GO Blog | EF Blog Indonesia
Berita terbaru tentang perjalanan, bahasa dan budaya oleh EF Education First
Menu

1 – Pertanyaan yang dimiliki hampir setiap siswa yang belajar di luar negeri untuk pertama kalinya

1 – Pertanyaan yang dimiliki hampir setiap siswa yang belajar di luar negeri untuk pertama kalinya

Bersiap untuk belajar di luar negeri untuk pertama kalinya itu menyenangkan, tetapi Anda mungkin memiliki satu atau tiga pertanyaan: Apa yang harus saya kemas dan berapa banyak? Apakah saya memerlukan kartu kredit? Dan mengapa lama penerbangan punya durasi yang berbeda? Untuk memastikan Anda dapat berfokus pada semua keseruan dari persiapan – seperti menari bahagia dan memberitahu semua orang mengenai waktu Anda di luar negeri nanti – kami telah mengumpulkan pertanyaan yang banyak dimiliki siswa sebelum mereka memulai petualangan mereka. Kami juga telah bertanya pada para ahli studi di luar negeri untuk semua jawaban dan menyusun daftar tanya jawab yang akan bermanfaat untuk Anda. Nikmati bagian pertama dan pelajari tentang bagaimana cara mempersiapkan perjalanan besar:

  1. SAYA TIDAK PERNAH BEPERGIAN SENDIRIAN – APAKAH ADA TIPS?

Bepergian sendirian untuk pertama kalinya mungkin sedikit mengintimidasi, tetapi ada beberapa trik: Tiba ke bandara lebih awal sehingga Anda punya cukup waktu untuk tiba ke gerbang tanpa harus terburu-buru. Akan membantu jika Anda mengatur transfer bandara sebelumnya – dengan begitu Anda tidak perlu khawatir tentang bagaimana menemukan keluarga host atau tempat tinggal Anda setelah penerbangan (lama) Anda. Jika Anda memesan layanan transfer, akan ada seseorang yang menanti Anda di bandara, tepat setelah Anda melewati bagian imigrasi dan mengambil koper Anda. Mereka akan membawa papan bertuliskan nama Anda jadi seharusnya cukup mudah untuk menemukan mereka – dan mereka tidak akan kembali tanpa Anda. (Jika Anda tidak bisa segera menemukan mereka, Anda bisa mengecek dokumen perjalanan Anda untuk mendapatkan nomor telepon mereka.)

  1. HARUSKAH SAYA MENGHUBUNGI KELUARGA HOMESTAY SAYA TERLEBIH DAHULU?

Ya! Bagaimanapun, Anda akan menjadi bagian dari keluarga mereka, jadi mereka mungkin akan sama ingin tahunya seperti Anda. Anda dapat mengirimkan mereka email, memperkenalkan diri Anda, mengajukan satu atau dua pertanyaan, dan beritahu mereka betapa senangnya Anda akan belajar di luar negeri. Jangan menyerang mereka dengan banyak email atau panggilan telepon, namun menyapa mereka selalu merupakan ide yang bagus.

  1. APA YANG SEBAIKNYA SAYA KEMAS?

Hal ini tergantung pada di mana dan berapa lama Anda pergi – pastikan Anda mencari di Google mengenai rata-rata suhu di sana selama Anda tinggal. Anda dapat mencuci pakaian di destinasi Anda, jadi tidak perlu membawa terlalu banyak pakaian. Ditambah lagi, Anda juga mungkin akan berbelanja di sana, jadi pastikan Anda memperhitungkannya (dan kosongkan sedikit ruang di koper Anda). Setelah Anda mengetahui cuaca, kemas pakaian yang dapat digunakan berlapis. Pastikan Anda membawa sneakers, karena mungkin akan ada kegiatan dan wisata yang paling nyaman dilakukan dengan sepatu yang memudahkan Anda bergerak. Jangan lupa untuk membawa charger dan adapter! Jika Anda lupa sesuatu: Selama bukan sweater favorit Anda, Anda bisa membeli apa saja di destinasi Anda. (Bahkan sweater favorit yang baru.) Perlengkapan mandi juga bisa dibeli di sana, jadi kami menyarankan sampo atau sabun kecil untuk beberapa hari pertama. Dan ya, tentu saja tidak masalah untuk mengemas sesuatu yang mengingatkan Anda pada rumah, bahkan jika itu dalam bentuk boneka binatang.

