Berita terbaru tentang perjalanan, bahasa dan budaya oleh EF Education First
Menu

Cara membuat diri Anda lebih kompetitif di pasar kerja: 5 tips

Cara

Memiliki pendidikan yang baik tidaklah cukup untuk mendapatkan pekerjaan impian Anda di pasar kerja yang kompetitif saat ini – Anda membutuhkan paduan yang baik dari pendidikan, pengalaman dan kemampuan lainnya – termasuk kemampuan berbahasa – untuk dapat tampil menonjol.

Inilah cara membuat diri Anda lebih kompetitif di pasar kerja:

  1. Tingkatkan kemampuan berbahasa Anda

Mempelajari bahasa baru akan menjadi tambahan yang mengesankan untuk CV Anda. Bukan hanya menunjukkan bahwa Anda memiliki rasa penasaran yang tinggi mengenai dunia, namun juga menunjukkan komitmen Anda untuk meningkatkan keahlian. Ini juga merupakan kemampuan dengan korelasi positif dengan pendapatan yang lebih tinggi.

Salah satu bahasa yang paling dicari untuk dikuasai adalah bahasa Inggris karena dominasi globalnya dan pentingnya dalam bisnis global, diplomasi dan akademisi. Selain itu, ada juga bahasa-bahasa lainnya yang banyak “diinginkan”: yang meliputi bahasa Arab, Mandarin, Spanyol dan Jerman, denganjutaan penutur asli dan bobot geopolitik dan ekonomi di dunia global.

  1. Dapatkan pengalaman lintas budaya

Baik itu bekerja maupun belajar di luar negeri, memiliki wawasan yang lebih luas dan pengalaman hidup di budaya yang berbeda merupakan suatu hal yang dapat membantu Anda bertumbuh sebagai manusia. Anda akan menemukan tantangan yang berbeda dengan yang Anda temukan di rumah, membuat Anda lebih mudah dalama beradaptasi dan kreatif dalam menyelesaikan masalah dan dalam situasi yang tak terduga – semua keterampilan penting yang diperlukan pasar kerja saat ini.

Studi juga menunjukkan bahwa orang yang pernah tinggal di luar negeri lebih cenderung untuk memiliki “rasa percaya diri” yang lebih tinggi, sehingga Anda dapat lebih mengetahui apa yang Anda inginkan dari karir Anda dan hanya melamar pekerjaan yang benar-benar Anda inginkan (baca: bagus untuk pemberi kerja!).

  1. Menyelesaikan pendidkan selanjutnya

Di banyak bidang, memiliki gelar sarjana dapat meningkatkan penghasilan Anda secara signifikan dan dapat membantu Anda mendapatkan pekerjaan. Sektor-sektor seperti perbankan dan keuangan, ekonomi, politik dan bisnis khususnya seringkali secara eksklusif merekrut lulusan universitas untuk berbagai jabatan. Merupakan hal yang penting untuk menemukan jurusan yang sesuai untuk Anda. Dan bukan hanya hingga titik di mana atasan Anda akan menyukainya, namun fakta bahwa Anda dapat membuktikan bahwa Anda dapat bekerja keras. Menyelesaikan masalah dan berpikir untuk diri Anda sendiri.

Telah memiliki gelar sarjana? Belajar tidak harus berakhir di sana; melanjutkan pendidikan (online atau secara langsung – Anda dapat memilih yang mana saja) merupakan cara yang sangat baik untuk terus memperluas kemampuan Anda.

  1. Koneksi, koneksi, koneksi

Pepatah “bukan apa yang Anda tahu, tapi siapa yang Anda kenal” separuhnya benar: Pendidikan yang baik dan pengalaman hidup yang tepat sangatlah penting, namun ketika berbicara mengenai kesempatan menemukan peluang pekerjaan yang tepat (dan punya “orang dalam”), semua ini tentang siapa yang Anda kenal. Koneksi, walaupun mungkin terasa merepotkan, merupakan hal yang penting untuk memperluas daftar kontak Anda.

Menghadiri konferensi dan acara makan malam bersama, membuat obrolan sopan dan ramah dengan semua orang yang Anda temui (berikut adalah tips cara membentuk jaringan seperti seorang bos). Ingatlah untuk tetap berhubungan dengan orang-orang di daftar kontak Anda, walaupun Anda sedang tidak mencari pekerjaan baru. Anda tidak pernah tahu, suatu hari, mereka mungkin berpikir Anda merupakan orang yang tepat untuk pekerjaan tertentu dan mengajukan nama Anda, atau mungkin dapat menawarkan pekerjaan pada Anda.

  1. Dapatkan pengalaman kerja yang relevan

Bagaiman Anda dapat mendapatkan pekerjaan pertama Anda, ketika setiap pekerjaan membutuhkan pengalaman kerja dan pemahaman di pekerjaan sebelumnya? Ambil beberapa pekerjaan ataupun ikut kerja magang. Gali info (gunakan koneksi Anda!) untuk mengetahui kesempatan magang di bidang yang Anda pilih. Anda mungkin harus mengorbankan waktu senggang yang Anda miliki dan merintis dari bawah, namun membuatkan kopi, mengisi kekosongan atau menjalankan sosial media dari perusahaan relevan merupakan pijakan pertama di tangga karir.

Dengan beberapa pengalaman kerja di CV Anda, Anda akan membuat diri Anda lebih berkualitas untuk pekerjaan penuh waktu dibandingkan dengan lulusan baru dari universitas. Ditambah lagi, Anda akan lebih mengetahui jalur karir yang tepat untuk Anda sebelum mengambil komitmen untuk pekerjaan permanen.

Belajar bahasa di luar negeri dengan EFLearn More

Cari tahu tingkat bahasa inggris kamu dalam hitungan menit

Selengkapnya