GO Blog | EF Blog Indonesia
Berita terbaru tentang perjalanan, bahasa dan budaya oleh EF Education First
Menu

2 – Pertanyaan yang dimiliki hampir setiap siswa yang belajar di luar negeri untuk pertama kalinya

2 – Pertanyaan yang dimiliki hampir setiap siswa yang belajar di luar negeri untuk pertama kalinya

Hore, Anda tiba di tujuan Anda! Kami harap semuanya berjalan dengan lancar dan rumah baru Anda yang jauh dari rumah sama mengagumkannya dengan yang Anda bayangkan. Namun, mungkin masih ada beberapa pertanyaan yang belum terjawab, seperti: Bagaimana saya pergi ke sekolah pada hari pertama? Apa yang harus saya lakukan ketika saya mengalami jetlag? Dan bisakah orang tua saya datang untuk berkunjung? Untuk memastikan Anda bisa fokus pada hal-hal yang seru dari perjalanan ini – seperti memperluas kosakata, bersenang-senang dengan teman, dan menggunakan hashtag #EFMoment – kami mengumpulkan beberapa pertanyaan yang dimiliki banyak siswa ketika mereka berada di luar negeri. Lalu, kami bertanya pada para ahli studi di luar negeri untuk menjawab semua jawaban dan menyusun daftar tanya jawab yang akan bermanfaat untuk Anda. Nikmati bagian 2 dan pelajari semua cara memaksimalkan perjalanan Anda di luar negeri:

1. BAGAIMANA SAYA PERGI KE SEKOLAH PADA HARI PERTAMA?

Salah satu hal pertama yang harus Anda tanyakan pada orang tua homestay, teman sekamar, atau staf kediaman Anda. Mereka bisa memberitahu Anda perlu naik bus atau kereta mana, turun di mana, dan cara menuju ke gedung. Jika Anda tidak bisa langsung mendapatkan kartu SIM dan tidak yakin kapan Anda bisa mendapat Wi-Fi, Anda bisa menyimpan print screen atau mencetak peta tersebut. Untuk hari pertama sekolah, kami menyarankan Anda untuk berangkat lebih awal – semua hal baru bagi Anda dan mungkin membutuhkan waktu leebih banyak. Jika Anda punya kesempatan, mengapa tidak mencoba pergi sebelum hari pertama sekolah? Anda bisa mengecek rute dan mempraktikkan commuting.

2. APA YANG AKAN TERJADI JIKA SAYA TIDAK TAHU APA-APA?

Tergantung tingkat bahasa awal Anda, mungkin perlu beberapa waktu untuk terbiasa dengan tidak mendengar apapun sepanjang hari kecuali bahasa asing – tetapi itulah yang akan membantu Anda dalam belajar. Memiliki kamus praktis dapat membantu di awal. Keluarga host dan staf di sekolah terbiasa dikelilingi oleh orang-orang dengan segala tingkat bahasa, jadi mereka akan mampu berbicara lebih lambat dan menggunakan kosakata dasar jika diperlukan.

3. BAGAIMANA SAYA MENDAPATKAN KONEKSI INTERNET?

Semua sekolah memiliki Wi-Fi gratis, dan Anda akan mendapatkan informasi login pada hari pertama Anda masuk. Di luar sekolah, di akomodasi Anda, Anda perlu memastikan dengan keluarga homestay atau staf kediaman untuk mendapatkan jaringan Wi-Fi dan kata sandinya. Beberapa keluarga homestay membebankan biaya untuk internet, jadi pastikan hal ini sebelumnya. Di banyak destinasi, akan ada kedai kopi atau ruang publik lainnya dengan Wi-Fi gratis. Tanyakan pada anggota staf atau sesama siswa tentang cara terhubung.

4. BAGAIMANA SAY TETAP TERHUBUNG DENGAN KELUARGA SAYA DI RUMAH?

Sebagian besar aplikasi dan layanan yang Anda gunakan di ponsel Anda – WhatsApp, Snapchat, Skype, email, layanan messenger, dan lainnya – dapat digunakan hanya dengan Wi-Fi, yang berarti Anda dapat menggunakannya di sekolah atau tempat lainnya yang menawarkan Wi-Fi gratis. Pastikan untuk mengecek provider Anda, apakah mereka punya penawaran untuk Anda menggunakan ponsel Anda di luar negeri tanpa tagihan yang terlalu banyak – jika tidak, tagihan dapat dengan cepat melonjak. Disarankan untuk mengatur ponsel Anda dalam mode pesawat jika Anda hanya menggunakan Wi-Fi sehingga Anda tidak akan ditagih jika ponsel Anda mencoba untuk mencari sinyal di luar negeri. Pertimbangkan untuk membeli ponsel atau kartu SIM di destinasi Anda – Anda bisa membeli kartu prabayar dan mengontrol pengeluaran Anda. Ingat bahwa Anda juga dapat menggunakan komputer Anda untuk mengirim email, Skype, atau mengobrol.

