GO Blog | EF Blog Indonesia
Berita terbaru tentang perjalanan, bahasa dan budaya oleh EF Education First
Menu

12 Tips Cara Mempersiapkan Diri Untuk Belajar di Luar Negeri?

12 Tips Cara Mempersiapkan Diri Untuk Belajar di Luar Negeri?

Belajar di luar negeri dan belajar bahasa tentunya merupakan petualangan yang tak akan terlupakan. Namun sebelum Anda mahir dalam bahasa yang Anda pilih, membiasakan diri Anda dengan cara hidup lokal dan menciptakan kenangan seumur hidup, Anda perlu bersiap untuk melakukan perjalanan ke negara lain – dan hal ini bukan hanya berarti mempersiapkan paspor dan koper Anda.

  1. Cari Tahu Mengenai Biaya

Sebelum melakukan hal lainnya, pastikan Anda memiliki cukup uang untuk membayar perjalanan ini – ini juga termasuk uang yang akan Anda habiskan selama berada di luar negeri. Sebagai aturan praktis, Anda mungkin saja menghabiskan lebih banyak uang dari yang Anda perkirakan. Biasanya, yang terbaik adalah memiliki uang tunai dengan nominal kecil dan kartu kredit untuk pengeluaran yang lebih besar dan perjalanan yang lebih panjang. Informasikan pada perusahaan kartu kredit Anda ke mana Anda akan pergi dan berapa lama Anda akan tinggal – dengan begitu mereka tidak akan memblokir kartu Anda saat Anda mulai berbelanja.

  1. Pelajari Transfer Bandara

Jika Anda ingin membuat hidup Anda lebih mudah, biarkan pendamping belajar di luar negeri Anda mengatur transfer dari bandara ke tempat tinggal atau sekolah. Jika Anda lebih suka mencari supir sendiri atau naik angkutan umum, pastikan untuk mempelajari berbagai pilihan sebelumnya – hal ini akan banyak menghemat waktu dan tenaga Anda, terutama setelah penerbangan yang panjang. Setelah Anda tiba di tujuan, ingat bahwa Anda perlu transportasi untuk mengantar Anda ke bandara di negara tersebut.

  1. Pastikan Kebutuhan Asuransi Anda

Pendamping belajar di luar negeri Anda juga merupakan orang yang tepat untuk diajak berbicara mengenai asuransi perjalanan, jadi jangan ragu untuk bertanya. Anda juga perlu menghubungi penyedia asuransi kesehata Anda untuk mengetahui apakah ada tawaran khusus yang sesuai dengan kebutuhan Anda ketika Anda berada di luar negeri.

  1. Salin Dokumen Penting

Anda sebaiknya memiliki salinan digital dan kertas dari semua dokumen penting Anda – paspor, asuransi, informasi kartu kredit – dan simpan di tempat yang berbeda. Sebaiknya tinggalkan salinan di rumah dengan keluarga atau teman Anda, dan Anda perlu membawa salinan digital serta kertas. Versi digital harus disimpan di tempat yang aman namun mudah diakses, seperti kotak masuk email atau server cloud Anda.

  1. Cari Tahu Tentang “Rumah” Anda Saat Jauh dari Rumah

Mempelajari tentang ke mana Anda akan pergi dan apa yang dapat Anda lakukan di sana mungkin merupakan hal terbaik tentang mempersiapkan perjalanan. Anda dapat membeli panduan perjalanan atau mencari di Google untuk mengetahui apa yang ditawarkan rumah baru Anda. Walaupun akan lebih seru untuk melihatnya secara langsung, mendapatkan pandangan sebelumnya dapat membantu Anda merencanakan perjalanan untuk memaksimalkan waktu Anda selama berada di luar negeri. Jangan lupa untuk membaca artikel mengenai kebiasaan, budaya dan tradisi yang bisa membantu Anda merasa seperti penduduk lokal dalam waktu singkat.

