GO Blog | EF Blog Indonesia
Berita terbaru tentang perjalanan, bahasa dan budaya oleh EF Education First
Menu

Mengapa belajar bahasa Inggris – 7 alasan untuk mulai berinvestasi dalam skill

Mengapa belajar bahasa Inggris – 7 alasan untuk mulai berinvestasi dalam skill

Kami menemukan Anda di sana, bertanya-tanya apakah belajar bahasa Inggris merupakan penggunaan waktu yang baik. Anda mampu berbicara satu bahasa dan ini berguna bagi Anda, bukan? Ya, tentu saja. Kecuali jika Anda ingin bepergian, belajar di luar negeri, bekerja di lingkungan internasional, mempelajari budaya lain, dan memiliki lebih banyak teman. Jika ini terdengar baik bagi Anda, mampu berbahasa Inggris cukup penting.

Merupakan bahasa resmi di 55 negara, dan digunakan di lebih dari 100 negara

Tentu saja, daftar ini termasuk negara-negara “lingkaran dalam” yang otomatis terpikir oleh Anda (seperti Australia, New Zealand, Inggris, AS, Kanada dan Afrika Selatan). Namun daftar ini tidak berakhir di sini. Bahasa Inggris merupakan bahsa resmi bagi banyak negara di Afrika, Karibia, dan Asia.Arahkan kompas Anda ke Kenya, Nigeria, Filipina, Jamaika, Bahama, India, Singapura, Fiji dan Vanuatu – dan banyak lagi di mana Anda dapat berkomunikasi dengan penduduk setempat dalam bahasa Inggris.

Terdapat hampir dua miliar pengguna di seluruh dunia

Karena begitu banyak digunakan, bahasa Inggris disebut sebagai ”bahasa dunia” modern atau “lingua franca”. Dengan lebih dari 360 juta orang yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pertama mereka, menjadikannya bahasa dengan penutur asli terbesar ketiga (setelah Mandarin dan Spanyol), dan hampir dua juta miliar orang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pertama, kedua, ketiga atau bahkan keempat. Di Eropa sendiri, 38% mengatakan mereka menggunakannya dalam tingkat percakapan. Jika Anda berminat untuk belajar satu bahasa asing dan ingin mendapatkan hasil yang sesuai dengan waktu yang Anda luangkan.

Bahasa #1 dalam komunikasi internasional

Dari materi cetak tradisional hingga internet dan hubungan internasional, bahasa Inggris melampaui bahasa lain. Bahasa Inggris merupakan pemain utama dalam bidang akademik, bahasa komunikasi aeronautika dan maritim, dan bahasa resmi Komute Olimpiade Internasional, PBB, Stasiun Luar Angkasa Internasional, NATO, Interpol dan Uni Eropa. Jika belajar bahasa Inggris untuk karir internasional atau diplomatic adalah tujuan Anda, jangan khawatir tentang cara menjadi fasih. Setelah mengembangkan dasar yang kuat, mulailah mempercepat progres Anda, memperbaiki tulisan Anda, dan dapatkan kepercayaan diri yang lebih besar dalam berbicara, dan pertimbangkan untuk tinggal dan belajar di negara yang menggunakan bahasa Inggris untuk kemajuan tercepat.

Mendominasi seni, budaya, hiburan internasional…

Ada sejumlah alasan mengapa bahasa Inggris memimpin – di antaranya fleksibilitas, kemampuan untuk berkembang, hubungan dengan bahasa lainnya, dan basis penutur asli yang besar. Lihat saja film dengan bahasa Inggris yang masuk box office (terutama hiburan dan media Amerika, yang meraup hampir 30% dari pendapatan industri pada 2012), begitu juga industri musik, dan beragam seri berbahasa Inggris di platform seperti Netflix.

…dan juga bisnis

Bahasa Inggris adalah alat utama di bidang perbankan dan dunia bisnis, di mana beberapa perusahaan terbesar – seperti Sodexo, Yokohama, Honda, dan Siemens – telah mengimplementasikan bahasa Inggris sebagai lingua franca perusahaan, atau sedang mengarah ke sana. Perdagangan dunia juga sebagian besar dilakukan dalam bahasa Inggris karena kesepakatan global perlu disimpulkan berdasarkan bahasa yang kemungkinan besar digunakan oleh semua pihak (biasanya bahasa Inggris). Dalam sains, bahasa Inggris merupakan bahasa utama dalam menciptakan istilah atau teori penerbitan, dan sejalan dengan hal ini, juga dalam pendidikan yang lebih tinggi.

Pada 2050, setengah dunia akan menggunakan bahasa Inggris

Bahkan saat ini, seperempat populasi global telah menggunakannya dan jutaan orang sedang mempelajarinya. Diperkirakan pada 2050 setengah dunia akan menggunakan bahasa Inggris pada tingkat tertentu. Dominasi bahasa seperti ini tidak pernah terdengar sebelumnya – dan kecil kemungkinan penggunaan bahasa Inggris sebagai bahasa global akan berkurang, seperti yang disebutkan banyak ahli, termasuk ahli bahasa Institut Manhattan John McWhorter, bahkan bahasa lain seperti Prancis, Spanyol dan Cina tumbuh dan menjadi lebih populer. “Sangat tidak jelas bagi saya mekanisme aktual apa yang dapat mencabut bahasa Inggris berdasarkan situasi saat ini,” sebutnya.

Anda perlu bahasa Inggris untuk berkomunikasi dengan dunia

Apakah tujuan Anda adalah untuk bepergian ke banyak tempat, belajar tentang budaya lain, bersosialisasi lebih mudah dengan penutur asli dan siswa lainnya, menjadi wirausahawan, bekerja secara internasional atau belajar di luar negeri, membangun kemampuan berbahasa Inggris yang kuat dapat membantu Anda mencapai tujuan ini. Ingatlah: sejalan dengan bahasa Inggris yang menyebar dan memiliki lebih banyak penutur, bahasa Inggris tidak lagi “milik” penutur asli. Bahasa Inggris adalah milik dunia – termasuk Anda.

Belajar bahasa Inggris di luar negeri bersama kamiCari tahu lebih banyak lagi
Dapatkan berita perjalanan, bahasa, dan budaya terbaru di buletin GODaftarkan saya

Jelajahi dunia dan kuasai bahasanya

Selengkapnya