5. BAGAIMANA JIKA SAYA TIDAK MENYUKAI MAKANANNYA?

Kami paham mungkin sedikit aneh untuk makan hidangan yang berbeda dengan yang biasa Anda konsumsi, tetapi ini merupakan bagian dari pengalaman. Siapa tahu, mungkin Anda akan menemukan menu lokal yang luar biasa hingga Anda tidak bisa hidup tanpanya? Tip kami adalah untuk mencoba segalanya sebelum mengatakan Anda tidak menyukainya. Keluarga host biasanya berpengalaman dalam mengakomodasi selera yang berbeda sambil memastikan siswa merasakan menu-menu lokal. Kafetaria selalu memiliki beragam menu, namun kami menyarankan untuk mencoba sebanyak mungkin menu lokal. Menikmati hidangan dengan teman adalah salah satu cara terbaik untuk menngeksplorasi budaya baru. Jika Anda memiliki alergi, pastikan untuk bertanya tentang bahan dan tanyakan pada pengajar agar mereka dapat mengajari Anda kata-kata yang Anda butuhkan untuk pengalaman kuliner yang aman.

6. BAGAIMANA SAYA MENDAPATKAN TEMAN-TEMAN BARU?

Hal yang baik dari belajar di luar negeri adalah hampir semua orang di sekolah juga mengalami hal yang sama: Semua orang datang di negara baru di mana mereka tidak mengenal siapa pun, jadi teman-teman siswa Anda juga mungkin merasa sedikit guguk dalam mencari teman. Namun mendapatkan teman baru sebenarnya lebih mudah dari yang Anda kira – Anda hanya perlu mulai berbicara dengan orang lain, bergabung dengan mereka dalam kegiatan, dan jadi diri Anda sendiri yang keren, lucu dan berpikiran terbuka. Jika Anda masih ragu: Teman sekelas Anda merupakan awal yang baik untuk persahabatan baru – karena Anda menghabiskan beberapa jam bersama mereka, dan PR merupakan pengalaman ‘bonding’ yang baik. (Dan akan jauh lebih seru jika Anda tidak perlu mengerjakannya sendirian.)

7. APA YANG HARUS SAYA LAKUKAN KETIKA SAYA MENGALAMI JET LAG?

Coba tebak, kami punya postingan blog yang bisa Anda baca ketika jet lag membuat Anda terjaga di malam hari. Cobalah untuk masuk ke dalam ritme baru Anda sesegera mungkin – jika Anda tiba tiba pada siang hari, cobalah untuk tidak langsung tidur tetapi berjalan-jalan dahulu. Matahari dan udara segar akan membantu tubuh Anda menyesuaikan diri. Banyak minum air dan jangan makan terlalu banyak. Dan jangan terlalu stress karena jet lag – dikatakan butuh sekitar satu hari per satu jam perbedaan waktu untuk dapat menyesuaikan dengan zona waktu yang baru.

8. BAGAIMANA JIKA DOKUMEN PERJALANAN SAYA HILANG?

Sebelum Anda berangkat, pastikan untuk memiliki salinan elektronik dari semua dokumen penting Anda – Anda dapat memindai atau mengambil gambar dengan ponsel Anda, lalu mengirimnya ke alamat email Anda sendiri maupun seseorang yang tinggal serumah dengan Anda. Dengan begitu, mereka dapat membantu Anda jika And atidak dapat mengakses dokumen Anda. Jika Anda kehilangan paspor Anda, hubungi kedutaan atau konsulat di destinasi Anda sehingga mereka dapat membantu Anda mendapatkan paspor baru ataupun dalam masalah visa lainnya. Jika Anda kehilangan tiket pesawat Anda (yang biasanya dalam bentuk digital), hubungi kantor penjualan ataupun maskapai penerbangan.

9. BAGAIMANA JIKA SAYA MERASA HOMESICK?

Merasa homesick merupakan hal yang wajar. Terkadang, kita hanya ingin tidur di ranjang kita sendiri dan makan hidangan yang selalu kita nikmati. Hal ini biasanya mengurangi sedikit kerinduan Anda – membeli sekotak es krim dan menonton film favorit Anda bersama teman-teman melalui Skype, misalnya. Namun, Anda juga perlu mengalihkan perhatian Anda: Tetap sibuk membantu mengurangi homesick, jadi pastikan untuk aktif mengikuti kegiatan dan jelajahi kota baru Anda dengan teman-teman baru.

10. BISAKAH TEMAN DAN KELUARGA SAYA DATANG BERKUNJUNG?

Ya, keluarga dan teman-teman Anda dapat datang dan mengunjungi Anda di luar negeri. Mereka mungkin tidak bisa tinggal di rumah keluarga homestay atau kediaman Anda, namun ada banyak pilihan akomodasi di destinasi Anda.

11. BAGAIMANA JIKA SAYA TERLALU SUKA TINGGAL DI LUAR NEGERI DAN TIDAK INGIN KEMBALI KE RUMAH?

Anda bisa menambahkan beberapa minggu untuk perjalanan studi di luar negeri. Atau kembali ke destinasi impian Anda sesegera mungkin.

Jelajahi dunia sambil belajar bahasa di luar negeriPelajari lebih lanjut
Dapatkan berita perjalanan, bahasa, dan budaya terbaru di buletin GODaftarkan saya

Cari tahu tingkat bahasa inggris kamu dalam hitungan menit

Selengkapnya