Berita terbaru tentang perjalanan, bahasa dan budaya oleh EF Education First
Menu

11 singkatan WhatsApp yang perlu Anda ketahui hari ini

11

Menurut Bob Dylan, waktu itu berubah. Sudah lewat hari-hari dengan surat yang ditulis dengan hati-hati, terdiri dari kata-kata puitis untuk orang yang dicintai, dan sebagai gantinya muncul singkatan dengan tiga huruf yang sembarang dikirimkan lewat WhatsApp dengan sebelah mata menatap ke arah TV.

Terlepas dari semua sinisme, teks informal dan singkatan membuat percakapan dengan teman dan keluarga Anda lebih mudah dan jauh lebih cepat, jadi disarankan untuk mengetahui singkatan-singkatan ini – Anda tidak perlu lagi mengunjungi Urban Dictionary tanpa henti dan juga menghindari kesalahpahaman yang canggung.

Berikut merupakan daftar 11 singkatan WhatsApp yang perlu Anda ketahui, asap (tidak yakin apa artinya? Jangan khawatir, kami menjelaskan semuanya di sini).

1. Tbh

Arti: To be honest (sebenarnya/sejujurnya)

Singkatan ini dapat digunakan untuk menemani bom kejujuran serius atau hanya untuk mengekspresikan opini Anda mengenai hal tertentu.

Frank: Are we still on for this evening? (Apakah kita jadi pergi sore ini?)

Jake: I’d rather stay in tonight, tbh. I’m re-watching Breaking Bad. (Saya sebenarnya ingin tetap di rumah. Saya sedang menonton kembali Breaking Bad.)

2. Caj

Arti: Casual (kasual, bukan hal baru)

Biasanya digunakan dengan nada ironis dan memutar mata, bergantung pada siapa Anda menggunakannya. Ada banyak ketidaksepakatan mengenai ejaan yang benar, dengan variasi fonetik “caʒ” namun menjadi “caj” untuk kemudahan pengetikan. Juga dapat digunakan dengan nada sarkastik ketika sesuatu yang tidak kasual terjadi.

Jake: Mark’s flying first class to Japan with Rihanna this weekend. (Mark ikut penerbangan kelas satu ke Jepang bersama Rihanna akhir pekan ini.)

Frank: Oh sure, caj. (Oh, tentu saja, bukan hal baru.)

3. Ikr

Arti: I know, right? (Saya tahu, bukan?)

Ketika Anda dengan sepenuh hati setuju dengan apa yang lawan bicara Anda katakan, Anda dapat menggunakan singkatan ini.

Jake: Omg, this lecture is moving at a glacial pace. (Ya ampun, kelas ini lama sekali.)

Frank: Ugh, ikr! (Ugh, saya tahu, bukan?)

4. Omw

Arti: On my way (Sedang dalam perjalanan)

Ketika Anda berlari ke luar rumah atau berlari kecil menuju halte bus namun perlu memberitahu teman Anda bahwa Anda akan tiba di sana sebentar lagi, mengetik “omw” dapat menghemat tiap detik Anda yang berharga. Juga dapat digunakan untuk menenangkan orang yang akan Anda temui bahwa Anda benar-benar telah meninggalkan rumah dan bukannya masih bersantai di sofa Anda (walaupun kemungkinan besar Anda masih melakukannya).

Frank: We all got to the restaurant half an hour ago, Jake – you better be around the corner. (Kami telah tiba di restoran setengah jam yang lalu, Jake – sebaiknya kamu telah sampai di tikungan.)

Jake: Omw! (Dalam perjalanan!)

Frank: You’re still in your pajamas, aren’t you? (Kamu masih mengenakan piyama, kan?)

Jake: …no (…tidak)

5. Ofc

Arti: Of course (Tentu saja)

Salah satu penghemat waktu untuk memberitahu teman Anda bahwa Anda setuju dengan mereka.

Frank: Did you take a three hour nap and do zero work again? (Apakah kamu tidur siang selama tiga jam dan tidak melakukan pekerjaan apa-apa?)

Jake: Ofc (Tentu saja)

6. Idc

Artinya: I don’t care (Saya tidak peduli)

Yang satu ini cukup simpel dan jika Anda ingin seseorang tahu seberapa sedikit Anda peduli, menyingkat frase menjadi tiga huruf benar-benar memperjelasnya.

Frank: Mate, I think you might be wearing your trousers backwards… (Sepertinya celana panjang yang kamu kenakan terbalik…)

Jake: Meh, idc (Meh, saya tidak peduli)

7. Irl

Arti: In real life (di kehidupan nyata)

Kita semua tahu media sosial tidak selalu sesuai dengan kehidupan nyata, jadi Anda mungkin mendengar bagaimana seseorang atau seseorang mungkin sedikit berbeda “irl”. Satu frase yang perlu untuk diketahui jika Anda aktif di media sosial.

Frank: I’m obsessed with the dogs I follow on Insta (Saya terobsesi dengan anjing-anjing yang saya follow di Insta)

Jake: Same, I bet they’re even cuter irl (Sama, mereka pasti lebih manis lagi di kehidupan nyata)

8. Tbf

Arti: To be fair (agar adil)

Sering digunakan dalam mengutarakan argumen balasan dengan rasional. Merupakan istilah yang banyak digunakan dalam percakapan teks.

Jake: I can’t believe Jerry left his shift an hour early. (Saya tidak percaya Jerry meninggalkan shift-nya satu jam lebih awal.)

Frank: Tbf, he worked like 14 hours overtime last weekend. (Agar adil, dia bekerja lembur sekitar 14 jam akhir minggu lalu.)

9. Obvs

Meaning: Obviously (Jelas)

Ini merupakan bukti lain kalau rata-rata pengirim pesan memiliki hippopotomonstrosesquippedaliophobia (rasa takut terhadap kata yang panjang) – bahkan “obviously” ikut disingkat. “Obvs” cukup untuk mewakilkan perasaan Anda.

Frank: We’re all getting pizza later, you in? (Kami akan makan pizza nanti, kau ikut?)

Jake: Obvs (Jelas)

10. V

Artis: Very (Sangat)

Mengapa menekankan poin Anda dengan mengetik serangkaian kata “very, very, very”, ketika Anda bisa melakukannya dengan “vvv”? Anda bisa menunjukkan level dengan menggunakan lebih banyak atau lebih sedikit “v” – kebahagiaan zaman modern.

Frank: Are we still going for dinner later? (Apakah kita jadi makan malam nanti?)

Jake: Ya, Mark’s bringing Rihanna, I’m v excited. (Ya, Mark akan mengajak Rihanna, saya sangat bersemangat.)

11. Atm

Arti: At the moment (Saat ini)

Walaupun kombinasi huruf ini secara tradisional lebih dikenal dengan Automated Teller Machine (misalnya mesin uang tunai), jika Anda menemukannya pada percakapan teks, kemungkinan itu berarti “at the moment”.

Frank: I’ve zipped my shirt into my jacket and now I’m stuck, help (Saya memasukkan kaus saya ke dalam jaket saya, dan sekarang saya terjebak, tolong)

Jake: Watching Breaking Bad atm, will free you later. (Sedang menonton Breaking Bad saat ini, akan membebaskanmu nanti.)

Belajar bahasa Inggris di luar negeri bersama kamiFind out more

Cari tahu tingkat bahasa inggris kamu dalam hitungan menit

Selengkapnya