  1. JENIS KOPER APA YANG SEBAIKNYA SAYA BAWA?

Koper dengan roda mudah dibawa ke mana-mana.Jika Anda akan sering bepergian di destinasi Anda, tas ransel besar mungkin merupakan ide yang bagus. Jangan lupa untuk konfirmasi ke pihak maskapai penerbangan mengenai batas berat dan ukuran untuk bagasi check-in dan carry-on. Kami menyarankan Anda memasukkan semua barang yang harus selalu Anda bawa, barang-barang berharga (laptop, kamera, charger), dan pakaian ganti (seandainya koper Anda tidak tiba bersamaan dengan Anda) di tas carry-on Anda. Jika Anda berencana untuk melakukan perjalanan akhir pekan (dan kami harap begitu), pastikan Anda punya tas lebih kecil yang dapat Anda gunakan.

  1. APAKAH SAYA PERLU MEMBAWA HADIAH UNTUK KELUARGA HOST ATAU TEMAN SEKAMAR?

Semua orang menyukai hadiah, tidak terkecuali keluarga host atau teman sekamar. Sebuah oleh-oleh kecil dari negara atau kota asal merupakan pembuka percakapan yang baik dan menunjukkan ke mereka bahwa Anda adalah orang yang keren.

  1. BAGAIMANA SAYA SEHARUSNYA MELAKUKAN PERSIAPAN UNTUK PERJALANAN SAYA?

Selain berkemas, membeli hadiah untuk keluarga homestay atau teman sekamar, dan tiba di bandara tepat waktu, Anda harus mulai mencari tahu tentang sekolah Anda dan terhubung dengan teman-teman siswa lainnya. Anda juga sebaiknya mengambil tes bahasa online untuk membantu menemukan level yang sempurna bagi Anda. Kami tidak ingin membunyikan klakson kami sendiri, tetapi blog kami meiliki beberapa artikel yang bermanfaat mengenai semua destinasi, jadi ini mungkin bisa menjadi cara seru lain untuk melakukan persiapan. Jika Anda ingin melangkah lebih jauh lagi, google destinasi Anda dan bersiaplah untuk semua hal yang dapat Anda lakukan di sana.

  1. MENGAPA LAMA PENERBANGAN SAYA BERBEDA?

Kami tidak akan membahas terlalu banyak mengenai Bumi yang berbentu bola, aerodinamis, dan zona waktu (yang akan berujung pada jet lag dan jet stream). Jadi, jika Anda terbang dari Wina ke London, salah satunya akan lebih pendek dari yang lainnya karena salah satu harus melawan  angin dari arah depan (dibandingkan angin dari arah belakang). Lalu, ada juga zona waktu: Jika Anda meninggalkan Wina pada pukul 1 siang dan penerbangan Anda ke London adalah 2 jam, Anda tidak tiba di London pada pukul 3 sore, namun 2 sore – karena London memiliki zona waktu yang berbeda (satu jam di belakang Wina), secara teknis Anda berangkat pada pukul 12 siang waktu London, dan tiba dua jam kemudian. Jika Anda pergi pada pukul 1 siang untuk penerbangan Anda kembali, penerbangan ke Wina selama dua jam berarti Anda tiba pukul 4 sore waktu Wina karena Anda perlu menambahkan zona waktu tambahan. Singkat cerita: Tidak masalah jika penerbangan Anda memiliki durasi berbeda.

