GO Blog | EF Blog Indonesia
Berita terbaru tentang perjalanan, bahasa dan budaya oleh EF Education First
Menu

10 hal yang harus Anda ketahui sebelum pindah ke Singapura

10 hal yang harus Anda ketahui sebelum pindah ke Singapura

Salah satu pusat keuangan dan perdagangan utama di Asia: negara Singapura adalah perpaduan budaya, makanan,  modern, dan tradisi yang kental. Berpikir untuk pindah ke Singapura ? Berikut adalah 10 hal yang harus Anda ketahui.

1. Bahasa

Penutur bahasa Inggris melangkahkan kaki saat merencanakan kepindahan mereka ke Singapura, itu menjadi bahasa perdagangan. Di samping bahasa Inggris, bahasa resmi Singapura adalah Melayu, Mandarin, dan Tamil. Namun, Anda akan segera menyadari “Singlish”, logat tidak resmi negara itu dan titik kontak verbal netral antara kelompok etnis yang berbeda.

2. Berpergian

Singapura adalah negara kota yang hanya dua kali ukuran Malta kecil, jadi bisa dimengerti, rindu berpergian kemana saja sering terjadi. Untungnya, mudah untuk melakukan perjalanan. Changi Singapura adalah salah satu bandara penghubung besar di dunia, dengan penerbangan langsung ke India, Thailand, Vietnam, Kamboja, Bali (Indonesia), Cina, Filipina, Malaysia, Australia, Eropa dan banyak lagi.

3. Lembab

Hanya satu derajat di utara Khatulistiwa dan dengan dua musim hujan, bepergian di Singapura yang lembap membutuhkan sedikit persiapan. Bersiaplah untuk cuacannya dengan payung lipat, tabir surya, dan tentu saja, topi (untuk menghalangi sinar matahari yang menembus awan). Tips cuaca lembab lainnya: Jangan tinggalkan makanan di meja kecuali Anda menginginkan kejutan berjamur dari makanan tersebut.

4. Toko

Olahraga di Singapura memiliki banyak pilihan untuk terapi ritel. Banyak mal terkenal ber-AC yang bisa dikunjungi untuk menghindari panas, didalamnya dengan toko elektronik, pakaian, merek mewah, perawatan kulit, buku, peralatan rumah tangga, catatan, dan banyak lagi. Bukan penggemar mall? Mari menjelajahi komunitas lokal “heartlands” di mana pasar dipenuhi dengan makanan, pernak-pernik, dan barang-barang lain yang tak ada habisnya untuk dijelajahi.

5. Transportasi Umum

Sistem kereta MRT Singapura (Mass Rapid Transit) dapat diandalkan, efisien, dan murah dengan lebih dari 100 stasiun yang terletak di seluruh pulau. Di sisi lain, memiliki mobil pasti tidak murah. Jika Anda harus memiliki mobil, bersiaplah membayar lebih banyak untuk model yang sama di Singapura daripada di rumah. Jika tidak, tahan dan simpan uang Anda untuk makanan dan belanja!

6. Lingkungan Ekspatriat

Mereka yang memiliki anggaran dan kecenderungan untuk menghabiskannya akan menemukan kehidupan di Singapura seperti sebuah tempat tinggal yang mewah (memiliki pengasuh, apartemen, kolam renang). Kelemahan dari melakukan ini adalah “Lingkungan” yang itu itu saja. Kalau Anda tidak mencari lingkungan di kehidupan ekspatriat yang kaya bagaimana? Pilih akomodasi lebih jauh dari kota, berusahalah aktif untuk berbicara dengan penduduk lokal, pelajari juga beberapa kalimat dalam bahasa Singlish, makan di Hawker Centers (ruang terbuka), naik transportasi umum, dan bergabunglah dengan klub minat khusus di Singapura.

7. Denda

Singapura terkenal dengan Denda yang harus pertimbangkan lagi. Sementara mereka mulai dengan cara wajar (jangan makan atau minum di MRT, sampah, jaywalk, atau meludah), mereka beralih ke aturan yang lebih mudah diingat (tidak memberi makan merpati, berjalan-jalan telanjang di rumah Anda sendiri, atau mengimpor permen karet). Sebenarnya, pada pemikiran kedua kami sangat menyukai yang terakhir. Ini sebagian besar bertanggung jawab atas kebersihan jalan-jalan Singapura yang luar biasa.

8. Kerja

Sektor besar di Singapura adalah keuangan, minyak, dan bisnis. Ini bukan area yang secara tidak sengaja Anda masuki, yang menjelaskan mengapa banyak ekspatriat dipindahkan ke Singapura oleh perusahaan mereka. Mencari pekerjaan online atau melalui agensi? Dapatkan gambaran tentang kemampuan Anda untuk bekerja di Singapura melalui situs web Kementerian Tenaga Kerja (di mana Anda juga akan menemukan informasi tentang praktik ketenagakerjaan termasuk hari sakit dan cuti berbayar) dan yang terpenting, ingatlah bahwa Anda tidak dapat mengajukan permohonan visa kerja sampai Anda memiliki tawaran pekerjaan di Singapura.

9. Makanan

Suka makan? Anda akan menyukai Singapura. Dengan pusat jajanan dan restoran Michelin berbintang untuk dipilih sesuai dengan suasana hati atau anggaran, ada menu makanan lezat yang bebas untuk disantap, dari kepiting cabai yang terkenal hingga hidangan yang lebih tidak biasa seperti bubur katak dan ikan pari dengan saus sambal. Saat pergi makan siang di kawasan pusat bisnis, Anda mungkin melihat penduduk setempat meninggalkan barang-barang yang tampaknya acak di kursi. Jangan ambil kursi mereka: Ini adalah sistem chope, cara memesan meja.

10. Memberi Tip

Jangan khawatir tentang menghitung tip Anda: Biaya layanan 10% dan 7% GST sudah termasuk dalam tagihan Anda. Tentu saja, jika Anda ingin memberi tip di restoran untuk layanan mereka, Anda bisa lakukan. Ingat, bagaimanapun, pengemudi taksi dan penyedia layanan lainnya tidak akan mengharapkan tip.

Belajar bahasa Inggris bersama kami di SingapuraCari tahu lebih lanjut
Dapatkan berita perjalanan, bahasa, dan budaya terbaru di buletin GODaftarkan saya

Belajar salah satu dari 12 bahasa di 50 puluh pilihan kota terbaik

Selengkapnya