GO Blog | EF Blog Indonesia
Berita terbaru tentang perjalanan, bahasa dan budaya oleh EF Education First
Menu

Cara tinggal seperti penduduk setempat (dan merasa berada di rumah sejak hari pertama)

Cara tinggal seperti penduduk setempat (dan merasa berada di rumah sejak hari pertama)

Mudah untuk merasa sendirian, bingung dan bahkan sedikit takut ketika pindah ke kota baru. Butuh beberapa saat untuk terbiasa dengan rutinitas, ritme dan kebiasaan rumah host Anda, namun Anda akan terbiasa lebih cepat dari yang Anda kira jika Anda mengikuti tips kami. Berikut cara untuk tinggal seperti penduduk setempat dan merasa berada di rumah sejak hari pertama.

Bawa beberapa barang favorit Anda

Pastikan Anda mengisi koper Anda dengan beberapa barang yang bisa membuat kamar baru Anda terasa seperti rumah sendiri. Bahkan hal-hal sederhana seperti seprai lama, atau lilin yang Anda sukai, bisa membuat rumah baru terasa lebih nyaman. Dan hiasi dinding Anda dengan foto-foto teman dan keluarga untuk membuat ‘rumah’ tidak terasa terlalu jauh.

Perasaan memiliki di kota baru Anda dimulai dari perasaan memiliki di rumah baru Anda.

Gunakan bahasa setempat

Berinteraksi dengan semua orang menggunakan bahasa asli mereka dari hari pertama – bahkan ketika kemampuan Anda masih terbatas. Mungkin agak sulit pada awalnya, tetapi ini akan memjadi latihan harian yang baik, meningkatkan tingkat kepercayaan diri Anda dan mengasah kemampuan berbahasa Anda dalam situasi nyata setiap harinya.

Karena orang-orang cenderung sangat menghargai pendatang baru yang mencoba berbicara dalam bahasa mereka, ini juga akan membuat orang-orang merespon dengan lebih positif dan membuat Anda merasa menjadi bagian dari komunitas sejak hari pertama.

Kuasai bahasa gaul

Ke mana pun Anda pergi, akan ada bahasa yang digunakan sehari-hari dan istilah bahasa gaul yang tidak diajarkan di dalam kelas. Dari Anda minum dari ‘cuppa’ (cangkir teh) di London, atau membeli ‘stubby’ (bir dingin kecil) di Sydney, dengarkan istilah mana yang orang lain di sekitar Anda gunakan dan simpan untuk diri Anda. Hal ini akan segera dapat dilakukan secara alami dan Anda akan merasa – dan diperlakukan – seperti penduduk setempat.

Lakukan apa yang dilakukan penduduk setempat

Apakah semua orang di kota baru Anda bersepeda di jalanan? Beli sepeda! Apakah metro atau tram merupakan transportasi paling populer untuk berkeliling? Segera urus kartu transportasi Anda, jadi Anda bisa menjelajahi dan bepergian dengan mudah di kota baru Anda. Tidak ada yang akan membuat Anda merasa seperti penduduk setempat dibandingkan mengalami jam sibuk di pagi hari bersama orang lain!

Makan di tempat mereka makan

Saat mencari tempat makan yang baru, atau mencari kafe trendi yang menyajikan latte panas seperti yang Anda suka, perhatikan di mana penduduk setempat nongkrong. Hindari rantai besar yang bisa Anda beli dari rumah atau jelajahi jalan-jalan kecil atau bagian kota yang lebih tenang untuk memaksimalkan peluang Anda menemukan permata tersembunyi.

Terselip dari jalan raya utama, Anda mungkin akan menemukan kedai kopi dan restoran yang dikelola keluarga yang menyajikan masakan daerah yang lezat – tidak ada yang lebih lokal daripada mencicipi hidangan yang telah memberi makan kota selama beberapa generasi!

Jelajahi dan jadi turis

Jangan lupa untuk berkeliling kota seperti seorang wisatawan. Ketika Anda tiba pertama kali, mengeluarkan peta dan menjelajahi tempat-tempat paling ikonik dan terkenal di kota ini akan membantu Anda menemukan pondasi Anda. Menghabiskan satu atau dua hari mengunjungi taman, museum, area perbelanjaan populer atau distrik teater akan memberikan dasar pengetahuan yang baik mengenai rumah baru Anda.

Setelah Anda siap dan tahu di mana tempat-tempat yang wajib dikunjungi, Anda dapat menjelajahi kota lebih dalam lagi.

Bedakan pound dari peso Anda

Uang membuat dunia berputar, jadi salah satu hal terpenting dalam daftar yang harus dilakukan adalah mengatur mata uang dan perbankan Anda.

  • Langkah 1: Tiba dengan uang tunai dalam mata uang lokal untuk memastikan Anda tidak terjebak dalam ‘Oh, tidak bisa mengunakan kartu?’.

  • Langkah 2: Siapkan kartu perjalanan prabayar atau kartu kredit dari rumah yang memungkinkan Anda melakukan transaksi atau tarik tunai dari ATM di luar negeri.

  • Langkah 3: Setelah Anda memiliki alamat terdaftar atau mendapatkan pekerjaan, pikirkan tentang membuka rekening bank lokal dengan mata uang negara setempat, untuk menghemat biaya konversi mata uang asing di setiap transaksi yang Anda lakukan.

Penting untuk mengetahui budaya memberi tip di rumah baru Anda: Apakah pemberian tip diperlukan, dan jika ya, berapa banyak dan dalam situasi apa? Ingatlah bahwa di AS, misalnya, pemberian tip dengan murah hati sangatlah penting dalam hampir setiap situasi.

Berteman dengan penduduk setempat

Tetangga atau orang yang Anda temui di kafe mungkin telah tinggal di kota atau negara ini seumur hidup mereka. Berusaha untuk berteman dengan penduduk setempat tidak hanya akan membuat Anda lebih nyaman berada di kota baru Anda, namun juga akan membuka pintu: Anda akan dipersenjatai dengan segudang tips professional, tempat nongkrong rahasia dan rekomendasi lokal untuk segala hal, mulai dari tempat yang perlu dikunjungi hingga jajanan kaki lima untuk dicicipi.

Dengan menyerap pengetahuan lokal mereka, akan tidak lama untuk Anda merasa seperti penduduk setempat.

Undang pengunjung

Mengetahui bahwa hanya dalam beberapa minggu Anda akan memiliki teman atau keluarga yang berkunjung pada akhir pekan memberi Anda perasaan nyaman bahwa ucapan ‘selamat tinggal’ yang Anda ucapkan baru-baru ini akan berakhir. Tak lama lagi, Anda akan bertemu lagi dengan mereka, dan kali ini Anda akan memperkenalkan mereka semua tempat yang Anda sukai di kota baru Anda.

Melihat kota melalui mata mereka saat Anda bertindak sebagai pemandu wisata akan membantu Anda menyadari seberapa baik Anda mengenal tempat ini dan seberapa Anda mulai menjadi ‘lokal’.

Belajar di luar negeri bersama EFPelajari lebih lanjut
Dapatkan berita perjalanan, bahasa, dan budaya terbaru di buletin GODaftarkan saya

Belajar salah satu dari 12 bahasa di 50 puluh pilihan kota terbaik

Selengkapnya