Berita terbaru tentang perjalanan, bahasa dan budaya oleh EF Education First
Menu

Pentingnya Jaringan Internasional

Pentingnya

Secara tradisional, ‘jaringan’ mengacu pada basis kontak dalam dunia profesional, namun akhir-akhir ini jaringan berkembang ke ranah kenalan umum, bahkan teman. Memperluas jaringan Anda bisa sesederhana berbicara dengan semua orang yang bekerja dengan Anda, membangun relasi dengan teman kursus jika Anda sedang belajar, dan tetap berhubungan dengan sahabat Anda seiring bertambahnya usia.

Jaringan Anda mendapat elemen internasional ketika Anda terhubung dengan orang-orang di luar negeri atau ketika koneksi Anda berpindah dari ke kota atau negara lain. Mengembangkan jaringan internasional yang beragam dapat menghabiskan waktu dan usaha yang lebih banyak, namun percayalah, mengenal orang-orang dari budaya lain dan mempertahankan kontak di seluruh dunia akan membantu Anda ke depannya. Daftar alasan mengapa Anda harus melakukannya sangatlah panjang, jadi bersiaplah.

Untuk alasan bepergian yang lebih banyak

Belajar di luar negeri adalah salah satu cara termudah untuk memperluas jaringan internasional; bukan hanya memiliki teman sekelas yang berasal dari berbagai negara ada bersama Anda, Anda juga akan pergi ke tempat yang berbeda setelah pelajaran Anda berakhir. Teman baru Anda mungkin saja dipindahkan ke salah satu dari keempat sudut dunia. Alasan apa yang lebih baik untuk bepergian selain untuk bertemu dengan teman di luar negeri? Dengan adanya jaringan internasional, akan ada orang-orang yang menemani Anda saat bepergian, pemandu wisata yang paham titik-titik rahasia di kota mereka, dan orang-orang yang akan datang berkunjung ke negara asal Anda.

Untuk kesempatan belajar yang tidak ada habisnya

Salah satu cara terbaik untuk terhubung adalah dengan berbagi pengalaman. Saran umum untuk membuat hubungan yang dekat adalah dengan melakukan lebih dari sekedar bertukar kartu nama. Cobalah mengikuti kelas memasak, hiking, atau belajar bahasa bersama. Dan pembelajaran tentunya tidak harus berhenti ketika Anda telah terkoneksi; dengan teman dari jaringan internasional, Anda dapat selalu berinteraksi dengan – dan belajar dari – budaya yang berbeda. Dapatkan keahlian kuliner baru dengan memasak masakan favorit mereka dari rumah, pastikan kemampuan berbahasa Anda tetap tajam dengan mengobrol secara teratur dan biarkan mata Anda terbuka untuk pandangan yang berbeda tentang kehidupan.

Untuk dukungan internasional

Jika Anda akan pindah ke kota yang baru, bahagiakah Anda ketika tahu setidaknya ada satu orang berwajah ramah yang akan menyapa Anda ketika Anda datang? Teman pertukaran Anda yang lama mungkin saja menjadi orang tersebut. Berpikir mengenai pergantian karir atau magang di luar negeri? Teman sekelas Anda ketika belajar di luar negeri beberapa tahun yang lalu mungkin saja memberikan saran tak ternilai mengenai industri, atasan, dan bahkan kota tempat mereka tinggal. Jaringan dukungan Anda dapat meluas di setiap bidang kehidupanmu dan bahkan hingga ke beberapa benua.

Untuk peluang bisnis masa depan

Bertemu orang-orang baru, pastikan Anda berpakaian dengan pantas, dan berusahalah untuk tidak membodohi diri sendiri. Jaringan bisnis sangatlah menakutkan. Tetapi hal itu tidak harus terjadi. Tidak semua jaringan berlangsung di ruang konferensi tertutup, di mana kartu nama diperdagangkan dan percakapan dipaksakan. Seringkali, teman sekelas atau kolega lama Anda juga mengambil karir yang Anda anggap menarik, atau memiliki koneksi yang sama dengan Anda di jaringan mereka sendiri.

Anda tidak pernah tahu jika seseorang yang sedang Anda ajak bicara mungkin mengetahui kesempatan yang tidak akan pernah Anda temukan secara online atau mengenalkan Anda pada orang lain yang memiliki posisi untuk menawarkan kesempatan – atau bahkan sebuah pekerjaan. Jika Anda tidak yakin arah mana yang harus diambil, berhubungan kembali dengan koneksi lama Anda dapat menginspirasi Anda untuk mengejar karir yang serupa. Jangan lupa, suatu saat nanti Anda juga mungkin memiliki posisi untuk membantu seseorang di jaringan Anda.

Apa lagi yang Anda tunggu? Berbaurlah dan jaga hubungan!

Perluas jaringan internasional Anda?Sukses bersama EF

Cari tahu tingkat bahasa inggris kamu dalam hitungan menit

Selengkapnya