  1. Berkemah (Pastinya!)

Pertama, periksa batas berat dan ukuran bawaan yang dapat masuk ke pesawat. Lalu, baca juga 5 tips persiapan liburan yang perlu Anda ketahui sebelum merencanakan liburan dan berkemas menjadi sesuatu yang menyenangkan. Barang-barang yang penting, adapter, dan baju ganti sebaiknya dibawa di tas yang Anda jinjing, untuk berjaga-jaga jika bagasi Anda tertunda. Jika Anda tinggal di satu tempat selama lebih dari beberapa hari, beli perlengkapan mandi di tempat tujuan Anda dan hanya bawa wadah ukuran kecil untuk mandi pertama setelah Anda tiba. Setelah selesai berkemas, pastikan untuk memberi tag nama pada semua tas Anda.

  1. Pelajari Beberapa Istilah Dalam Bahasa Lokal

Melihat Anda membaca  artikel ini di blog kami, dapat kami asumsikan Anda akan belajar bahasa di luar negeri. Namun mengapa tidak mempersiapkannya sebelum Anda pergi? Perjalanan akan jauh lebih mudah jika Anda terbiasa dengan bahasa di sana dan bahkan mengetahui beberapa kalimat dalam bahasa lokal. (Penerbangan panjang merupakan cara yang sempurna untuk mempelajari beberapa kosakata dasar.)

  1. Persiapkan Obat- Obatan Yang Diperlukan

Jika Anda rutin mengkonsumsi obat-obatan dengan resep dokter atau menggunakan lensa kontak, pastikan Anda membawa cukup selama perjalanan ataupun resep yang dapat Anda tebus di luar negeri. (Tanyakan pada asuransi Anda mengenai tanggungan ini.)

  1. Catat Nomor Telepon Penting

Di zaman sekarang, kita hampir tidak hapal nomor telepon siapa pun – begitu juga dengan kata sandi. Jika Anda pergi ke luar negeri, Anda mungkin harus membeli ponsel baru atau masuk ke komputer/situs di sekolah: Pastikan Anda menghapalkan atau mencatat nomor telepon penting dan kata sandi (atau petunjuk kata sandi Anda) sehingga Anda dapat menelepon dan masuk ke komputer/situs tanpa harus panik.

  1. Cari Tahu Paket Data Ponsel Anda

Tergantung pada lama Anda berada di luar negeri, ada baiknya membeli kartu SIM di negara tujuan. Sebelum Anda berangkat, tanyakan pada penyedia jaringan seluler mengenai biaya roaming dan paket data agar tagihan telepon Anda tidak membengkak setelah Anda kembali. Anda dapat menemukan  banyak tempat yang menyediakan Wi-Fi (gratis) – seperti sekolah, tempat tinggal, dan mungkin bahkan tempat umum – namun menyenangkan jika Anda dapat dihubungi walaupun sedang tidak berada di dekat hotspot.

  1. Katakan Halo Pada Keluarga Angkat Anda

Jika Anda akan tinggal dengan keluarga angkat ataupun teman sekamar dan Anda memiliki kontak mereka: Perkenalkan diri Anda sebelum berangkat! Mereka mungkin saja penasaran pada Anda sama seperti Anda pada mereka, jadi menyapa mereka akan memberikan kesan pertama yang baik. Semua orang menyukai hadiah, jadi mengapa tidak membawakan mereka hadiah kecil dari negara asal Anda, yang juga dapat menjadi ice breaker?

  1. Tetap Bersemangat

Ada banyak hal yang perlu dipikirkan dan dilakukan sebelum Anda belajar di luar negeri, terutama jika ini merupakan pengalaman pertama Anda. Namun tidak peduli berapa kali Anda harus mengemas ulang koper Anda, jangan lupa untuk tetapi bersemangat tentang petualangan tak terlupakan yang akan Anda lakukan.

Sudah siapkah Anda melakukan perjalanan ke luar negeri?Belajar di luar negeri
Dapatkan berita perjalanan, bahasa, dan budaya terbaru di buletin GODaftarkan saya

Cari tahu tingkat bahasa inggris kamu dalam hitungan menit

Selengkapnya