GO Blog | EF Blog Indonesia
Berita terbaru tentang perjalanan, bahasa dan budaya oleh EF Education First
Menu

Memilih Universitas Luar Negeri: Tips Teratas untuk Sukses

Memilih Universitas Luar Negeri: Tips Teratas untuk Sukses

Memilih untuk mendaftar program universitas – baik untuk studi sarjana maupun pascasarjana – merupakan pengalaman yang mengubah hidup, terlebih lagi jika Anda memutuskan untuk belajar di luar negeri. Bukan hanya akan membantu Anda mewujudkan keinginan untuk belajar dan untuk masa depan jalur karir Anda, namun melakukan semua ini di negara asing akan sepenuhnya mengubah cara Anda melihat dunia. Tetapi, ada sejulah besar perencanaan dan persiapan yang harus Anda lakukan sebelum hari pertama masuk di universitas impian Anda di luar negeri.

Poles Kemampuan Bahasa Anda:

Belajar di universitas di negara asing tentunya akan meningkatkan kemampuan bahasa Inggris Anda, karena Anda akan menggunakannya setiap hari untuk menyelesaikan tugas akademik dan juga berkomunikasi dengan orang lain. Namun, untuk memastikan Anda dapat menghadapi tantangan besar ini, penting bagi Anda untuk melakukan persiapan yang matang. Mengambil kursus bahasa Inggris intensif di luar negeri merupakan cara yang sempurna untuk memperkuat kemampuan bahasa Anda dan juga melatih penggunaannya dengan penduduk setempat dan sesama siswa internasional. Jenis kursus ini juga sangat membantu untuk ujian kemahiran berbahasa Inggris seperti IELTS dan TOEFL, yang harus Anda ambil jika ingin mendaftar di universitas yang menggunakan bahasa Inggris. Cari tahu cara untuk terlibat dengan lebih banyak materi bahasa Inggris yang otentik, baik melalui tontonan serial TV, film maupun musik berbahasa Inggris. Ini merupakan cara yang baik untuk mempelajari frase sehari-hari yang mungkin tidak diajarkan dalam buku teks. Selain itu, menemukan pasangan bahasa di area lokal Anda akan benar-benar membantu Anda meningkatkan kemampuan berbicara. Pada akhirnya, belajar sebuah bahasa adalah sebuah perjalanan dan Anda perlu melakukan berbagai kegiatan untuk mengembangkan keempat keterampilan bahasa utama.

Pemahaman Budaya:

Saat pindah ke negara baru, bukan hanya harus terbiasa dalam menggunakan bahasa asing, namun Anda juga perlu beradaptasi dengan budaya dan masyarakat yang baru. Cara terbaik untuk membiasakan diri dengan hal ini adalah dengan pergi ke negara di mana Anda ingin belajar – ini akan memberi Anda kesan yang baik mengenai negara tersebut. Banyak universitas menyelenggarakan Open Days selama musim panas, di mana Anda mendapat kesempatan untuk melihat-lihat kampus universitas dan berbicara pada siswa universitas. Anda juga harus mencoba mengikuti perkembangan terkini mengenai negara tempat Anda akan belajar, sehingga Anda tidak merasa bingung ketika para siswa mulai membahas situasi politik dan ekonomi. Mengetahui kebiasaan sehari-hari sebelum Anda berangkat juga penting. Hal-hal seperti mengetahui berapa banyak tip di negara tertentu mungkin tampak seperti masalah kecil, namun memahami hal ini akan membantu Anda berintegrasi lebih cepat ke dalam masyarakat lokal.

Kembangkan Minat Akademik Anda:

Jelas, bagian besar dari belajar di luar negeri adalah studi itu sendiri, jadi penting bagi Anda untuk mendapatkan gambaran mengenai arah yang ingin Anda tuju. Jika di sekolah Anda kemungkinan besar perlu mempelajari berbagai mata pelajaran – yang sebagian besar diwajibkan – universitas lebih pada mengejar minat akademik Anda. Sebagai contoh, di Inggris, siswa fokus dengan satu atau dua mata pelajaran sepanjang kuliah. Lihat-lihat toko buku atau perpustakaan setempat dan temukan topik yang menarik untuk Anda, atau coba hadiri beberapa kuliah akademik di dekat tempat Anda tinggal. Anda perlu menyampaikan hasrat Anda secara persuasif mengenai jurusan yang ingin Anda ambil dalam pendaftaran, jadi Anda perlu mencari banyak contoh yang dapat Anda gunakan. Hal ini penting ketika Anda perlu menuliis esai untuk pendaftaran universitas di Amerika Serikat dan UCAS Personal Statement (Pernyataan Pribadi Seleksi Masuk Universitas) di Inggris.

Lakukan riset dengan cermat:

Menyusun berkas pendaftaran universitas yang kuat adalah proses yang menghabiskan waktu, jadi Anda harus mulai memikirkan pendaftaran setidaknya satu setengah tahun sebelum mulai, untuk memastikan Anda menyerahkan semua syarat pendaftaran yang diperlukan tepat waktu. Ada sejumlah besar faktor yang perlu Anda pertimbangkan dengan hati-hati ketika memilih universitas, seperti lokasi, biaya, isi kursus, prospek karir dan sebagainya. Terlebih lagi, untuk beberapa program universitas Anda perlu menyelesaikan ujian tambahan yang membutuhkan waktu dan energi untuk mempersiapkan diri. Misalnya, jika Anda mendaftar untuk studi sarjana di Amerika Serikat, Anda harus menyelesaikan ujian SAT atau ACT, mungkin lebih dari satu kali untuk membantu Anda mendapatkan nilai terbaik. Banyak universitas juga mengharuskan Anda menghadiri wawancara, yang akan menguji kemampuan Anda berpikir spontan dan menunjukkan pemahaman Anda mengenai jurusan yang Anda daftar. Mungkin merupakan hal yang baik untuk mempertimbangkan kembali apakah langsung melanjutkan universitas adalah pilihan terbaik bagi Anda.  Sekitar 45% dari mahasiswa universitas di Amerika Serikat menghabiskan 2 tahun di community college sebelum mereka masuk universitas. Untuk siswa internasional, belajar di institusi akademik semacam ini merupakan cara yang baik untuk mengembangkan keterampilan akademik dan juga bahasa Inggris dalam persiapan untuk studi yang lebih tinggi.

Mendaftar universitas seringkali terasa seperti perjalanan yang panjang dan memusingkan, namun ingat apa yang akan Anda dapatkan! Belajar di universitas di luar negeri akan mengajarkan Anda banyak hal – baik akademik maupun non-akademik – yang akan membentuk jalan Anda untuk seumur hidup.

Langkah Selanjutnya: Ingin belajar di luar negeri dan meningkatkan kemampuan bahasa Inggris Anda?Learn More
Dapatkan berita perjalanan, bahasa, dan budaya terbaru di buletin GODaftarkan saya

Cari tahu tingkat bahasa inggris kamu dalam hitungan menit

Selengkapnya