GO Blog | EF Blog Indonesia
Berita terbaru tentang perjalanan, bahasa dan budaya oleh EF Education First
Menu

10 Langkah Untuk Masuk Universitas Ternama di Inggris

10 Langkah Untuk Masuk Universitas Ternama di Inggris

Inggris merupakan rumah bagi beberapa universitas paling bergengsi di dunia, menjadikannya pilihan populer bagi para siswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Seperti halnya di sebagian besar negara-negara, Inggris memiliki proses pendaftaran sendiri. Untuk membantu Anda dalam teritori baru dan memberi Anda beberapa petunjuk mengenai apa yang membuat pendaftaran sukses, kami telah merangkum daftar yang berisi 10 langkah mudah untuk masuk ke universitas di Inggris.

  1. Cari tahu

Semakin awal Anda mulai mencari tahu mengenai universitas dan kursus, semakin baik. Mencari tahu apa yang ingin Anda pelajari merupakan hal yang menyenangkan, namun memilih jurusan merupakan hal yang penting. Ingatlah bahwa Anda akan menggeluti jurusan yang Anda pilih setidaknya selama tiga tahun – Anda perlu memastikan Anda tertarik dengan jurusan ini. Perhatikan struktur berbagai kursus dan baca sebanyak mungkin mengenai jurusan yang Anda minati.

  1. Pilih universitas Anda

Setelah mengetahui apa yang ingin Anda pelajari, Anda dapat mulai menentukan ingin mendaftar di universitas mana. Cek peringkat universitas di Inggris, namun jangan terpaku untuk membidik peringkat atas hanya untuk “gengsi”. Anda sebaiknya mencari universitas yang menawarkan jurusan pilihan Anda dan juga bacalah ulasan dari mahasiswa.

  1. Biasakan diri Anda dengan UCAS

UCAS (Universities and Colleges Admissions Service atau Layanan Penerimaan Universitas dan Perguruan Tinggi) mengurus proses pendaftaran untuk universitas di Inggris. Ini merupakan platform yang akan Anda gunakan untuk mencari jurusan dan mendaftar hingga lima universitas pilihan Anda.

Setelah mendaftar, Anda dapat mengisi profil pribadi Anda – buka situs, baca dan ikuti petunjuk dengan seksama. Setelah lengkap, Anda dapat mengecek perkembangannya melalui fitur UCAS’ Track, yang akan memberitahu Anda jika dan kapan status pendaftaran Anda berubah.

  1. Persiapkan diri Anda

Untuk siswa yang mendaftar di fakultas kedokteran, ilmu kedokteran hewan, kedokteran gigi dan jurusan di Oxford dan Cambridge: bersiaplah jika Anda diundang untuk wawancara. Inilah saatnya menunjukkan kemampuan Anda. Bersiap untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan sulit yang membutuhkan jawaban detail dan pastikan untuk melatihnya dengan guru atau anggota keluarga Anda sebelumnya. Cara terbaik untuk sepenuhnya siap adalah dengan mulai membaca buku dan jurnal akademik mengenai bidang Anda sebelum memasuki universitas.Bukan hanya mendapatkan lebih banyak informasi dan mampu menjawab pertanyaan menjebak dengan baik, namun Anda juga akan lebih percaya diri selama wawancara.

  1. Poles bahasa Inggris Anda

Universitas di Inggris mengharuskan mahasiswanya untuk mencapai tingkat bahasa Inggris tertentu. Walaupun masing-masing standar yang diperlukan untuk masuk ke universitas berbeda, jika bahasa Inggris bukan bahasa pertama Anda, penting untuk memiliki sertifikat keterampilan.

Universitas biasanya mencantumkan persyaratan kemahiran bahasa Inggris dalam berbagai tes yang berbeda, termasuk Cambridge English, TOEFL dan IELTS (jika Anda tidak tahu tes bahasa Inggris mana yang harus Anda ambil, baca pilihan Anda di sini). Untuk memastikan Anda mengerjakan tes dengan baik, berinvestasilah dalam pembelajaran; belajar bahasa Inggris di negara yang menggunakan bahasa Inggris merupakan salah satu cara tercepat untuk membuat kemajuan dan mencapai tingkat yang dibutuhkan.

