GO Blog | EF Blog Indonesia
Berita terbaru tentang perjalanan, bahasa dan budaya oleh EF Education First
Menu

Cara mendapatkan teman di luar negeri: 6 tips

Cara mendapatkan teman di luar negeri: 6 tips

Setelah memilih kota, mempersiapkan visa dan penerbangan, memastikan semua bawaan Anda, dan mengucapkan selamat tinggal pada keluarga Anda, Anda sadar akan pergi keluar negeri dan segalanya akan berubah. Termasuk teman-teman Anda. Ya, benar – lingkaran pertemanan Anda akan tumbuh dan semakin internasional. Seperti halnya sekolah dan perguruan tinggi, belajar di luar negeri merupakan periode untuk bertemu dengan orang-orang – jadi manfaatkanlah sebaik-baiknya dengan mengikuti tips di bawah ini.

  1. Perkenalkan diri Anda

Pertama-tama: ketika bertemu orang baru, sapa mereka dengan “hai”! Senyum terbuka – Anda dapat melihatnya dari mata seseorang dan juga mulut – merupakan cara mudah untuk mendapatkan kepercayaan ketika bertemu dengan orang baru. Pikirkanlah: apakah Anda pernah merespon negatif sebuah senyuman yang tulus? Jadi lakukanlah, tunjukkan senyum terindah Anda dan katakan “Hai, saya _______, apa kabar?” (atau variasi dari salam ini – Anda akan dengan cepat belajar melakukannya dalam bahasa yang sedang Anda pelajari!). Tentu saja, tergantung pada tempat Anda tinggal, mungkin ada isyarat atau salam lain yang digunakan saat memperkenalkan diri. Anda akan dengan cepat mengetahuinya; apakah satu ciuman di pipi (di Amerika Latin), dua ciuman di kedua pipi (seperti di SpanyolPerancis, dan Italia), lambaian tangan atau pelukan singkat (seperti di sebagian besar negara berbahasa Inggris), atau sedikit membungkuk (seperti di Japan).

  1. Bergabung dengan klub dan kegiatan

Apakah Anda punya daftar kegiatan unik yang selalu ingin Anda lakukan tetapi belum pernah menyisihkan waktu untuknya? Kabar baik: inilah saatnya! Buang ide-ide yang memisahkan hal yang Anda sukai dan tidak sukai, dan belajar untuk berkata “ya” untuk kesempatan yang datang pada Anda. Kelas fotografi, menunggang kuda, salsa, hiking, barista dan memasak – semua ini merupakan cara fantastis untuk bertemu siswa-siwa lain dengan minat yang sama dengan Anda. (Ditambah lagi, Anda bisa memakan apa saja yang Anda buat – yum!)

  1. Mencoba olahraga baru

Olahraga tim dikenal membangun persahabatan. Perasaan memiliki klub dan mengetahui rekan tim Anda bergantung pada Anda untuk berlatih dan berkompetisi merupakan hal yang memotivasi, dan pengalaman untuk bekerja sama menuju satu tujuan yang sama akan menciptakan koneksi yang kuat dan cepat. Olahraga populer bergantung pada tempat Anda belajar. Tonton pertandingan rugby dan kriket di AustraliaSelandia Baru, dan  Inggris; sepakbola di Eropa dan futbol Amerika, bisbol and basket di Amerika Serikat. (Tip tambahan:  jika Anda mencoba olahraga namun tidak menikmatinya, pilih dan dukung tim dengan siswa lainnya.)

  1. Mencoba hobi baru

Hobi bukan hanya merupakan cara yang seru untuk bertemu orang baru – tetapi juga baik untuk menenangkan pikiran Anda ketika semester mulai sulit. Luangkan waktu untuk yoga, berselancar, koding, membuat roti, panjat tebing, berkebun, kaligrafi, tenis, fotografi, taekwondo, atau apa saja yang Anda inginkan! Cari tahu kegiatan yang sekolah Anda tawarkan atau bertanyalah pada siswa lain apa yang mereka lakukan sepulang sekolah.

  1. Tinggal dengan siswa lain

Berbagi rumah atau apartemen dengan sesama siswa merupakan salah satu cara terbaik untuk bertemu orang baru: Anda akan mendapatkan teman instan, ditambah bertemu teman-teman mereka. Semua ini memberi Anda alasan tanpa batas untuk saling berkunjung ke rumah dan meningkatkan lingkaran sosial Anda lebih luas lagi. Pikirkan ulang tahun, hari libur, makan malam, sesi belajar, dan minum kopi bersama di tempat nongkrong terkeren di lingkungan Anda.

  1. Ingatlah untuk tetap berhubungan

Belajar di luar negeri merupakan periode intens pertumbuhan dan perubahan yang memperkenalkan Anda pada orang-orang yang tinggal bersama Anda di siswa hidup Anda. Jadi jangan lupa untuk mempertahankan persahabatan ini setelah Anda kembali ke rumah. Bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Anda tidak perlu menunggu selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan untuk menerima surat – kini ada email, Skype, grup WhatsApp dan banyak platform lain yang dapat digunakan untuk tetap berhubungan dengan teman-teman baru Anda. Percayalah: 10, 15, atau 20 tahun ke depan, Anda akan merasa beruntung karena Anda melakukannya!

Belajar di luar negeri bersama kamiLearn More
Dapatkan berita perjalanan, bahasa, dan budaya terbaru di buletin GODaftarkan saya

Belajar salah satu dari 10 bahasa di 50 puluh pilihan kota terbaik

Selengkapnya