Menu
read aloud
Education Advice

Kenapa Read Aloud Bagus untuk Meningkatkan Daya Ingat?

tom thunder
Author
Tom Thunder
2024.02.06

Kalau kamu sedang mencari cara untuk meningkatkan daya ingat supaya apa yang dipelajari bisa terus diingat, coba deh kamu membaca buku dengan suara nyaring alias read aloud. Memang jadi lebih berisik untuk orang di sekitar, tapi teknik membaca yang satu ini bisa sangat membantu, lho. Kok bisa ya? Simak penjelasannya yuk.

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Pengertian Read Aloud

Read aloud adalah teknik membaca dimana seseorang membaca teks secara verbal. Saat seseorang melakukan "read aloud," mereka membaca teks dengan suara keras sehingga bisa didengar oleh orang lain. Tujuan dari membaca dengan suara adalah untuk memahami dan mengkomunikasikan isi teks dengan lebih baik.

Sebagai contoh, kamu sedang membaca buku cerita, dengan membaca nyaring, kamu bisa menyampaikan emosi dan menandai perpindahan karakter dengan lebih baik. Orang yang mendengarmu membaca jadi ikut memahami ceritanya.

Aktivitas membaca nyaring dapat dilakukan dalam berbagai konteks, termasuk di dalam kelas sebagai bagian dari pembelajaran, di rumah untuk memahami bahan bacaan, atau di tempat umum untuk berbagi informasi dengan orang lain. Aktivitas ini dapat membantu meningkatkan pemahaman teks, keterampilan berbicara, dan membangun keterampilan mendengarkan.

social butterfly

Read Aloud untuk Meningkatkan Daya Ingat

Saat menerima informasi, kita menerimanya dengan tiga cara, melalui visual, auditori, atau dengam memaknainya. Saat membaca dengan suara keras, kita membentuk tautan pendengaran di jalur memori kita. Kita ingat diri kita sendiri mengucapkannya dengan lantang, sehingga tidak hanya membentuk hubungan visual tetapi juga auditori. Kamu pasti pernah kan diminta guru menghafal sesuatu dengan cepat, lalu cara yang kamu lakukan adalah dengan melafalkannya berulang-ulang?

Fenomena ini disebut “production effect”. Production effect dianggap sebagai variasi (atau perbedaan) yang dialami ketika kata-kata dibacakan dengan nyaring, dibanding membaca kata-kata dalam hati. Mengucapkan kata-kata dengan nyaring lebih aktif daripada membaca dalam hati, dan oleh karena itu membantu produksi ingatan jangka panjang kita.

Production effect ini dibuktikan lewat penelitian dimana sekelompok orang diminta membaca sebuah daftar kata. Setengahnya dibaca nyaring, dan setengahnya lagi dibaca dalam hati. Dari penelitian tersebut ditemukan bahwa mereka lebih bisa mengingat kata-kata yang dibaca nyaring.

EFriends, tapi kamu harus ingat ya kalau membaca seluruh buku sehari sebelum kamu ujian kemungkinan besar tidak akan memberikan manfaat apapun buatmu. Kamu tetap harus rajin belajar setiap hari, membaca dengan aktif dan membuat catatan yang sesuai dengan preferensimu.

Manfaat Lainnya dari Read Aloud

Selain untuk meningkatkan memori jangka pendek dan memori jangka panjang, membaca dengan suara nyaring juga bagus untuk beberapa hal berikut.

Membuatmu Lebih Memahami Sebuah Ide

Pernah mendengar istilah reading comprehension? Nah, membaca nyaring bisa menngkatkan pemahamanmu teradap sesuatu yang kamu baca, lho. Hal ini karena membaca nyaring membantumu mengurangi distraksi sehingga kamu lebih berkonsentrasi.

Meningkatkan Hubungan Sosial

Membaca nyaring bisa membentuk sebuah ikatan sosial. Bayangkan ketika kamu membacakan buku cerita ke adikmu, atau membaca materi pelajaran bersama teman. Ikatan yang terbentuk adalah kedekatan fisik, momen berbagi pikiran, dan dalam cerita yang sama di waktu yang sama.

Menarik ya EFriends manfaat dari membaca nyaring atau read aloud ini. Untuk kamu yang saat belajar mudah terdistraksi atau sulit fokus, kamu bisa coba gunakan teknik membaca yang satu ini.

Tapi, kalau kamu justru suka belajar ramai-ramai bersama teman, kamu bisa belajar bahasa Inggris di kelas EF. Kamu bisa ajak teman-temanmu merasakan keseruan belajar gratis di kelas EF bersama guru yang seru. Agar tidak ketinggalan, kamu bisa daftarkan nomor telepon aktifmu di form yang ada di halaman ini ya.