Berita terbaru tentang perjalanan, bahasa dan budaya oleh EF Education First
Menu

Keterampilan kunci yang mungkin mencegah Anda mencapai potensi penuh dalam karier Anda – dan bagaimana mengembangkannya dengan cepat

Keterampilan kunci yang mungkin mencegah Anda mencapai potensi penuh dalam karier Anda – dan bagaimana mengembangkannya dengan cepat

Meluangkan waktu untuk berinvestasi pada diri sendiri adalah salah satu hal yang terbaik yang dapat Anda lakukan dalam hidup. Untuk tetap bugar dan sehat, Anda berinvestasi dalam kebugaran Anda dan berolahraga secara rutin. Untuk maju dalam bisnis, sebagian besar profesional senior berinvestasi dalam pelatihan dan konferensi lanjutan. Namun ada cara lain untuk membangun keterampilan kunci yang dibutuhkan untuk maju ke tingkat selanjutnya.

Berbicara lebih dari satu bahasa telah terbukti meningkatkan penghasilan, memperluas kesempatan kerja dan meningkatkan kemampuan kepemimpinan, dan sebagai seorang profesional, berinvestasi dalam keterampilan bahasa dapat memberi lebih banyak – meningkatkan kepercayaan diri Anda.

Tingkatkan kepercayaan diri Anda

Dalam lingkungan profesional, pengetahuan terperinci dan pemahaman sektor merupakan hal fundamental, tetapi terbatas jika Anda tidak percaya diri. Memiliki kepercayaan diri dan mampu berkomunikasi secara efektif dengan rekan kerja, manajemen senior dan pemangku kepentingan utama penting jika Anda ingin membuat kemajuan dan mebuat mereka terkesan.

Mempelajari bahasa yang banyak digunakan, seperti bahasa Inggris, sebagai bahasa kedua berarti Anda dapat terhubung dengan klien dan mitra internasional. Dengan bahasa Inggris sebagai pegangan Anda, ruang lingkup untuk percakapan dan pertumbuhan karier akan langsung melebar; Indeks Kemahiran Bahasa Inggris EF tahunan menemukan bahwa promosi lebih sering diberikan pada pekerja dengan kemampuan berbahasa Inggris.

Setiap interaksi yang sukses akan terus meningkatkan kepercayaan diri dan kemampuan profesional Anda, membuatnya lebih mudah untuk unggul dalam hal partisipasi dalam konferensi, melakukan presentasi dan melakukan negosiasi dengan mitra atau klien internasional.

Kelancaran berbahasa dapat sangat menguntungan dalam situasi negosiasi; berbicara dalam bahasa asli pihak lain membantu memecahkan kebekuan. Ini juga dianggap sopan dan respek, dan juga memungkinkan Anda untuk mengetahui jika mereka salah paham atau salah menerjemahkan, mencegah masalah besar di kemudian hari.

Tingkatkan cara Anda berpikir dan berkomunikasi

Ketika Anda belajar bahasa ketika dewasa, Anda belajar untuk melihat komunikasi dari sudut pandang yang berbeda dan mengembangkan metode alternatif yang lebih baru untuk memecahkan masalah – kualitas yang dicari oleh para pengusaha ketika mencari seseorang untuk mengisi posisi senior. Para peneliti bahkan percaya bilingualisme dapat meningkatkan kemampuan kognitif Anda, membuat Anda lebih cerdas dan memperlambat penurunan kognitif yang berkaitan dengan usia, sehingga investasi ini terbayar dengan berbagai cara.

Ketika berada di luar negeri atau berurusan dengan mitra internasional, pemahaman bahasa yang kuat di mana Anda berkomunikasi menyiapkan Anda untuk setiap pertanyaan yang diajukan dan memungkinkan Anda berpartisipasi penuh dalam diskusi yang lebih luas. Anda akan siap merespon dengan sigap dan cerdas tanpa jeda panjang atau keraguan, menciptakan kesan bahwa Anda berpengetahuan, profesional, dan anggota tim yang berharga.

Membuka peluang karier

Salah satu alasan utama mengapa banyak profesional berusaha meningkatkan kemampuan berbahasa mereka adalah untuk memenuhi ambisi berpindah dan bekerja di luar negeri. Jika Anda mengincar promosi di New York, memastikan kemampuan bahasa Inggris Anda unggul akan membantu Anda sampai di sana, dan bukanlah rahasia bahwa memiliki beberapa bahasa di CV Anda membuat Anda lebih mudah dipekerjakan.

Tetapi belajar bahasa bukan hanya tentang mengejar pekerjaan berikutnya di luar negeri – ini sangatlah menguntungkan Anda dalam karier saat ini. Datang ke meja dipersenjatai kemahiran dalam berbagai bahasa dapat membantu Anda membuat lompatan dari manajemen tingkat junior atau menengah ke posisi senior.

Negara seperti Inggris dan AS yang tidak terlalu menegaskan pembelajaran bahasa asing pada pendidikan formal kini menghadapi kesenjangan bahasa, karena semakin banyak tenaga kerja multibahasa di luar negeri memiliki posisi yang lebih baik dalam melakukan bisnis dan bersaing dengan karyawan satu bahasa untuk mendapatkan posisi terbaik. Banyak yang berinvestasi sejak pendidikan di tingkat sekolah. Namun profesional yang telah berada di dunia kerja juga akan sangat diuntungkan dari berinvestasi dalam kemampuan berbahasa mereka – dan belajar bahasa di kemudian hari tidak harus sulit.

Sebagai orang dewasa, salah satu cara tercepat untuk belajar bahasa secara akurat dan hingga tingkat kompetensi yang tinggi adalah dengan mendaftar pada program pembelajaran bahasa yang disesuaikan. Dengan biaya kuliah yang disesuaikan dan pengajar yang berpengalaman, Anda memiliki semua yang dibutuhkan di ujung jari Anda untuk belajar bahasa yang akan terus meningkatkan karier Anda seiring dengan pertumbuhan Anda.

Ikuti kursus bahasa yang disesuaikan bersama EFCari tahu lebih lanjut

Bagikan artikel ini

Artikel terbaru dari Karir