GO Blog | EF Blog Indonesia
Berita terbaru tentang perjalanan, bahasa dan budaya oleh EF Education First
Menu

Tak pernah terlalu awal untuk mulai mempersiapkan tahun Anda di luar negeri – begini caranya

Tak pernah terlalu awal untuk mulai mempersiapkan tahun Anda di luar negeri – begini caranya

Pindah ke luar negeri sangatlah seru dan penuh dengan peluang tanpa akhir untuk pembelajaran, petualangan dan pertumbuhan pribadi. Namun, ini juga merupakan sebuah perubahan besar – membutuhkan perencanaan dan pengaturan yang serius. Panduan persiapan praktis kami akan membuat transisi ke kehidupan baru Anda lebih lancar – dan tidak, tak pernah terlalu awal untuk mulai mempersiapkan tahun Anda di luar negeri. Anda akan berterima kasih pada kami nanti.

Lakukan riset online

Habiskan satu atau dua malam dengan mencari tahu mengenai kota tempat tinggal Anda yang baru di Google dan destinasi Anda di Instagram (ya, hashtag itu akan menjadi sahabat baru Anda). Anda bahkan juga bisa membeli buku panduan seperti yang biasanya orang tua Anda lakukan dulu.

Apapun metode yang cocok untuk Anda, cari tahu sebanyak mungkin tentang rumah baru Anda sebelum Anda berangkat – dengan begitu Anda tidak akan merasa asing ketika tiba di sana untuk pertama kalinya.

Ditambah lagi, koleksi foto di Instagram yang sangat cantik dan menarik akan membuat Anda sangat bersemangat untuk pergi ke luar negeri!

… dan secara langsung

Jangan lupa untuk bertanya pada keluarga, teman ataupun teman dari teman Anda yang pernah mengunjungi tempat yang akan menjadi rumah baru Anda mengenai pengalaman mereka di sana. Anda akan turun dari pesawat dipersenjatai sejumlah tips dan rekomendasi mengenai apa yang harus dilakukan, di mana tempat makan yang enak dan bagaimana tinggal seperti penduduk setempat.

Kemasi barang-barang Anda

Waktunya untuk mengisi penuh koper Anda. Mulailah lebih awal – ya, beberapa bulan lebih awal jika memungkinkan – untuk memastikan Anda memiliki semua yang Anda butuhkan. Jika ada beberapa barang yang kurang, Anda akan masih punya banyak waktu untuk berburu penawaran terbaik dan berbelanja untuk mengisi kekosongan di lemari pakaian Anda.

Ingatlah untuk mengemas barang-barang yang diperlukan untuk semua musim jika Anda pergi ke kota yang dikenal dengan musim dingin atau musim panasnya, dan sertakan beberapa barang yang membuat Anda merasa nyaman dan berada di rumah sendiri. Untuk saran dalam berkemas yang lebih mendalam, baca panduan lengkap dalam berkemas kami untuk setahun di luar negeri.

Persiapkan dengan ekstra

Anda tentunya akan menghadapi kejutan dan tantangan ketika tiba di kota yang sama sekali baru, namun ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memastikan – jika tidak sepenuhnya siap – diri Anda jauh lebih siap daripada yang Anda bayangkan.

Salah satu langkah mudah adalah mengunduh aplikasi perjalanan dan pariwisata yang dirancang untuk membantu para wisatawan menjelajahi tempat yang baru, yang seringkali menampilkan peta offline yang dapat membantu Anda melakukan navigasi hanya dengan menggunakan ponsel dan mendapatkan banyak informasi mengenai transportasi umum dan pemandangan sekeliling.

Periksa apakah Anda perlu menambah paket ponsel Anda atau membeli kartu SIM lokal – walaupun WiFi biasanya is tersedia di sebagian besar tempat umum, termasuk sekolah Anda, terhubung di mana saja membuat hidup lebih mudah.

Selesaikan dokumen Anda berurutan

Langkah pertama adalah menyimpan paspor Anda di tempat yang aman.

Lalu Anda perlu melakukan hal-hal berikut: Memastikan bahwa Anda telah membeli tiket penerbangan, mendapatkan akomodasi, membeli asuransi, memesan transfer bandara, menyelesaikan permohonan visa (dibantu oleh kantor EF Anda dan juga pembimbing belajar di luar negeri, tentu saja!).

Selanjutnya, cetak semua hal dari boarding pass hingga informasi kedatangan dan simpan semuanya di satu tempat sehingga Anda tidak akan kehilangan satupun.

Dan tetap rapi

Jika semua informasi utama Anda telah tersimpan dengan aman di satu folder dalam tas Anda, Anda akan mampu menemukannya dengan mudah ketika dibutuhkan dan menjawab pertanyaan apapun yang mungkin ditanyakan saat Anda tiba.

Buat salinan digital juga: jika Anda kehilangan tas Anda atau menumpahkan kopi di dokumen Anda, Anda masih memilki salinan di ponsel yang dapat menyelamatkan Anda, atau sebaliknya jika Anda kehabisan baterai ponsel pada saat yang genting.

Atur keuangan Anda

Pastikan Anda telah menyelesaikan kewajiban keuangan dan memiliki cukup uang selama berada di luar negeri. Pastikan kartu ATM bank Anda dapat digunakan di ATM luar negeri dan jangan lupa untuk menginformasikan pada bank bahwa Anda akan melakukan perjalanan sehingga mereka tidak memblokir kartu Anda saat Anda melakukan transaksi pertama di sana.

Kartu perjalanan prabayar merupakan salah satu cara yang baik untuk menghindari biaya mata uang asing, dan bepergian dengan uang tunai pada awal kedatangan Anda akan berguna jika kartu Anda ditolak.

Mulai mengucapkan selamat tinggal (dan merencanakan halo)

Jangan tunda ucapan perpisahan hingga menit terakhir. Luangkan waktu untuk menemui semua orang yang akan Anda rindukan ketika Anda jauh selama berbulan-bulan menjelang perpindahan Anda.

Apakah itu berarti mengadakan pesta besar sebelum Anda pergi, merencanakan minum kopi bersama teman-teman selama sebulan penuh ataupun memastikan Anda menghabiskan cukup banyak waktu dengan ibu Anda, Anda akan bersyukur telah melakukan hal-hal ini sebelum Anda pergi (dan begitu juga dengan mereka).

Hal hebat lainnya yang harus dilakukan adalah merencanakan kunjungan keluarga dan teman-teman Anda ke kota baru Anda. Dengan begitu, perpisahan tidak akan terlihat seperti hal besar, dan punya pengunjung untuk diantar berkeliling kota membantu Anda menyesuaikan diri dengan kehidupan baru Anda.

Pergi ke luar negeri selama setahun bersama kamiLearn More
Dapatkan berita perjalanan, bahasa, dan budaya terbaru di buletin GODaftarkan saya

Cari tahu tingkat bahasa inggris kamu dalam hitungan menit

Selengkapnya