  1. APAKAH SAYA MEMILIKI KARTU KREDIT?

Ya, kami menyarankan Anda untuk memiliki kartu kredit, terutama jika Anda pergi ke Amerika Serikat. Jika Anda atau orang tua Anda khawatir akan menghabiskan terlalu banyak uang, hubungi pihak bank mengenai limit kartu. Salah satu cara lainnya untuk memastikan pengeluaran tidak lepas kendali adalah dengan menggunakan kartu kredit prabayar: Anda atau orang tua Anda mengisi sejumlah uang pada kartu, dan hanya nominal tersebut yang dapat Anda belanjakan (hingga kartu diisi ulang). Yang terbaik adalah mengubungi bank mengenai cara menangani pengeluaran di luar negeri.

  1. KAPAN SAYA PERLU TIBA DI BANDARA?

Penerbangan berbeda dengan kereta, Anda tidak bisa baru muncul lima menit sebelumnya. Waktu kedatangan Anda tergantung tujuan Anda terbang, dan yang terbaik Anda memastikannya dengan maskapai penerbangan. Sebagai aturan umum: Untuk penerbangan antar benua, biasanya Anda perlu berada di bandara sekitar dua jam sebelum penerbangan; jika Anda terbang di atas lautan atau benua lain, sekitar dua hingga tiga jam sebelumnya. Lebih baik berada di bandara terlalu awal untuk pemeriksaan semua barang bawaan Anda, melewati keamanan, dan tiba di gerbang dengan senyuman (dan berkeringan dan tidak kehabisan napas).

  1. BERAPA BANYAK UANG YANG SEBAIKNYA SAYA BAWA?

Hal ini tergantung ke mana Anda akan pergi, berapa lama Anda akan tinggal, dan seberapa suka Anda berbelanja. Kami menyarankan untuk hanya membawa uang tunai untuk minggu pertama dan setelahnya menggunakan kartu kredit atau kartu tunai perjalanan. Terkadang, Anda juga bisa membeli voucher untuk kegiatan atau acara sebelum Anda berangkat – dengan begitu, Anda akan siap untuk bersenang-senang dengan teman-teman siswa tanpa terlalu mengkhawatirkan uang.

  1. APAKAH SAYA MEMERLUKAN ASURANSI KHUSUS UNTUK PERJALANAN STUDI KE LUAR NEGERI?

Kami menyarankan Anda mendapatkan asuransi perjalanan yang juga mencakup kewajiban dan hukum. Anda bisa mendapatkannya sendiri, agen asuransi, atau bertanya pada ahli studi di luar negeri jika mereka menyediakan asuransi untuk perjalanan Anda.

  1. APA YANG HARUS SAYA LAKUKAN JIKA KARTU TANDA PENGENAL SAYA TELAH KADALUWARSA?

Jika KTP atau paspor Anda kadaluwarsa, Anda perlu mendapatkan yang baru secepatnya. Jika Anda mengajukan permohonan visa, pastikan untuk mengecek tanggal kadaluwarsa di paspor, karena ini akan mempengaruhi visa yang akan dikeluarkan. (Ditambah lagi, visa akan terikat dengan paspor Anda, jadi jika Anda mendapatkan paspor yang baru, visa Anda tidak akan cocok.) Harap diperhatikan bahwa banyak negara memerlukan paspor yang valid hingga beberapa bulan setelah penerbangan kembali.

  1. BISAKAH SAYA MEMBAWA HEWAN PELIHARAAN SAYA?

Kecuali service animal, Anda tidak bisa membawa hewan peliharraan Anda. Kami akan dengan senang hati mengajarkan bahasa lain pada hewan peliharaan Anda – dan OMG, bayangkan semua #EFMoment keren ini! – namun akomodasi dan pabean akan sangat merepotkan.

Pilih jawaban yang baik untuk andaPelajari lebih lanjut
Dapatkan berita perjalanan, bahasa, dan budaya terbaru di buletin GODaftarkan saya

Belajar salah satu dari 10 bahasa di 50 puluh pilihan kota terbaik

Selengkapnya