  1. Dapatkan pengalaman

Seperti halnya melamar pekerjaan baru, pengalaman apa saja yang relevan dapat Anda tambahkan ke profil Anda untuk meningkatkan kesempatan Anda mendapatkan tawaran dari universitas di Inggris. Baik mengikuti magang yang baru, mengikuti kursus musim panas ataupun menjadi sukarelawan, universitas memandang positif upaya untuk memperluas pandangan dan memperkuat keterampilan Anda. Pengalaman baru apa saja akan membantu meningkatkan pernyataan pribadi Anda (lebih lanjut tentang ini nanti!) dan CV Anda.

  1. Kunjungi universitas

Setelah memilih beberapa universitas yang Anda sukai, Anda dapat merencanakan kunjungan. Melihat universitas dan lokasinya dapat membantu Anda dalam menentukan pilihan. Jika Anda memiliki kesempatan untuk mengunjungi universitas yang Anda minati, caritahu mengenai hari buka dan rencanakan sebaik mungkin sehingga Anda bisa mengunjungi lebih banyak universitas dalam satu perjalanan.

Hal ini mungkin tidak selalu dapat dilakukan, terutama bagi siswa yang tinggal jauh dari Inggris. Banyak universitas menawarkan tur virtual, membawa Anda ke perjalanan online ke institusi mereka – Anda bisa merasakan bagaimana berkuliah di universitas tersebut. Anda juga dapat mencari ulasan untuk mengetahui bagaimana kesan mahasiswa yang berkuliah di universitas tersebut.

  1. Tulis pernyataan pribadi

Pernyataan pribadi merupakan salah satu bagian yang paling menantang dalam proses pendaftaran. Pada dasarnya ini merupakan satu halaman teks mengenai alasan Anda ingin mengambil jurusan tersebut dan mengapa Anda akan menjadi mahasiswa yang baik di jurusan tersebut. Dikarenakan banyaknya pendaftaran yang diterima universitas setiap tahunnya, penting untuk menulis pernyataan pribadi yang menarik dan orisinil, yang akan membedakan Anda dari yang lain.

Pernyataan pribadi dapat menaikkan atau menurunkan nilai pendaftaran, jadi penting untuk mendedikasikan waktu Anda untuk hal ini. Carilah bantuan dari guru, keluarga, atau advisor untuk memastikan kualitas dan isinya sebaik mungkin. Setelah Anda puas, pastikan untuk memberikannya ke guru atau advisor tersebut untuk dicek ulang.

  1. Dapatkan referensi

Semua pendaftarlamar diminta untuk menyertakan surat referensi, biasanya ditulis oleh guru, advisor atau pembimbing. Pemberi referensi harus merupakan seseorang yang mengenal Anda dengan baik dan dapat menulis rekomendasi yang rinci dan akurat tentang Anda. Mereka juga harus dapat berkomunikasi dengan guru-guru Anda sehingga mereka dapat menjamin kekuatan dan prestasi akademis Anda.

  1. Kirimkan (dan pastikan batas waktunya)

--------------------------------------

Setelah Anda memilih universitas yang ingin Anda daftar dan setelah Anda memiliki nilai prediksi, surat referensi dan pernyataan pribadi yang baik, Anda telah siap!

Sebelum mengirimkan pendaftaran Anda, pastikan untuk mengeceknya beberapa kali untuk memastikan tidak ada kesalahan. Tunjukkan kepada seorang yang lain untuk mengeceknya untuk yang terakhir kalinya. Setelah Anda merasa percaya diri, kirimkan pendaftaran Anda.

Ingat: Batas waktunya sebagai berikut: 15 Oktober untuk farmasi, kedokteran hewan, kedokteran gigi dan siswa yang mendaftar ke Oxford dan Cambridge, dan tanggal 15 Januari untuk semua pendaftar lainnya. Semoga beruntung!

Ikuti kursus tes bahasa Inggris dengan kami dan dapatkan sertifikasiIkuti Testnya di Kota Anda
Dapatkan berita perjalanan, bahasa, dan budaya terbaru di buletin GODaftarkan saya

Cari tahu tingkat bahasa inggris kamu dalam hitungan menit

Selengkapnya