Berita terbaru tentang perjalanan, bahasa dan budaya oleh EF Education First
Menu

10 alasan mengapa perjalanan merupakan edukasi terbaik (dan mengapa hidup tanpa bepergian itu membosankan)

10 alasan mengapa perjalanan merupakan edukasi terbaik (dan mengapa hidup tanpa bepergian itu membosankan)

Meninggalkan empat sudut Anda dan menjelajahi dunia merupakan keputusan terbaik yang pernah Anda buat. Inilah mengapa.

Berikut adalah 10 alasan terpenting mengapa perjalanan merupakan pendidikan terbaik:

  1. Perjalanan itu menghasilkan penemuan

Manusia; kita merupakan kelompok yang beragam, yang dengan senang hati menghuni hampir setiap sudut dunia. Kita semua tumbuh dengan cara yang berbeda dan memiliki budaya dan tradisi masing-masing, dalam skala nasional dan lokal. Mengelilingi dunia dan bepergian ke berbagai tempat berarti menemukan budaya yang baru dan indah, belajar mengenai sistem kepercayaan kuno dan mendengarkan berbagai kisah menarik mengenai kehidupan di lingkungan yang berbeda dari orang-orang yang memang tinggal di sana.

  1. Perjalanan itu mengeksplorasi

Daki puncak gunung untuk menikmati pemandangan yang menakjubkan; berkeliling perlahan melewati jalan berliku untuk mencari kedai kopi tersembunyi yang terbaik; menemukan arsitektur dan gereja-gereja kuno. Setiap tempat yang Anda kunjungi unik dan menanti untuk dijelajahi – artinya akan selalu ada hal baru yang berbeda untuk dikenang.

  1. Perjalanan itu merasakan

Di beberapa titik perjalanan Anda mungkin akan merasa bersemangat, gugup, gembira, rindu rumah, dan senang. Melalui pasang surut, bepergian dapat menjadi roller coaster yang menguras emosi – dengan cara yang terbaik. Namun begitu Anda memiliki pengalaman dan merasakan kekaguman ketika Anda melangkah untuk menjelajahi kota atau tempat baru untuk pertama kalinya, hati dan jiwa Anda akan menginginkan lebih.

  1. Perjalanan itu mandiri

Bepergian adalah pengalaman dunia nyata. Ini adalah belajar terbang dari sarang, menyadari bahwa Anda dapat menyelesaikan masalah dan bertahan hidup sendiri, dan belajar untuk percaya bahwa Anda siap untuk apapun yang kehidupan berikan pada Anda. Anda kuat, dan Anda mampu melakukannya!

  1. Perjalanan itu menghubungkan

Membangun koneksi antara sesama turis, teman sekelas saat belajar di luar negeri dan keluarga angkat saat Anda bepergian tidak hanya memperkaya pengalaman Anda, namun juga meningkatkan jaringan Anda. Usahakan untuk terhubung dengan orang-orang di sekitar Anda karena Anda tidak pernah tahu peluang apa yang mungkin terjadi. (Ditambah lagi, memiliki sepuluh pertemanan yang baik di seluruh belahan dunia memberi Anda sepuluh alasan lagi untuk bepergian di masa depan!)

  1. Perjalanan itu memahami

Setelah makan tapas dengan penduduk setempat di Barcelona, membantu melindungi kura-kura yang bersarang di pantai Kosta Rika atau menghabiskan sebulan tinggal di New York yang serba cepat, Anda telah menjadi bagian dari klub khusus yang berisi orang-orang yang dapat melihat dunia dengan cara berbeda. Anda telah mengalami hal-hal di luar lingkungan rumah Anda dan telah melihat bahwa setiap negara dan komunitas itu unik. Anda mengerti bahwa perbedaan dalam hiduplah yang membuat kita menarik, namun tawa, kisah, dan nilai yang kita bagikanlah yang mengingatkan kita bahwa kita semua masih memiliki kesamaan. Anda pasti memahaminya.

  1. Perjalanan itu belajar

Kursus belajar di luar negeri merupakan cara yang fantastis untuk menggabungkan perjalanan Anda dengan pertumbuhan pendidikan, terutama jika Anda sedanga belajar bahasa baru. Para ahli sepakat bahwa salah satu cara tercepat untuk menjadi fasih berbahasa asing adalah dengan pindah ke luar negeri; Anda akan belajar dengan cepat ketika tinggal dalam bahasa tersebut.

  1. Perjalanan itu berkomunikasi

Anda terbiasa mengobrol dalam bahasa pertama Anda, pastinya, namun melakukan perjalanan ke luar negeri berarti belajar untuk benar-benar berkomunikasi. Anda akan belajar bahasa baru lebih cepat daripada di tempat asal Anda jika Anda berbicara dengan penduduk setempat setiap hari dan Anda akan segera memahami cara berkomunikasi menggunakan gerakan tangan, ekspresi wajah dan juga bahasa sehari-hari, bukan hanya kosakata yang ada dalam kurikulum Anda.

  1. Perjalanan itu menantang

Ini bisa menjadi menakutkan jika Anda tidak terlalu sering bepergian ataupun terbang ke belahan dunia yang belum pernah Anda kunjungi sebelumnya, namun inilah yang membuatnya lebih bermakna. Tentukan sendiri tujuan Anda, mungkin menari tango di Buenos Aires atau berjalan di bawah pohon sakura di Tokyo, dan lakukan riset untuk mengetahui cara mewujudkannya. Seperti latihan pemecahan masalah yang besar, namun lebih seru karena ini dilakukan di luar negeri.

  1. Perjalanan itu pembelajaran

Jauh dari sekedar sebuah kesempatan untuk menjadikan studi akademis sebagai pengalaman yang seru, perjalanan merupakan cara yang fantastis untuk mempelajari lebih banyak tentang diri Anda, dan tinggal di luar negeri telah terbukti menciptakan rasa percaya diri yang lebih kuat dan sehat. Seringkali pengalaman bepergian membantu Anda menemukan jawaban untuk pertanyaan klasik, ‘Siapakah Anda?’ dan ‘Apa yang ingin Anda lakukan dengan hidup Anda?’ dan membantu Anda membentuk masa depan yang sempurna.

Nikmati dunia bersama kamiLearn More

Bagikan artikel ini

Artikel terbaru dari Perjalanan