Berita terbaru tentang perjalanan, bahasa dan budaya oleh EF Education First
Menu

20 alasan belajar bahasa mengubah dunia (dan mengubah hidup Anda)

20 alasan belajar bahasa mengubah dunia (dan mengubah hidup Anda)

Anda mungkin tahu bahwa mempelajari bahasa baru itu baik untuk Anda (ya, bilingualisme benar-benar hebat), namun tahukah Anda bahwa ini juga bagus untuk seluruh dunia – dan mungkin akan mengubah hidup Anda terutama jika Anda masuk dalam budayanya?

Berikut adalah 20 alasan paling menarik mengapa mempelajari bahasa mengubah dunia:

  1. Simpelnya, semakin banyak bahasa yang dipilih orang untuk belajar, semakin baik dunia berkomunikasi dan terhubung satu dengan yang lain. Tidak yakin harus mulai dari mana? Investasikan kemampuan bahasa Inggris Anda– karena merupakan lingua franca dunia.
  2. Komunikasi yang lebih baik juga berarti lebih sedikit ruang untuk kesalahan. Kesalahan menterjemahkan dapat berharga mahal dalam bisnis dan bisa menjadi alasan Anda menemukan diri Anda di stasiun bus setelah bertanya arah ke pasar (tidak ada yang bisa mengembalikan waktu Anda).
  3. Belajar bahasa sangat bagus untuk berbagi budaya, menumbuhkan komunitas dan memahami apa yang penting dan spesial untuk orang lain – memahami dan membuka jalan bagi perdamaian.
  4. Membuka pintu bagi lebih banyak peluang untuk semua jenis bisnis dengan memungkinkan akses klien dan pelanggan yang lebih luas di seluruh dunia – hal ini berlaku untuk apa pun mulai dari seni (film, pop, dll.) hingga teknologi.
  5. Jika Anda memilih untuk belajar bahasa di luar negeri, aspek imersi dan terkadang menantang dalam menjalani hari dengan bahasa baru, dan melakukan segalanya dengan orang-orang dari berbagai belahan dunia, berarti Anda mengembangkan soft skill Anda seperti komunikasi dan pemecahan masalah lebih cepat dan natural daripada jika Anda berada di rumah.
  6. Ada alasan mengapa berbicara bahasa kedua atau ketiga terlihat bagus di CV Anda: atasan menyukai karyawan yang terampil dan merupakan komunikator yang hebat karena mereka memengaruhi garis bawah. Di UK, di mana pembelajaran bahasa selama sekolah tidak diprioritaskan, defisit bahasa yang dihasilkan menyebabkan negara menanggung kerugian hingga £48bn (GBP) per tahunkarena hilangnya peluang bisnis internasional.
  7. Mempelajari keterampilan baru (termasuk bahasa!) telah terbukti baik untuk kesehatan mental Anda; menantang Anda untuk membuat neuron tetap aktif dan juga dapat mendorong kepercayaan diri ketika Anda melihat perkembangan Anda.
  8. Merupakan salah satu cara terbaik untuk mendapatkan teman baru dari seluruh belahan dunia …
  9. … dan membangun jaringan internasional profesional yang dapat membantu Anda maju dalam karier Anda.
  10. Uh, ini juga sopan! Ketika bepergian, setidaknya bisa menggunakan beberapa kalimat dalam bahasa asli negara yang Anda kunjungi membuat orang-orang senang. Semakin banyak Anda dapat berbicara, semakin baik pengalaman yang Anda dapatkan dengan penduduk setempat – dan semakin banyak jembatan yang Anda bangun.
  11. Memudahkan para peneliti dan innovator untuk membagikan perkembangan mereka dengan dunia dan dengan peneliti lainnya, sehingga semua orang dapat mengambil manfaat dari kemajuan terbaru dalam sains, perawatan kesehatan dan teknologi. Ini terutama berlaku untuk makalah akademis yang ditulis dalam bahasa Inggris– yang lebih sering dirujuk dan dengan demikian memiliki dampak yang lebih besar.
  12. Orang-orang yang mampu berbicara beberapa bahasa biasanya baik dalam memecahkan masalah karena belajar bahasa mengajarkan Anda untuk melihat dunia (dan masalah) dari sudut pandang yang berbeda.
  13. Teamwork makes the dream work. Dan apa yang membuat tim internasional sukses? Komunikasi kuat yang dibangun di atas keterampilan bahasa yang hebat.
  14. Pembelajaran bahasa sangat baik untuk meningkatkan daya ingat Anda dan dianggap menunda efek penyakit seperti Alzheimer’s dan Dementia. Penyakit-penyakit ini memberi tekanan pada sistem perawatan kesehatan dan ekonomi di seluruh belahan dunia, sehingga mendorong pembelajaran bahasa dapat membantu sistem perawatan dan juga membantu penderita melewatinya.
  15. Membuat perjalanan jauh lebih mudah jika Anda bisa membaca rambu-rambu setempat dan meminta bantuan orang. Yang berarti baik, karena perjalanan merupakan edukasi terbaikdan membuat Anda menjadi orang yang lebih baik.
  16. Mempelajari bahasa membantu membuka akses ke banyak budaya dan sejarah yang beragam yang membentuk dunia, dan melihat lebih jauh lagi dari negara Anda dapat menjadi sumber inspirasi kreatif.
  17. Ketika budaya yang berbeda saling mengenal dan bekerja sama, kita mendapatkan lebih banyak keanekaragaman di sekolah dan tempat kerja, yang meningkatkan produktivitas dan kreativitas, terutama dalam bisnis.
  18. Belajar bahasa dan terlibat dengan budaya lain membantu dunia menjadi tempat yang lebih menerima dan berpikiran terbuka. Hal ini amat penting bagi kaum muda yang mungkin menemukan ‘kaum’ mereka di sudut baru di dunia. Ini bisa berkontribusi pada dunia yang lebih damai dan terhubung, dengan mendobrak hambatan komunikasi yang nyata – dan benar-benar menghubungkan kita dengan sesama.
  19. Selama proses belajar lebih dari satu bahasa, otak Anda bekerja lebih baik dalam mengelola konflik internal dan membuat keputusan, terutama jika Anda mulai belajar sejak kecil. Beberapa studi bahkan menemukan bahwa orang bilingual lebih baik dalam melakukan multitask!
  20. Karyawan bilingual dan multilingual biasanya memiliki penghasilan yang lebih tinggi. Di Amerika Serikat, sebuat studi memperkirakan Anda dapat memiliki penghasilan sekitar 2% lebih banyak dengan berbicara bahasa kedua, namun angka ini naik seiring bertambahnya permintaan untuk bahasa kedua: mampu berbicara bahasa Jerman sangatlah berguna dalam industri dan bisnis internasional untuk AS, jadi rata-rata penutur bahasa Jerman bisa mendapatkan 3,8% lebih banyak.
Belajar bahasa di luar negeri bersama kami Cari tahu lebih lanjut

Bagikan artikel ini

Artikel terbaru dari Bahasa