GO Blog | EF Blog Indonesia
Berita terbaru tentang perjalanan, bahasa dan budaya oleh EF Education First
Menu

Mengapa berinvestasi dalam keterampilan berbahasa merupakan hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk karir Anda

Mengapa berinvestasi dalam keterampilan berbahasa merupakan hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk karir Anda

Bukanlah rahasia lagi bahwa fasih menggunakan bahasa kedua dapat membantu Anda maju dalam karir. Berusaha untuk mempelajari bahasa Inggris – global lingua franca – atau bahkan bahasa lainnya, dapat menjadi batu lompatan yang Anda butuhkan dari junior hingga manajemen, atau bahkan tingkat eksekutif.

Dapat membuka pintu – untuk individu dan untuk negeri

Salah satu kunci utama menjadi bilingual atau multilingual yang dapat memperbaiki karir Anda adalah dengan meningkatkan kesempatan Anda melakukan bisnis atau menemukan pekerjaan secara internasional.

Keterampilan berbahasa benar-benar dapat membuka pintu untuk peluang-peluang baru. Lancar berbicara dengan lebih banyak bahasa dapat membantu Anda memahami pasar global dengan lebih baik, begitu juga dengan memahami keinginan dan kebutuhan pelanggan, pemasok dan mitra internasional. Mampu berkomunikasi secara langsung mencegah kesalahpahaman yang berdampak melonjaknya biaya dan meningkatkan akurasi; juga menghemat biaya terjemahan.

Pada level nasional, penelitian telah menunjukkan bahwa negara dengan proporsi tenaga kerja dengan kefasihan bahasa kedua yang lebih tinggi memiliki proporsi Produk Domestik Bruto (PDB) yang lebih tinggi dari perdagangan internasional. Hal ini juga berlaku di Swiss: sebagai hasil dari multibahasa yang alami di negara tersebut – bahasa Jerman, Prancis dan Italia merupakan bahasa resmi dan digunakan secara umum – diperkirakan bahwa multibahasa mengambil bagian hingga 10% dari PDB negara.

Negara-negara dengan satu bahasa yang tidak mendorong pembelajaran bahasa pada usia muda – Inggris, sebagai contoh – dapat kehilangan peluang internasional dan potensi penghasilan, meskipun mempunyai keuntungan memiliki bahasa Inggris sebagai bahasa pertama. Satu studi di Inggris menunjukkan bahwa kurangnya kemampuan berbahasa asing di Inggris menghabiskan anggaran ekonomi hingga £48 milyar ($80 milyar) per tahun.

Meningkatkan potensi penghasilan Anda

Para pebisnis melihat korelasi antara karyawan bilingual atau multilingual dengan pertumbuhan di pasar internasional, sehingga mereka bersedia berinvestasi mencari karyawan dengan kemampuan bahasa yang kuat.

Sebuah studi di Amerika Serikat memperkirakan karyawan bilingual mendapatkan penghasilan hingga $3.000 per tahun dibandingkan individu dengan satu bahasa. Studi lainnya di Amerika Serikat menerbitkan temuan bahwa mempelajari bahasa Jerman dapat meningkatkan penghasilan hingga 3.8% di Amerika Serikat, meskipun jarang digunakan, bahasa Jerman merupakan kunci di pasar Eropa.

Dan tidak berhenti di situ Euro London, sebuah agensi rekruitmen di Inggris yang memiliki spesialisasi di bidang bahasa asing, bahkan memperkirakan bahwa menjadi bilingual dapat meningkatkan pendapatan Anda hingga 15%.

Menjadikan Anda komunikator yang lebih efektif

Menjadi bilingual atau multilingual membuat Anda berbeda. Kemampuan berbahasa didambakan oleh para pengusaha yang ingin menbangun bisnis yang kompetitif dan dicari ketika melakukan wawancara untuk langkah selanjutnya dalam karir Anda.

Kefasihan bahasa kedua dapat membantu Anda mendapatkan pekerjaan yang disegani di perusahaan besar dan internasional. Studi Amerika Serikat mengungkapkan bahwa permintaan untuk karyawan bilingual meningkat hingga lebih dari dua kali lipat dalam lima tahun terakhir, dan hampir 40% dari bisnis Amerika Serikat berencana untuk merekrut staf bilingual. Ketika pewawancara dihadapkan pada kandidat dengan kualifikasi yang setara, mereka menunjukkan ketertarikan merekrut kandidat bilingual.

Semuanya bermuara pada komunikasi yang efektif. Kefasihan dalam bahasa kedua membuat jaringan lebih efektif, memungkinkan Anda untuk memanfaatkan peluang sebaik mungkin dan memulai percakapan yang berpotensi memberi keuntungan – baik untuk Anda maupun bisnis Anda.

Dan ini bukan hanya apa yang telah disebutkan di atas mampu berkomunikasi dalam bahasa yang digunakan di tempat Anda tinggal dianggap sebagai respek dan membantu membangun hubungan jangka panjang yang lebih baik.

Terlebih lagi, berbicara dalam lebih dari satu bahasa telah terbukti meningkatkan kemampuan lainnya, seperti keterbukaan, empati dan kreativitas: semuanya penting untuk kesuksesan dan kemajuan karir, apapun tingkatan Anda.

Menjadikan Anda pemimpin yang lebih baik

Keterampilan ini bahkan menjadi lebih penting ketika Anda maju ke tingkat manajemen. Index Kefasihan Bahasa Inggris EF tahunan telah menunjukkan bahwa pekerja dengan kemampuan berbahasa Inggris yang lebih baik lebih sering dipromosikan.

Unsur pemahaman budaya diperlukan ketika menguasai bahasa baru, sehingga manajer yang berbicara lebih dari satu bahasa seringkali lebih mampu bersimpati pada rekan kerja dan berkomunikasi dengan lebih efektif – sebuah kemampuan penting yang dibutuhkan untuk mengelola karyawan dari budaya dan latar belakang yang berbeda.

Sejalan dengan naiknya kita ke tangga eksekutif, pentingnya kemampuan berkomunikasi semakin terlihat jelas. Menariknya, para eksekutif cenderung memiliki kemampuan berbicara dengan bahasa Inggris yang lebih buruk dari karyawan tingkat manajemen; meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris merupakan hal yang sangat penting bagi seseorang yang memimpin tim yang terdiri dari orang-orang yang mungkin berbicara bahasa Inggris dengan lebih baik.

Menjadikan Anda tahan terhadap masa depan

Seperti yang ditunjukkan oleh laporan EPI EF, tingkat kemampuan berbahasa Inggris yang tinggi memiliki korelasi dengan PDB yang lebih tinggi, rata-rata pendapatan yang lebih tinggi dan inovasi pada tingkat nasional. Negara dengan kemampuan bahasa yang kuat – terutama bahasa Inggris – lebih kuat dan terhubung secara global.

Namun hal ini juga berlaku untuk individu tidak hanya pekerjaan internasional di masa depan, namun kemampuan bahasa yang kuat ditambah dengan kemampuan komunikasi yang kuat serta pemahaman tentang bagaimana menjembatani perbedaan budaya, akan menjadi lebih penting di dunia di mana robot dan kecerdasan buatan mengambil alih tugas-tugas hafalan dan apa saja yang tidak memerlukan hubungan manusia, kreativitas dan pemahaman.

Investasikan kemampuan berbahasa Anda dengan EFLearn More
Dapatkan berita perjalanan, bahasa, dan budaya terbaru di buletin GODaftarkan saya

Belajar salah satu dari 12 bahasa di 50 puluh pilihan kota terbaik

Selengkapnya