Berita terbaru tentang perjalanan, bahasa dan budaya oleh EF Education First
Menu

Bahasa apa yang harus saya pelajari? Beberapa tips untuk memutuskannya.

Bahasa

Memiliki bahasa kedua, ketiga, atau bahkan kelima itu luar biasa, tetapi bagaimana Anda memilih yang mana untuk dipelajari (Selanjutnya)? Ada lebih dari 6000 bahasa di luar sana, sehingga dapat membuat keputusan yang sulit: Beberapa bahasa terlihat indah atau terdengar seperti sihir murni, sementara yang lain sangat berguna untuk pekerjaan atau keseharian tertentu.

Sebelum Anda membeli buku teks, mendaftar di kelas, dan mengunduh aplikasi, penting untuk memiliki alasan yang baik untuk belajar – semakin Anda termotivasi untuk belajar, semakin mudah untuk menjadi fasih. Kami mengumpulkan beberapa tips untuk membantu Anda memutuskan bahasa apa yang harus Anda pelajari selanjutnya.

Pelajari bahasa yang memajukan karier Anda

Salah satu alasan yang paling memuaskan untuk belajar bahasa adalah untuk pendidikan atau karir Anda: Anda bisa mendapatkan nilai yang lebih baik, mendapatkan gaji yang lebih tinggi, dan meningkatkan kesempatan Anda untuk belajar atau bekerja di negara lain. Jika Anda memutuskan untuk belajar bahasa di luar negeri, Anda juga akan dibekali dengan pengalaman internasional dan soft skill tak ternilai yang dapat membuka pintu karir kiri dan kanan.

Pelajari bahasa yang Anda minati

Menggabungkan hobi atau minat dengan belajar bahasa adalah insentif yang sempurna untuk belajar. Jika Anda memiliki acara TV atau band favorit, mempelajari bahasa mereka dapat menjadi motivasi yang bagus untuk lebih menikmati, melihat atau mendengarkan mereka. Selain itu, bernyanyi mengikuti lirik atau menonton acara TV atau film dalam bahasa aslinya dapat menjadi cara yang mudah dan menyenangkan untuk melatih kosakata Anda. Memilih bahasa yang benar-benar indah juga merupakan titik awal yang baik (dan akan membuat Anda tetap termotivasi saat mempraktikkannya.)

Pelajari bahasa yang bisa sering Anda gunakan

Belajar bahasa adalah tentang latihan, jadi semakin banyak Anda mengucapkan, mendengar, atau membaca kata-katanya, akan semakin baik. Jika Anda memiliki teman atau rekan kerja yang berbicara bahasa tertentu, berlatih bisa menjadi jauh lebih nyaman. Jika Anda berusaha keras untuk mendapatkan akses ke bahasa tersebut, kemajuan mungkin lebih lambat. Tentu saja, tidak ada yang dapat menghentikan pembelajar bahasa yang gigih, tetapi perlu diingat bahwa latihan menjadi sempurna dan semakin bervariasi, tersedia, dan nyaman latihannya, semakin baik.

Pelajari bahasa yang cocok untuk Anda

Mempelajari bahasa membutuhkan banyak waktu dan stamina, jadi Anda harus dapat menginvestasikan beberapa sumber daya dalam upaya tersebut. Salah satu cara untuk memilih bahasa yang ingin Anda pelajari adalah dengan mencari tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapai tingkat tertentu – dan kemudian membandingkannya dengan jadwal Anda. Bahasa yang lebih dekat dengan bahasa ibu Anda akan membutuhkan lebih sedikit waktu untuk dipelajari, sementara bahasa dengan alfabet baru akan membutuhkan lebih banyak usaha. Jika Anda terbiasa mempelajari tata bahasa dan menghafal kosa kata, Anda mungkin juga akan lebih cepat daripada seseorang yang mempelajari bahasa baru pertama mereka. Lihat artikel kami tentang bahasa yang mudah dipelajari untuk mendapatkan inspirasi.

Pelajari bahasa yang dapat Anda gunakan di publik

Bepergian adalah salah satu alasan paling berguna dan bermanfaat untuk belajar bahasa: Anda akan tenggelam dalam budaya lokal, berbicara dengan orang-orang, menanyakan arah, dan bahkan mungkin menawar atau menegosiasikan kesepakatan yang lebih baik. Mampu memahami apa yang dikatakan orang juga dapat memberi Anda rasa aman, yang berarti bahwa waktu Anda di luar negeri mungkin akan sedikit lebih santai. Selain itu, orang biasanya menghargai upaya seseorang yang mempelajari bahasa lokal dan ada kemungkinan besar mereka akan lebih ramah dan bersahabat jika mereka melihat Anda berusaha mempelajari beberapa ekspresi dasar.

Pelajari bahasa yang Anda miliki alatnya

Ini mungkin bukan faktor terpenting dalam membuat keputusan awal, tetapi ini bisa menjadi sangat penting setelah Anda meningkatkan permainan Anda: Yang terbaik adalah mempelajari bahasa yang menyediakan alat pembelajaran favorit Anda. Jika Anda menyukai aplikasi, pastikan bahasa baru Anda didukung. Jika Anda ingin bersama seseorang, temukan seseorang yang siap untuk tugas itu. Semakin mudah mengakses alat belajar pilihan Anda, semakin cepat kemajuan Anda.

Pelajari bahasa yang unik

Cara lain untuk memilih bahasa yang ingin Anda pelajari adalah dengan memilih bahasa yang jarang dipelajari orang. Dengan begitu, Anda akan menonjol dan menarik perhatian orang. Sadarilah bahwa seluruh proses mungkin menjadi lebih lambat dan lebih sulit, tetapi berenang melawan arus bahasa mungkin hanya memberi Anda keunggulan yang Anda butuhkan untuk menonjol

Belajar bahasa di luar negeri bersama kamiCari tahu lebih lanjut

Belajar salah satu dari 12 bahasa di 50 puluh pilihan kota terbaik

Selengkapnya