GO Blog | EF Blog Indonesia
Berita terbaru tentang perjalanan, bahasa dan budaya oleh EF Education First
Menu

Cara menjaga kemampuan bahasa Anda lebih lama dari kulit kecokelatan Anda

Cara menjaga kemampuan bahasa Anda lebih lama dari kulit kecokelatan Anda

Anda baru saja kembali dari perjalanan studi ke California. Bahasa Inggris Anda sangat luar biasa, semua orang iri dengan kulit cokelat Anda dan mungkin saja masih ada sisa pasir di koper Anda. Anda akan segera mengatasi jet lag, dan semuanya akan kembali normal. Namun bagaimana memastikan kemampuan bahasa yang baru Anda peroleh tidak akan pudar seperti kulit cokelat Anda?

1. Baca. Dan baca lebih banyak lagi.

Cara mudah dan murah untuk berlatih bahasa asing setelah Anda pulang ke rumah adalah dengan membaca. Berkat internet, kita punya semua jenis konten multibahasa pada ujung jari kita, dan dapat memilih dari sekian banyak surat kabar, buku dan majalan asing. Jangan lupa untuk subscribe ke blog, follow orang-orang di Twitter atau mengobrol dengan mereka di WhatsApp atau Instagram.

2. Kata-kata dengan teman

Belajar bahasa akan lebih seru bersama teman dan begitu juga dengan mempertahankan kemampuan Anda. Cari teman dan berlatih: Anda bisa saling berkirim email, mengobrol bahkan Skype bersama secara gratis. Anda juga dapat menemukan teman belajar offline di universitas lokal Anda ataupun bergabung dengan klub bahasa begitu Anda kembali ke rumah.

3. Bernyanyi

Meskipun lirik lagu tidak selalu masuk akal, dan keajaiban sebuah lagu mungkin hilang setelah Anda mendengarkan liriknya dengan lebih seksama, mendengarkan musik secara aktif merupakan cara yang baik untuk melatih

kemampuan bahasa Anda. Anda dapat bernyanyi untuk melatih pengucapan Anda, belajar banyak kata-kata yang baru, dan mungkin bahkan memulai karir untuk menulis lagu Anda sendiri.

4. Setiap malam adalah movie night

Salah satu cara terbaik untuk belajar dan tetap mengingat bahasa adalah dengan menonton film atau show di Netflix dalam bahasa lain. Di sana, mereka biasanya berbicara seperti kehidupan nyata, jadi Anda dapat melatih kemampuan berbahasa Anda dan juga leluconnya, dan memperluas kosakata Anda dengan slang dan idiom. Mendaftar di Netflix merupakan cara yang seru dan hemat biaya untuk tetap mengikuti show Amerika atau Inggris favorit Anda, dan begitu juga dengan konten gratis di YouTube.

5. Jaringan dan koneksi

Beberapa sekolah bahasa menawarkan jaringan alumni agar siswa dapat terus melatih kemampuan bahasa mereka setelah mereka kembali ke rumah dan tetap berhubungan dengan orang-orang dari seluruh belahan dunia. Facebook, Twitter, Instagram atau Whatsapp juga bisa melakukannya, jika Anda tetap menggunakannya secara aktif untuk mengobrol dengan teman seperjalanan Anda dalam bahasa yang sedang Anda pelajari.

6. Lakukan perjalanan (lainnya)!

Bepergian bukanlah cara termurah dan termudah untuk mempertahankan kemampuan bahasa Anda, namun mungkin yang paling seru. Anda dapat mempraktikkan kemampuan dan memperluas wawasan Anda – mungkin merupakan cara terbaik, namun juga paling mahal. Saran saya: Tetap berkomunikasi dengan teman-teman dari berbagai belahan dunia. Dengan begitu, Anda tidak hanya memiliki teman belajar namun mungkin juga sofa untuk tidur saat perjalanan Anda berikutnya!

Latih kemampuan berbahasa Anda di salah satu destinasi (cerah) kamiPelajari lebih lanjut
Dapatkan berita perjalanan, bahasa, dan budaya terbaru di buletin GODaftarkan saya

Jelajahi dunia dan kuasai bahasanya

Selengkapnya