GO Blog | EF Blog Indonesia
Berita terbaru tentang perjalanan, bahasa dan budaya oleh EF Education First
Menu

Bagaimana meyakinkan orang tua agar memperbolehkan Anda belajar di luar negeri

Bagaimana meyakinkan orang tua agar memperbolehkan Anda belajar di luar negeri

Ada kabar baik: Belajar di luar negeri adalah investasi utama untuk masa depan Anda. Dan kabar yang tidak terlalu baik: Ini merupakan investasi yang terjadi jauh dari bimbingan orang tua, jadi mungkin tidak mudah untuk meyakinkan mereka agar memperbolehkan Anda pergi sendirian untuk menaklukkan tanah asing. Namun,pergi ke negara lain untuk belajar bahasa juga merupakan pengalaman baik yang hanya dapat disamakan oleh sedikit kesempatan lainnya: Usaha ini menghasilkan kesuksesan akademik dan peningkatan prospek karir yang dibumbui kedewasaan dan kemandirian. Belajar di luar negeri merupakan hadiah yang menguntungkan, dan berikut adalah cara Anda menjualnya pada orang tua Anda.

Bersiap, bersiap, bersiap

Pertama dan utama, Anda perlu meyakinkan orang tua Anda bahwa Anda menganggap seluruh petualangan ini dengan sangat serius dan Anda memiliki apa yang diperlukan untuk belajar di luar negeri. Dapatkan nilai yang baik di sekolah, mulai belajar bahasa di kelas maupun online, mungkin memasak menu dari negara tersebut atau membaca buku dan menonton bioskop. Orang tua Anda perlu melihat bahwa Anda sangat tertarik dengan bahasa dan budaya dan bahwa Anda mau (dan mampu) untuk berusaha.

Presentasikan dengan benar

Berbicara mengenai usaha dan upaya: Bagaimana dengan melakukan banyak penelitian mengenai destinasi dan sekolah lalu mengumpulkan semua informasi dalam presentasi yang indah yang mendukung semua poin Anda dengan sangat baik hingga orang tua Anda akan membantu Anda berkemas?

Sebutkan keuntungan pribadi

Belajar di luar negeri dan masuk ke budaya baru akan membantu Anda menjadi seorang dewasa yang memiliki pengetahuan luas: Memperluas wawasan merupakan hal yang sangat penting akhir-akhir ini dan tidak ada yang lebih menunjukkan warga dunia daripada berkeliling dunia, memperoleh pengalaman lintas budaya, dan merasa betah di negara-negara asing. Mempelajari cara beradaptasi dengan lingkungan baru juga akan membantu Anda menjadi lebih dewasa dan mandiri, dan belajar di luar negeri pada dasarnya membuat Anda berada di jalur cepat untuk menjadi orang dewasa muda yang bertanggung jawab, yang merupakan tujuan utama orang tua Anda.

Sebutkan manfaat akademik

Belajar di luar negeri akan membantu Anda tampil lebih baik secara akademik: Anda akan mendapatkan nilai yang lebih tinggi, dan beberapa waktu di luar rumah akan membantu Anda memulai tahun ajaran yang segar dan dengan fokus baru. Mungkin tidak ada yang akan menyangkal bahwa bisa melewati tahun ajaran dengan antusias dan nilai yang baik terasa sangat menyenangkan.

Tunjukkan pertumbuhan profesional

Ketika tiba waktunya untuk magang atau mencari pekerjaan, memiliki pengalaman internasional dapat memberikan Anda keunggulan kompetitif dibandingkan pelamar lainnya: Bergantung pada karir, fasih dalam bahasa lain dapat menjadi kunci kesuksesan. Ditambah lagi, menjadi bilingual dapat memberi Anda gaji yang lebih tinggi, yang artinya Anda bisa membelanjakan lebih banyak untuk hadiah orang tua Anda. Jika semuanya gagal dan bahkan prospek tumpukan hadiah tidak membantu, Anda selalu dapat mengisyaratkan bahwa semakin awal Anda mendapatkan pekerjaan, semakin awal Anda keluar dari rumah dan orang tua Anda dapat memiliki rumah untuk mereka sendiri.

Chip in like a boss

Tidak ada yang dapat membuat orang tua lebih bangga daripada melihat bahwa mereka telah membesarkan anak yang mandiri dan cerdas. Tunjukkan pada mereka bahwa Anda siap untuk bekerja lebih keras dan tawarkan untuk menanggung sebagian biaya belajar di luar negeri: Cari pekerjaan sampingan, bekerja selama liburan, atau bantu-bantu di rumah untuk menabung sedikit uang yang nantinya dapat Anda investasikan di masa depan Anda. Jika Anda juga menyebutkan bahwa Anda membuat anggaran untuk seluruh perjalanan, orang tua Anda mungkin akan menangis bahagia. #menang

Tunjukkan pada mereka Anda akan tetap aman

Orang tua Anda mungkin mengkhawatirkan keselamatan Anda: Tunjukkan pada mereka bahwa Anda menganggap serius kekhawatiran mereka dan mengetahui nomor darurat, asuransi, dll. Jika memungkinkan, ingatkan mereka mengenai semua tindakan yang diambil sekolah – hal-hal seperti transfer bandara atau tur dengan pemandu – untuk memastikan keamanan semua orang.

Berjanjilah bahwa Anda akan tetap berhubungan dengan mereka

Selanjutnya adalah poin yang tidak hanya valid untuk orang tua Anda namun juga orang-orang terkasih Anda secara umum: Anda akan mengalami begitu banyak minggu atau bulan di luar negeri, semua orang yang tidak bersama Anda akan merasa ditinggalkan. Berjanjilah untuk menelepon atau mengirim pesan – atau lebih baik lagi: Pastikan orang tua dan teman-teman Anda terhubung dengan menyambungkan mereka dengan akun sosial media.

Berikan petunjuk bahwa mereka akan mendapatkan waktu senggang

Membiarkan Anda belajar di luar negeri memberikan manfaat kecil namun penting bagi orang tua: Ibu dan ayah Anda tidak hanya akan menyambut kembali anak yang memiliki pengetahuan luas dengan keterampilan bahasa yang mengesankan serta masa depan yang cerah, namun mereka juga akan mendapatkan waktu luang ketika Anda berada di luar negeri. Tentu saja, menjadi orang tua merupakan pekerjaan seumur hidup, namun kita semua berhak mendapatkan sedikit liburan, bukan? Memperbolehkan Anda belajar di luar negeri merupakan jalan keluar terbaik untuk setiap anggota keluarga.

Cari perhatian dengan merengek

Bergantung pada tekad Anda dan penolakan orang tua Anda, membuat hal ini membutuhkan banyak waktu — waktu di mana mungkin ada ketegangan dan rasa frustasi. Ini mungkin bukan merupakan argumen utama yang baik, namun Anda dapat mencobanya sebagai pengingat: Semakin awal orang tua Anda menyadari betapa fantastisnya ide untuk memperbolehkan Anda belajar di luar negeri, semakin awal mereka akan dapat bertemu dan berkumpul kembali dengan anak mereka yang ceria ini.

Belajar di luar negeri bersama kami – dunia ini secara harafiah adalah tiram AndaPelajari lebih lanjut
Dapatkan berita perjalanan, bahasa, dan budaya terbaru di buletin GODaftarkan saya

Belajar salah satu dari 10 bahasa di 50 puluh pilihan kota terbaik

Selengkapnya