Berita terbaru tentang perjalanan, bahasa dan budaya oleh EF Education First
Menu

Cara Membangun Kesuksesan Karir untuk Anak Anda

Cara Membangun Kesuksesan Karir untuk Anak Anda

Setiap orang tua pasti mengharapkan anak mereka dapat sukses di dalam kehidupan. Jenis kesuksesan yang mereka inginkan bervariasi, tetapi, selain menjadi baik, produktif, dan terlibat sebagai anggota masyarakat umum, hampir seluruh orang tua memiliki keinginan yang mendalam agar anak mereka memiliki karir yang baik.

Dalam dekade mendatang, sebagian besar industri akan bertransformasi dengan adanya otomisasi dan robotika, menjadikan keterampilan (yang merupakan hal yang membedakan kita dari mesin) amatlah penting. Robot dan algoritma akan mengambil alih sebagian besar tugas menghafal, kemampuan seperti kreativitas, adaptasi, dan kecerdasan emosional akan menjadi kemampuan yang penting untuk bisa sukses.

Namun bagaimana Anda dapat mengembangkan keterampilan ini pada anak Anda? Bagaimana Anda membangun kesuksesan karir untuk mereka?

Tantang mereka (dan diri Anda sendiri)

Orang tua terkadang mengharapkan anak mereka untuk mengikuti jejak karir mereka, namun dunia masa depan akan terlihat berbeda secara drastis, dan para orang tua perlu berpikir di luar kotak dan membayangkan pilihan apa yang akan diberikan kepada anak-anak mereka untuk memberikan masa depan yang terbaik.

Ketika pendidikan formal akan terus menyediakan kerangka kerja intelektual untuk sebagian besar karir, melihat lebih dari itu sama pentingnya. Kemampuan menghafal dan membaca – fokus dari banyak sekolah formal – tidak akan cukup jika akan ada robot dan algoritma yang dapat melakukannya jauh lebih baik daripada manusia. Menurut laporan dari Forum Ekonomi Dunia, Diperkirakan 5 juta pekerjaan akan hilang pada tahun-tahun berikutnya, dan di sebagian besar bidang pekerjaan, kemampuan berpikir kreatif dan terus belajar akan menjadi penting.

Pola pikir yang kreatif dan fleksibel dapat dikembangkan dengan menantang anak Anda untuk memperluas wawasan mereka dan terus mempelajari hal-hal baru. Jika Anda tidak pernah belajar di luar negeri, pertimbangkan untuk berinvestasi pada anak Anda. Jika Anda tidak pernah bekerja atau menjadi sukarelawan di negara yang sama sekali berbeda dengan negara Anda, ambil resiko dan beri saran kepada anak Anda. Hargai karakter dan minat anak Anda, tantang mereka dengan kesempatan yang menurut Anda akan membantu mempersiapkan mereka untuk masa depan dinamis.

Ajari mereka untuk beradaptasi

Pengalaman yang mendorong anak Anda keluar dari zona nyaman mereka akan membuat mereka lebih siap dalam menghadapi masa depan.

Pada tingkat penerapan, dengan menjadi mudah beradaptasi tentunya akan membuat para anak muda mendapatkan karir tanpa batas. Tempat kerja dan tim terbaik di masa yang akan datang akan lebih fleksibel dari yang kita bayangkan hari ini, dan untuk itu kita membutuhkan tenaga kerja yang dipersiapkan dengan baik dan juga dapat beradaptasi dengan baik.

Secara intelektual, mudah beradaptasi menumbuhkan fleksibilitas mental dan rasa percaya diri. Serta, kemauan untuk terus belajar, dan juga perubahan karir jika dibutuhkan. Nyatanya, Jon Williams dari Joint Global Leader, People and Organisation di PwC mendorong orang-orang muda untuk menganggap diri mereka sebagai “sekelompok keterampilan dan kemampuan, bukan sekedar peran atau profesi tertentu.”

Salah satu cara paling efektif untuk mengembangkan kemampuan beradaptasi sebagai keterampilan untuk anak Anda adalah dengan mengirimkan mereka untuk belajar atau bekerja di luar negeri; tinggal di kota yang baru, mendapatkan teman baru, dan mengetahui budaya baru, serta cara baru dalam melakukan segala sesuatu untuk menumbuhkan rasa keterbukaan yang akan membuat mereka hidup dengan lebih baik.

Bantu mereka untuk terhubung

Kemampuan untuk terhubung di semua jenis hambatan telah memisahkan para pemimpin, ilmuwan, pebisnis dan seniman yang paling sukses. Masalah global membutuhkan solusi global dan para pemimpin di masa depan harus lebih cerdas secara emosional, sosial dan kultural.

David Deming, associate professor pendidikan dan ekonomi di Universitas Hardvard, menunjukkan alasan lain mengapa soft skills akan menjadi lebih penting di masa depan: Seiring dengan banyaknya pekerjaan yang dilakukan secara otomatis, kemampuan menggabungkan pengetahuan teknis dengan keterampilan sosial akan membantu orang-orang untuk menemukan peluang paling berharga.

Melakukan perjalanan merupakan cara yang baik untuk menumbuhkan rasa kebersamaan dan juga mengembangkan keterampilan sosial, akan tetapi belajar atau bekerja di luar negeri akan menjadikan pilihan yang lebih baik. Pengalaman ini akan memberian anak Anda pemahaman dan pengalaman yang lebih dalam, yang tidak didapatan dengan sekedar melakukan perjalanan wisata. Hal ini juga memberi mereka kesempatan untuk belajar bahasa lokal – cara paling efektif untuk membangun jembatan untuk memahami budaya baru dan juga pola berpikir yang baru.

Nilai bahasa

Penelitian telah menunjukkan bahwa kemampuan untuk berbicara dalam dua bahasa atau lebih membangun fleksibilitas mental, kekuatan dan ketahanan. Dan dengan lebih dari setengah anak-anak yang lahir hari ini diharapkan untuk hidup hingga 100 tahun, suatu strategi yang membuat pikiran kita awet muda menjadi lebih penting dari sebelumnya.

Tetapi, keterampilan berbahasa asing menawarkan lebih dari itu: Kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif dan natural dengan orang-orang dari seluruh belahan dunia. Sebagaimana bahasa de facto dalam bisnis global mengatakan, memastikan anak Anda belajar bahasa Inggris harus menjadi prioritas utama. Bahasa Inggris digunakan di 100 negara oleh sekitar 1,5 milyar orang dan kemungkinan akan tetap menjadi lingua franca dalam beberapa dekade mendatang. Dari ilmu sains dan kedokteran, hingga hukum dan bisnis, kemampuan kuat berbahasa Inggris sangatlah penting untuk mencapai kesuksesan. Dengan memulai lebih awal akan kalah dibandingkan dengan komitmen untuk mempelajarinya secara terus-menerus. Idealnya, untuk belajar lebih dalam dinegara yang menggunakan bahasa Inggris.

Rayakan pencapaian mereka

Orang tua sebaiknya menerima suatu perubahan dan merayakan pertumbuhan; hal tersebut merupakan komponen penting dalam kesuksesan masa depan anak Anda. Memastikan anak Anda belajar dengan baik di sekolah dan masuk ke universitas yang baik merupakan hal yang penting, namun begitu juga dengan hal-hal di luar itu. Melihat dunia yang berubah dengan cepat, di mana kreativitas, kemampuan beradaptasi, kecerdasan emosional dan antar budaya lebih penting lagi.

Belajar bahasa di luar negeri bersama EFRaih sukses bersama EF

Bagikan artikel ini

Artikel terbaru dari Bahasa