GO Blog | EF Blog Indonesia
Berita terbaru tentang perjalanan, bahasa dan budaya oleh EF Education First
Menu

Cara menjadi baru di kota yang baru

Cara menjadi baru di kota yang baru

Gagasan pindah ke luar negeri dan memulai kehidupan di kota baru mungkin menakutkan, namun juga merupakan kesempatan yang sangat menarik untuk belajar, mengeksplorasi, dan mempersenjatai diri dengan segudang keterampilan hidup yang bermanfaat. Ribuan orang melakukannya setiap hari, relokasi untuk pekerjaan, keluarga atau pendidikan. Dan jika mereka bisa melakukannya, Anda juga bisa! Apalagi dengan tips teratas kami tentang pindah ke kota baru like a pro.

Berteman

Salah satu cara tercepat untuk beradaptasi dengan tempat baru adalah dengan mencari sahabat.

Langkah 1: Mengobrol dengan teman serumah yang baru dan cobalah untuk mengobrol dengan teman-teman di kelas Anda jika Anda belajar di luar negeri. Penting untuk merasa nyaman dengan orang-orang yang akan Anda lihat setiap hari. Karena Anda dan teman-teman Anda berada dalam situasi serupa, Anda akan memiliki topik percakapan untuk memulai proses ‘bonding’.

Langkah 2: Perluas jaringan dan bergabunglah dengan klub atau tim olahraga untuk bertemu lingkaran orang-orang baru yang memiliki minat yang sama dengan Anda.

Langkah 3: Berteman dengan beberapa penduduk setempat: mereka akan membantu Anda menemukan rumah baru Anda lebih baik dari pemandu wisata manapun.

Jadikan tempat baru Anda terasa seperti rumah sendiri

Sebelum Anda berangkat, pastikan untuk membawa beberapa barang favorit, bukan hanya keperluan di sana. Membongkar bed cover favorit ataupun foto-foto berharga dalam bingkai merupakan cara yang baik untuk membuat kamar baru Anda terasa lebih nyaman. Anda juga bisa membawa 1 pak biskuit atau snack dari rumah: terutama ketika Anda sedang merasa homesick, atau bisa juga membagikannya dengan teman serumah Anda yang baru. Tidak ada kesan pertama yang lebih bagus dari ini!

Manfaatkan pertukaran budaya

Pengalaman ini merupakan kesempatan serius untuk mempelajari budaya lain. Selami bahasa dengan berbicara dengan semua orang dalam bahasa pertama mereka—ini akan membuat kemampuan berbahasa Anda meningkat, dan tanpa disadari, Anda akan menggunakan semua istilah lokal dan juga slang. Namun, tentu saja, pengalaman budaya ini tidak hanya tentang belajar bahasa: jangan lupa untuk mencicipi semua masakan baru! Cicipi hidangan lokal dan pilih yang menjadi favorit Anda untuk mencoba memasaknya sendiri.

Get your money right

Jika Anda pindah untuk waktu yang lama dan kota baru Anda menggunakan mata uang yang berbeda, pergilah ke bank untuk membuat rekening bank lokal dengan mata uang setempat segera setelah Anda tiba. Prosesnya mungkin akan sedikit rumit, jadi sebaiknya lakukan ini sedini mungkin. Jika kepindahan Anda hanya untuk beberapa bulan, mungkin membeli kartu perjalanan prabayar merupakan pilihan yang lebih tepat untuk Anda. Anda hanya perlu mentransfer uang tunai dengan mata uang setempat ke kartu prabayar Anda lewat online dan menggunakannya sebagai kartu debit – ini mencegah Anda membayar biaya penarikan ATM, biaya mata uang asing dan biaya lainnya. Begitu banyak biaya. Jika Anda membutuhkan saran, kolega atau anggota fakultas sekolah Anda akan membantu Anda mengenai hal ini.

Jelajahi

Di waktu luang Anda, jangan hanya duduk-duduk di flat baru Anda. Naik metro, bus, atau hanya sekedar jalan kaki… Intinya. Anda. Perlu. Keluar. Mulailah dengan menjelajahi tempat-tempat wisata. Setelah Anda mengenal kota dari kacamata seorang turis, Anda akan mengetahui bagian kota mana yang ingin Anda kenal lebih baik. Lalu ajak kelompok teman baru Anda dan bersiaplah untuk menemukan jalan kecil yang tersembunyi, kedai kopi ‘low-key’, dan restoran independen. Setelah Anda memiliki tempat favorit Anda, seringlah mampir ke sana. Tempat-tempat ini akan terasa seperti rumah sendiri dalam waktu singkat.

Latih kemampuan berbahasa Anda di salah satu destinasi (cerah) kamiPelajari lebih lanjut
Dapatkan berita perjalanan, bahasa, dan budaya terbaru di buletin GODaftarkan saya

Cari tahu tingkat bahasa inggris kamu dalam hitungan menit

Selengkapnya