarik untuk ikut kegiatan yang mana nih, EFriends? Atau kamu sudah punya organisasi impian selain yang sudah Tom sebutkan di atas?

Agar semakin percaya diri bergabung di kegiatan internasional, jangan lupa tingkatkan kemampuan berbahasa Inggrismu ya. Ada EF yang akan menemani perjalananmu belajar bahasa Inggris. Para EF teachers akan membimbing dan mengajarimu dengan cara yang menyenangkan, kok!

Ayo daftarkan dirimu jadi EF student sekarang dan ambil promo terbaiknya!