GO Blog | EF Blog Indonesia
Berita terbaru tentang perjalanan, bahasa dan budaya oleh EF Education First
Menu

4 Alasan Mengapa Anda Perlu Mengirim Anak Anda Belajar ke Luar Negeri

4 Alasan Mengapa Anda Perlu Mengirim Anak Anda Belajar ke Luar Negeri

Setiap hari, para orang tua mengantarkan anak-anaknya hingga gerbang keberangkatan untuk bepergian ke belahan dunia lainnya dan Anda bertanya-tanya bagaimana cara mereka dapat bertahan tanpa buah hati mereka di bulan-bulan berikutnya. Anda tidak pernah mengira bahwa giliran Anda akan tiba, dan tiba-tiba anak Anda meminta Anda agar mereka bisa belajar bahasa Inggris di luar negeri; belajar di Amerika misalnya, dan yang ingin Anda lakukan hanyalah membuat anak Anda tetap tinggal dengan aman di rumah. Sebagai orang tua, tentunya wajar jika Anda merasa khawatir terhadap perubahan-perubahan besar yang terjadi. Ketika anak Anda beranjak dewasa, Anda akan menyadari bahwa akan ada jarak di antara Anda dan anak Anda. Tapi, ingatlah bahwa “jarak” tersebut merupakan bentuk dari “Kemandirian” dari sang anak, dan hal ini memang normal dan dibutuhkan dalam tahap pertumbuhan.

Meskipun hal ini bukanlah perubahan yang mudah, akan tetapi dengan mendukung anak Anda dalam membentuk jalan mereka di dunia dan memulai studi mereka akan menjadi salah satu hadiah terpenting yang dapat Anda berikan. Berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda perlu mengirim anak Anda belajar ke luar negeri.

  1. Gunakan waktu dengan baik sebelum memasuki universitas

Jeda diantara periode kelulusan dari sekolah dan mulai memasuki universitas biasanya cukup panjang. Ketika pekerjaan musim panas atau waktu bermain bersama teman mungkin dapat mengisi waktumu, akan tetapi ada cara lain untuk mengisi waktu panjang tersebut. Daripada merenung memandang anak Anda, sembari bertanya-tanya bagaimana waktu bisa berlalu dengan begitu cepat dan anak Anda telah lulus SMA, berikan mereka awal terbaik untuk mendapatkan masa depan di dunia internasional dengan mengarahkan mereka untuk belajar bahasa Inggris (atau bahasa lain) di luar negeri. Waktu yang digunakan untuk belajar di luar negeri merupakan investasi yang cermat, mengingat kemampuan berbahasa Inggris diperlukan di banyak bidang.

Selain mempersiapkan mereka untuk masa depan mereka, saat belajar di luar negeri, anak Anda juga akan menemukan diri mereka berada di dalam berbagai situasi pembelajaran: Mulai dari menangani kehidupan sehari-hari di kota yang baru dan bahasa baru hingga bertemu dengan orang-orang baru dari seluruh belahan dunia. Hal ini akan menjadi pengalaman berharga dan akan membantu mereka dalam transisi menuju kehidupan di universitas dan dari tekanan-tekanan yang mungkin terjadi: Anak Anda akan lebih percaya diri dan mandiri, serta terbiasa bekerja menuju tujuan yang jelas, dapat memenuhi tenggat waktu studi, dan bertanggungjawab atas kesuksesan akademis mereka.

  1. Melatih kemandirian dan kemampuan menyelesaikan masalah

Ketika mereka berada di perlindungan Anda – mulai dari memberikan makanan bergizi hingga seragam yang bersih – semuanya dilakukan dengan penuh kasih sayang. Kini, dengan dihadapkan dengan pemikiran bahwa anak Anda akan berada di luar negeri, Anda akan merasa perlu untuk terus merawat mereka selamanya. Namun ingat: Anak Anda kini telah dewasa dan siap untuk menempuh jalan mereka sendiri. Selama mereka berada di luar negeri, mereka mungkin akan menemukan tantangan, tetapi jangan khawatir: Semuanya merupakan kesempatan bagi anak Anda untuk mengembangkan keterampilan hidup, dari menyelesaikan masalah hingga memiliki pemikiran dan tindakan yang independen.

  1. Kunci untuk karir yang sukses

Bahasa Inggris masih merupakan bahasa bisnis global, dan kemampuan untuk menggunakannya secara efektif akan membantu anak Anda dalam mempersiapkan karir masa depan mereka – apapun jurusan mereka. Terlepas dari manfaat bilingualism (dari lebih berempati, lebih sehat, hingga otak yang lebih cerdas), berbicara bahasa Inggris dengan tingkat yang tinggi membuka pintu karir di seluruh dunia. Belajar bahasa Inggris di luar negeri juga akan memperkenalkan anak Anda pada profesional dan siswa dengan minat yang sama – siapa tahu apa yang akan datang dari kontak-kontak tersebut di masa depan? Dari rekan kerja potensial hingga persahabatan seumur hidup, manfaat mengembangkan jaringan saat belajar di luar negeri tidak terbatas.

  1. Tidak seberat yang Anda kira (untuk mengucapkan selamat tinggal untuk sementara waktu)

Meskipun Anda tentunya akan merasa cemas, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk merasa lebih dekat dengan anak Anda ketika mereka jauh dari rumah. Tetap berada dalam jangkauan dengan mengirimi mereka paket perawatan seperti makanan favorit mereka untuk dicemil saat belajar. Atau bentuk grup keluarga pada aplikasi pesan instan seperti Whatsapp. Ini akan memungkinkan Anda mengobrol dan berbagi foto serta video secara real time, sehingga mereka tidak akan merasa begitu  jauh. Pilihan bagus lainnya adalah mengisi kredit Skype mereka secara rutin sehingga mereka dapat menghubungi Anda dengan mudah.

Bagaimanapun Anda memutuskan untuk tetap berkomunikasi dengan anak Anda selama mereka belajar di luar negeri, pengalaman mereka di sana akan menjadi investasi yang cerdas di masa depan mereka.

Masih khawatir mengirimkan anak Anda bersama EF?Dapatkan karir yang gemilang
Dapatkan berita perjalanan, bahasa, dan budaya terbaru di buletin GODaftarkan saya

Jelajahi dunia dan kuasai bahasanya

Selengkapnya