GO Blog | EF Blog Indonesia
Berita terbaru tentang perjalanan, bahasa dan budaya oleh EF Education First
Menu

Memiliki teman di seluruh dunia akan membuat Anda menjadi orang yang lebih hebat secara keseluruhan – inilah alasannya

Memiliki teman di seluruh dunia akan membuat Anda menjadi orang yang lebih hebat secara keseluruhan – inilah alasannya

Mengapa berteman dengan seseorang yang tinggal ribuan mil jauhnya? Mengapa tidak pergi mengunjungi teman lama Anda dari hari-hari sekolah Anda?

Beberapa tahun yang lalu, saya tidak paham mengapa orang-orang rela menjalani persahabatan jarak jauh. Namun setelah belajar di luar negeri di Jerman, di mana saya berteman dengan siswa internasional dari seluruh belahan dunia, saya mengetahui bahwa kelebihannya jauh lebih banyak dari kekurangannya.

Inilah alasan mengapa memiliki teman di seluruh belahan dunia akan membuat Anda menjadi orang yang lebih keren:

  1. Anda belajar beberapa istilah baru

Salah satu manfaat paling nyata dari memiliki teman internasional adalah kesempatan untuk berbagi bahasa. Bahkan jika Anda tidak mencoba untuk mempelajari bahasa teman baru Anda, Anda akan mengambil sedikit demi sedikit bahasa mereka – baik frasa sederhana yang digunakan untuk menyapa ibu mereka melalui telepon atau kata yang mereka gunakan saat merasa frustasi. Beberapa kata mungkin tampak tidak berguna, tetapi Anda menciptakan bank frasa pribadi yang mungkin akan membantu Anda membuat seseorang tersenyum pada liburan Anda berikutnya, atau membantu Anda ketika Anda tersesat di kota yang tak dikenal.

  1. Anda menjadi lebih berpemikiran terbuka

Satu studi menemukan bahwa siswa dengan teman-teman internasional di universitas AS memiliki ‘skor pemikiran terbuka yang lebih tinggi dan skor sentimen antar budaya yang lebih rendah’. Universitas ini, awalnya ‘dikenal karena perpecahan rasialnya’, telah mendapat manfaat dari mahasiswa yang menjalin persahabatan internasional melalui studi di luar negeri dan program pertukaran pelajar. Jika hal ini dapat dicapai pada tahap mikro, bayangkan semua hambatan budaya yang dapat kita hancurkan jika seluruh dunia melakukannya. Jadi dengan menjalin pertemanan di luar negeri, Anda tidak hanya akan menjadi Weltbürger yang berpengetahuan luas (‘warga dunia’),tetapi juga akan memainkan peran penting dalam menciptakan dunia yang lebih tidak terbagi dan lebih inklusif.

  1. Anda menikmati persahabatan yang lebih dalam dan bermakna

Ketika Anda merindukan seseorang yang tinggal di tempat yang jauh, mudah untuk mencerca ketika orang-orang di sekitar Anda berkata, “ya, Anda tahu, jarak membuat hati tumbuh lebih kuat”, namun hal ini tidak dapat disangkal. Tetap terhubung dengan teman-teman internasional terkadang tidak mudah, namun tentunya akan membuat Anda lebih menghargai waktu yang Anda lalui bersama. Bertentangan dengan yang dikira kebanyakan orang, sebuah studi oleh Jurnal Komunikasi yang diterbitkan pada tahun 2015, ditemukan bahwa hubungan jarak jauh dapat mendorong rasa kedekatan antara pasangan – dan tidak ada alasan bahwa hal ini tidak dapat diterapkan ke hubungan teman jarak jauh.

Bonus tambahan adalah hubungan antara berlatih untuk bersyukur dan perasaan nyaman, yang dijelaskan oleh Sonya Lyubomirsky dalam bukunya The How of Happiness. Jadi berlatihlah bersyukur atas semua momen singkat namun manis bersama teman-teman internasional dan jadilah lebih bahagia.

  1. Anda selalu memiliki sofa untuk tidur

Kini setelah kita mengetahui bahwa persahabatan internasional bermanfaat bagi dunia dan bagi pengembangan pribadi Anda, kita dapat berbicara tentang keuntungan lainnya dari memiliki teman yang tinggal di kepulauan dengan pantai yang cerah dan bar koktail.

Biasanya hotel dan hostel merupakan salah satu pengeluaran terbesar dalam perencanaan liburan. Bukankah keren jika Anda selalu punya sofa milik teman sebagai alas tidur, di mana pun di seluruh belahan dunia? Anda mungkin sebaiknya tidak berteman dengan seseorang hanya agar Anda dapat mengunjungi Megara mereka, namun ini masih merupakan motivator yang hebat untuk menjalin pertemanan baru. Dengan cara ini, membuka diri pada orang baru juga berarti membuka diri pada tempat dan pengalaman baru.

  1. Anda dapat memiliki pengalaman yang lebih otentik (dan menghindari jebakan turis)

Cicipi pasta buatan rumahan di rumah teman Anda di Italia. Hadiri kelas riverdance bersama teman Irlandia Anda. Alami acara minum the dengan teman China Anda. Intinya, hindari jebakan turis dan hiduplah seperti penduduk setempat. Teman internasional akan mampu menawarkan tips tentang restoran yang disukai penduduk setempat dan memandu Anda melalui gang-gang sempit.

Dalam dunia komersial kami, ini bisa menjadi tantangan untuk menemukan cara otentik dalam bepergian dan menemukan teman internasional menyediakan pintu gerbang ke realitas kehidupan setempat di negara asal mereka. Buka diri Anda untuk bertemu orang baru, dan pengalaman baru yang menakjubkan akan mengikuti Anda.

Temui orang-orang dari lebih dari 100 negara sambil belajar bahasa di luar negeriPelajari Lebih Lanjut
Dapatkan berita perjalanan, bahasa, dan budaya terbaru di buletin GODaftarkan saya