Menu
internet
Education Advice

Hari Internet Aman Sedunia! Tips Amankan Anak saat Berselancar di Internet

tom thunder
Author
Tom Thunder
2023.02.08

Tahukah Anda apa itu Hari Internet Aman Sedunia? Untuk Anda yang masih cukup awam dengan istilah tersebut, singkatnya, Hari Internet Aman adalah hari pentingnya keamanan dan kesehatan bagi pengguna internet di seluruh dunia.

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Tujuan dari adanya peringatan Hari Internet Aman itu sendiri adalah untuk meningkatkan kesadaran terhadap isu online yang beredar dan bisa menimbulkan kekhawatiran masyarakat. Hal ini tentu tak luput dari hal-hal yang mungkin dikonsumsi oleh anak ketika berselancar di internet.

Orang tua sebaiknya bisa lebih perhatian terhadap situasi yang terjadi dalam dunia online dan melakukan berbagai pencegahan dengan tetap mengawasi anak. Selain itu, sebaiknya kemampuan literasi juga ditingkatakan, sehingga anak tetap dalam batasan yang aman ketika ia menggunakan internet.

Lalu, apa saja upaya yang bisa dilakukan oleh orang tua agar anak tetap aman saat mengakses internet? Yuk, simak artikel berikut!

1. Mengedukasi anak

anak

Beri pehamaman kepada anak apa yang bisa dilakukan dan tidak bisa dilakukan di internet. Diskusikan tujuan penggunaan internet dan apa saja efek positif mau pun negatif yang mungkin terjadi. Tidak perlu menakut-nakuti anak atau memberi tahu dengan cara berlebihan. Anda bisa lebih bijak dalam berkomunikasi dan sampaikan secara baik dan tenang.

2. Install aplikasi parental control

apps

Di era digital ini, teknologi tentu sudah semakin canggih. Anda bisa mengunduh aplikasi parental control untuk mengawasi anak saat mengakses internet. Salah satu kegunaan dari aplikasi ini adalah dengan mengontrol aplikasi atau website yang tidak sesuai dengan usia anak, sehingga anak tidak bisa mengaksesnya. Tidak ada salahnya jika orang tua bersikap agak skeptis dan detail untuk kebaikan anak.

3. Beri batasan

batasan

Di usia anak, internet digunakan untuk kebutuhan pendidikan. Beri batasan terhadap anak dalam penggunaanya. Misalnya, anak hanya bisa mengakses internet di jam 2-4 sore. Kemudian konten apa saja yang bisa dikonsumsi, seperti konten yang membahas mengenai ilmu pengetahuan, latihan soal, review mainan, dan berbagai tema lainnya yang tentu masih berkaitan dengan usia anak.

4. Belajar bersama

belajar

Belajar tidak hanya dilakukan saat usia sekolah, melainkan bisa kapan pun dan di mana pun. Seiring berjalannya waktu, dunia mengalami perubahan, di mana Anda juga harus beradaptasi dengan hal baru. Sama halnya dengan internet, di mana teknologi yang digunakan juga semakin canggih. Ajaklah anak untuk belajar bersama. Sehingga anak merasa bahwa orang tua lebih peduli dan pasti belajar akan terasa lebih menyenangkan.


Itu dia tips untuk mengamankan anak saat berselancar di internet. Anda juga bisa memberi informasi mengenai pentingnya kesehatan dan keamanan berinternet kepada orang lain, agar menumbuhkan kesadaran dan bisa mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

Bicara mengenai anak, selain belajar online, saat ini anak juga sudah belajar offline. Tugas orang tua tentu adalah mengawasinya. Namun, jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk mengawasi anak, Anda bisa langsung memberi materi pelajaran di luar kelas dengan belajar langsung melalui ahlinya. Misalnya adalah dengan mengikuti les bahasa Inggris.

Selain didampingi oleh guru yang berpengalaman, anak juga akan belajar dengan materi yang menyenangkan dan interaktif. Yuk coba Kelas EF! Gratis! Caranya hanya tinggal mengisi no hp pada kolom yang ada di halaman ini. Orang tua tidak akan khawatir lagi tentunya. Tom tunggu di kelas ya 😉

*Syarat dan Ketentuan berlaku
*Promo terbatas

Terakhir update artikel : 08-02-2023