Berita terbaru tentang perjalanan, bahasa dan budaya oleh EF Education First
Menu

Australia vs. Selandia Baru: Manakah Tempat Yang Lebih Baik Untuk Tinggal?

Australia vs. Selandia Baru: Manakah Tempat Yang Lebih Baik Untuk Tinggal?

Kami melihat Anda di sana, memutuskan antara Australia “yang Mengagumkan” and Selandia Baru “yang tak akan ditinggalkan”. Dan kami paham: dua negara berbahasa Inggris yang menarik, keduanya terletak di Belahan Bumi Selatan, keduanya sempurna untuk backpacking, liburan kerja, dan belajar di luar negeri. Jadi, manakah yang akan Anda pilih? Untuk membantu Anda memilih, kami telah membandingkan beberapa poin utama yang menjadi daya tarik.

Bahasa

Walaupun bahasa Inggris Australia dan Selandia Baru sering dianggap “sama”, Anda akan segera dapat membedakan keduanya. Penduduk Selandia Baru mengucapkan huruf vocal mereka sedikit berbeda, “bed” dapat terdengar seperti “bid” dan “six” seperti “sux,” sedangkan penduduk Australia memiliki ciri khas suara dari hidung.

Tentu saja ada beragam slang. Beberapa kata klasik Aussie/Kiwi termasuk bushwalking/tramping (mendaki); thongs/jandals (sandal); and Esky/chilly bin (pendingin). Ingin lebih banyak lagi? Di Selandia Baru, Anda akan mendengar bro/cuz (teman), chur (terima kasih, dalam “chur bro!”), hard bro! (untuk mengekspresikan persetujuan dengan seseorang), and sweetas! (keren). Jika Australia merupakan tujuan Anda , kami perlu memberitahu Anda : penduduk Aussies gemar menyingkat kata-kata. Mulai berlatih dengan cuppa (secangkir teh), choccy (cokelat), biccy (kue), brekkie (sarapan), avo (alpukat), prezzie (hadiah), Chrissy (Natal), Chrissy prezzie (yep, hadiah Natal), dan masih banyak lagi.

Mengenal Lebih Jauh

Perbedaan terbesar saat bepergian di Australia and Selandia Baru adalah luasnya. Australia dikenal dengan jaraknya yang jauh (dan terkadang berpasir!) antar ibukotanya. Perth berjarak lebih dari 3.660 kilometer dari Brisbane, yang jaraknya lebih jauh dari jarak antara Madrid dan Moscow. Di sisi lain, di Selandia Baru, sangat mungkin untuk berkendara ke kota atau iklim yang benar-benar berbeda hanya dalam beberapa jam saja. Di kedua negara, kota-kota besar (hanya Auckland di Selandia Baru) menawarkan pilihan transportasi publik yang beragam. Sebagai bonus, pengunjung Australia dan Selandia Baru dapat menggunakan surat izin mengemudi yang berlaku untuk kelas mobil yang sama, namun jangan lupa bahwa kamu mengemudi di sebelah kiri!

Kuliner

Pengunjung Australia dan Selandia Baru akan segera diperkenalkan pada ekstrak ragi nasional mereka masing-masing (ya, ini benar-benar ada). Vegemite dan Marmite hampir tidak mungkin dijelaskan pada pendatang baru, namun kecintaan pada mereka mengalir dalam jiwa penduduk Aussie dan Kiwi. Cintai keduanya dan penduduk lokal akan mencintai kamu! (Tip: Vegemite dan Marmite tidak manis maupun terasa seperti coklat walaupun warna dan teksturnya seperti coklat. Tambahkan sedikit pada roti mentega, dan Anda akan makan seperti penduduk setempat.)

Beranjak dari sajian sarapan yang asin, makanan Australia dan Kiwi lainnya yang layak dipuja adalah…
Permen Allen (Sherbies, Fantales, dan Minties) dan Pineapple Lumps (potongan nanas kenyal yang dilapisi cokelat Selandia Baru)
Caramello Koalas (koala coklat lezat dengan dengan perut berisi karamel) dan Perky Nanas (coklat bar Kiwi dengan isi pisang)
Kangguru dan emu (Australia adalah satu-satunya negara yang memakan kedua hewan nasionalnya) dan Maori hāngi (cara memasak daging di dalam lubang bawah tanah)

Olahraga dan kehidupan malam

Ketika membicarakan olahraga, persaingan paling utama antara kedua negara adalah Rugby Union, ketika Kiwis mendukung All Blacks dan Australia mendukung Wallabies. Cocokkan warna dengan negara Anda: hitam untuk Selandia Baru dan hijau dan emas untuk Australia. Di stadion, dukung Kiwi Haka atau berikan “Aussie, Aussie, Aussie, oi, oi, oi!” untuk Australia.

Wisatawan sering menginfokan bahwa Selandia Baru memiliki lebih sedikit variasi kehidupan malam – karena kota-kotanya yang lebih kecil dan berpenduduk lebih sedikit. Yang jelas Melbourne dan Sydney benar-benar hidup sepanjang malam dengan klub, pub, bar, dan tempat pertunjukan yang tak terhitung jumlahnya. Di Auckland, Anda dapat mendaki canyon di malam hari, melihat lampu kota dari Sky Tower, atau berjalan-jalan di pasar malam.

Fauna

Dengan daftar impresif hewan paling beracun di dunia, pengunjung Australia sering menyalahartikan dan mengira kehidupan liar akan menyerang mereka. Namun jangan khawatir, pertemuan dengan hiu, ular, ubur-ubur dan laba-laba sebesar piring bukanlah hal yang biasa terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Selain hewan-hewan yang mengerikan tersebut, hewan Australia lainnya yang ikonik dan tidak begitu dikenal merupakan parade tersendiri –kangguru, wombat, bilbies, quokka, platypus, dan ekidna. Di seberang Laut Tasman,hewan liar Selandia Baru tidak seaneh Australia. Satu-satunya mamalia asli negara ini adalah kelelawar dan mamalia laut, walaupun juga ada sejumlah burung asli, seperti tui, kea, penguin bermata kuning, dan burung kiwi hutan.

Iklim dan alam bebas

Iklim Selandia Baru lebih dingin dan basah – yang bisa menjadi positif atau negative, tergantung pada preferensi Anda. Tentu saja, jika Anda menyukai iklim hangat hingga panas, Australia tentunya menjadi pilihan Anda; meskipun Anda harus siap, bulan-bulan musim panas membawa gelombang panas dan kelembaban yang tinggi.

Kedua negara memiliki pemandangan yang indah: Selandia Baru dengan gunung, gletser, danau dan hutannya, sedangkan Australia memiliki pantai, hamparan pasir, terumbu karang, hutan hujan, gurun merah darah dan semak belukar. Selandia Baru memenangkan poin bonus untuk kedekatannya dengan Kepulauan Pasifik – nilai tambah untuk perjalanan selanjutnya.

Tidaklah mengherankan jika kedua negara ini memiliki peringkat yang sangat tinggi di kalangan wisatawan dan siswa yang ingin belajar di Selandia Baru atau Australia. Nikmati proses memilih – dan selamat bersenang-senang!

Ingin tinggal di luar negeri dan belajar bahasa?Ayo Eksplor bersama EF

Bagikan artikel ini

Artikel terbaru dari Perjalanan