GO Blog | EF Blog Indonesia
Berita terbaru tentang perjalanan, bahasa dan budaya oleh EF Education First
Menu

Cara berkemas selama tinggal setahun di luar negeri (dan mengapa Anda harus mulai bersiap-siap sekarang)

Cara berkemas selama tinggal setahun di luar negeri (dan mengapa Anda harus mulai bersiap-siap sekarang)

Ketika berbicara tentang berkemas untuk waktu yang lama di tempat yang jauh, tidak ada yang namanya ‘terlalu awal’. Berkemas di menit terakhir berarti melupakan barang-barang penting, mengemas barang yang hampir tidak pernah diperlukan, dan terburu-buru untuk memasukkan setiap barang dalam jangkauan ke dalam koper besar sebelum Anda bergegas ke bandara – dan mungkin harus membayar lebih untuk kelebihan berat.

Berikut adalah cara berkemas selama satu tahun di luar negeri – dan tetap waras (dan bersemangat!) dalam proses.

Kapan perlu berkemas

Mulailah setidaknya beberapa bulan sebelum kepergian Anda. Ini terdengar tidak masuk akal, saya paham, namun Anda akan segera sadar bahwa Anda punya celah di lemari pakaian Anda dan perlu membeli beberapa pakaian baru. Dan membelinya di negara asal mungkin akan lebih terjangkau dibandingkan dengan belanja di destinasi Anda (Anda mungkin ingin menghemat anggaran untuk perjalanan dan wisata yang menyenangkan).

Mulai lebih awal juga akan mencegah Anda dari kepanikan membeli mantel musim dingin baru yang sebenarnya tidak Anda sukai untuk dibawa menghadapi musim dingin di Tokyo, atau menyadari semua bikini yang Anda beli dalam perjalanan ke bandara sebelum terbang ke Miami tidak muat – jauh lebih baik untuk mempersiapkan semuanya sebelum perjalanan.

Tidak perlu disebutkan bahwa Anda sebaiknya membawa pakaian dalam keadaan bersih. Beri diri Anda sendiri waktu untuk mencuci dan mengeringkan semuanya, sehingga Anda tidak perlu lari ke binatu dan harus menavigasi instruksi dalam bahasa asing ketika tiba untuk pertama kalinya.

Apa yang perlu dikemas: barang-barang penting

Jawaban yang sudah jelas termasuk paspor, kartu tanda pengenal, tiket, kartu bank atau mata uang yang dapat Anda gunakan di luar negeri serta uang tunai, salinan dokumen penting, termasuk surat asuransi kesehatan. Namun ada lagi beberapa hal lain yang sangat penting untuk dipertimbangkan saat berkemas.

Pertama, kemas untuk musim yang akan Anda alami. Tidak ada gunanya membawa apa yang mungkin selalu Anda pakai di rumah jika kota baru Anda memiliki suhu 35 derajat sepanjang tahun atau terkubur di bawah salju setinggi dua kaki setiap musim dingin.

Beberapa pasang sepatu yang baik merupakan kunci dan sepasang sepatu trainer yang nyaman penting untuk menjelajah dan mengetahui kota Anda dengan berjalan kaki.

Bawalah kamera yang baik jika Anda punya, atau pastikan Anda memiliki ponsel terbaik dengan kamera terbaik yang mampu Anda beli. Anda akan menghabiskan enam bulan atau satu tahun untuk membuat ribuan kenangan dan bertemu teman-teman baru, jadi Anda akan ingin mendokumentasikannya.

Terakhir, periksa apakah Anda perlu adapter daya untuk menjaga baterai ponsel dan kamera Anda tetap penuh. Steker Eropa dengan kaki tiga tidak akan cocok dengan soket Inggris yang memiliki tiga lubang. Hal yang sama juga terjadi pada Amerika Serikat di mana stekernya berbeda bentuk.

Apa yang harus dikemas jika koper Anda masih muat

Bawa beberapa barang kesayangan untuk membuat kamar baru Anda tidak terlalu terasa asing ketika Anda tiba, seperti sprei favorit, beberapa foto, dan mungkin satu atau dua jenis makanan ringan yang mungkin tidak bisa Anda dapatkan di kota baru Anda – apapun yang mengingatkan Anda pada rumah.

Bagaimana cara berkemas

Jangan hanya melemparkan barang-barang ke dalam koper Anda dan berharap Anda telah membawa semuanya – waktu-waktu terakhir tidak akan cukup ketika Anda perlu berkemas untuk satu tahun penuh (atau mendekati satu tahun).

Terus tambahkan ke tumpukan ‘saya akan membawa ini’ selama bebarapa bulan sebelum kepergian Anda, dan ketika Anda akhirnya siap untuk memasukkan barang-barang ke koper, letakkan semuanya di atas ranjang Anda dan pisahkan per kategori. Ini akan membantu Anda memvisualisasikan apa yang telah Anda sortir dan apa yang mungkin Anda lewatkan: Apakah Anda memiliki cukup banyak kaus kaki? Apakah Anda benar-benar membutuhkan 19 kaos?

Selama fase ini, bersikap kritis dan singkirkan barang-barang yang tidak terlalu diperlukan atau dipakai, tapi tetap pastikan Anda memiliki semua kebutuhan dasar (dan favorit).

Praktisnya barang bawaan

Koper keras tepat digunakan untuk perjalanan yang lebih lama. Koper ini lebih mudah dibawa walaupun dalam keadaan berat, dan menjaga barang Anda tetap aman selama perjalanan. Tas jinjing hanya dapat memuat sedikit, dan tas punggung tidak cukup baik untuk persiapan kehidupan baru Anda di luar negeri.

Ingatlah untuk meletakkan barang berharga di tas tangan Anda, dan masukkan perlengkapan mandi dalam tas tahan air di dalam koper Anda. Walaupun Anda bisa membelinya di mana saja, Anda mungkin ingin membawa sebotol sampo favorit Anda, dan Anda tidak ingin menemukannya telah merembes ke seluruh pakaian Anda ketika tiba di sana.

Simpan dokumen penting seperti paspor, tiket penerbangan, kartu bank, dan uang tunai di map kedap air yang terpisah di dalam tas tangan Anda, di dalam saku yang mudah diakses. Ini juga merupakan tempat yang baik untuk menyimpan charger ponsel karena Anda pasti akan segera membutuhkannya setelah mendarat.

Tip terbaiks: Investasilah dalam kotak pengemasan. Kotak-kotak kain berbentuk kubus ini menyimpan semua pakaian Anda dengan teratur dan semuanya akan masuk dengan rapi ke dalam koper Anda.

Pergi selama setahun di luar negeri bersama kamiPelajari lebih lanjut
Dapatkan berita perjalanan, bahasa, dan budaya terbaru di buletin GODaftarkan saya

Cari tahu tingkat bahasa inggris kamu dalam hitungan menit

Selengkapnya