GO Blog | EF Blog Indonesia
Berita terbaru tentang perjalanan, bahasa dan budaya oleh EF Education First
Menu

Mengapa kursus bahasa di luar negeri lebih baik daripada satu tahun di sekolah

Mengapa kursus bahasa di luar negeri lebih baik daripada satu tahun di sekolah

Sekolah yang baik dengan guru yang baik dan teman-teman yang suportif merupakan salah satu hal terpenting dalam kehidupan anak muda. Namun ketika berbicara tentang bahasa, bahkan sekolah yang baik pun tidak cukup. Inilah mengapa belajar di luar negeri akan memicu perkembangan anak Anda dengan cara yang tidak bisa dilakukan lingkungan sekolah lokal.

Kemampuan bahasa yang lebih kuat

Ada manfaat besar dari belajar bahasa di lingkungan imersif, idealnya di negara di mana bahasa tersebut digunakan oleh penduduk setempat. Menggunakan bahasa dalam berbagai situasi sehari-hari, termasuk dengan teman-teman baru, merupakan tantangan yang paling dibutuhkan anak muda. Ketika anak dipaksa menggunakan bahasa dalam situasi “alami”, begitu juga dalam kelas dengan anak-anak muda dari seluruh dunia (berbeda dengan kelas normal di negara asal), tidak ada ruang untuk merasa enggan atau malu. Pembelajaran bahasa imersif bekerja karena pembelajaran ini menempatkan bahasa dalam konteks, mendorong penggunaan konstan dan mendorong kemajuan yang lebih cepat.

Dan mengapa berinvestasi dalam kemampuan bahasa begitu penting? Bukan hanya memiliki manfaat besar dari berbicara lebih dari satu bahasa dengan lancar, seperti meningkatkan empati, kemampuan kognitif dan menunda demensia, namun juga memungkinkan kaum muda untuk .

Meningkatkan kemandirian dan kepercayaan diri

Waktu saat berada jauh dari rumah – terkadang di destinasi yang sangat jauh – berarti anak Anda akan ditantang untuk berpikir sendiri dalam segala hal: mencuci pakaian, memutuskan kapan mereka harus pergi ke dokter, membeli kartu SIM prabayar, memasak, bertemu orang baru, dan mengatur jadwal. Beri mereka tantangan untuk melakukan ini semua dalam bahasa asing (bahasa apapun yang mereka pilih untuk dipelajari), dan Anda punya resep untuk pengalaman yang akan membuat mereka lebih mandiri dan meningkatkan pengembangan keterampilan yang penting seperti kemampuan beradaptasi dan pemecahan masalah.

Kemampuan belajar yang lebih baik

Kampus, jadwal, harapan kurikulum dan gaya mengajar yang baru. Semua ini berarti putra atau putri Anda diharapkan untuk mengatur waktu mereka sesuai dengan jadwal belajar yang efektif dan efisien. Bagi kaum muda yang ingin melanjutkan pendidikan setelah lulus SMA, memiliki kemampuan belajar terbaik (tanpa orang tua ataupun guru yang mengingatkan mereka) merupakan kemampuan yang sangat berharga. Setelah dikembangkan, mereka akan memiliki keinginan belajar dan kemampuan untuk mengatur waktu mereka sendiri.

Kesempatan untuk menemukan geng mereka

Di sekolah mereka sekarang, anak Anda telah menemukan kelompok persahabatan mereka. Namun, pengalaman belajar di luar negeri yang imersif akan memperkenalkan anak Anda pada sekelompok orang dari latar belakang dan budaya yang beragam, yang disatukan oleh minat yang sama. Banyak dari mereka akan menjadi sahabat seumur hidup. Ingat, teman-teman belajar mereka di luar negeri juga “senasib” dengan mereka, yang berarti mereka akan membentuk kelompok yang erat dan menjadi sumber persahabatan dan dukungan yang tak ternilai satu sama lain selama tantangan yang mungkin terjadi.

Keterbukaan terhadap budaya lain

Kemungkinannya anak Anda menghabiskan sebagian hidupnya di satu negara atau kota, mereka paham cara teman sebaya mereka berpikir dan bertindak. Dengan membawa mereka keluar dari zona nyaman dan tinggal di tempat lain, mereka akan mengalami sesuatu yang sangat mendalam: kemampuan untuk memahami cara berinteraksi dengan orang-orang yang bukan berasal dari lingkungan keluarga dan teman seperti biasa. Dengan berinteraksi dengan orang-orang dengan budaya yang berbeda, pemikiran muda dan elastis mereka akan terbuka terhadap tradisi dan cara pikir yang baru. Di era sekarang, ketika batas digital dan fisik serta batas antar budaya bergeser, sebisa mungkin kita perlu mendorong keterbukaan pada anak muda.

Bertambahnya kepercayaan diri

Ibu, Ayah: tunggulah hingga Anda menjemput anak Anda dari bandara. Di samping tas ransel yang penuh dengan oleh-oleh dan pikiran yang penuh dengan kenangan, mereka akan kembali dari kursus bahasa mereka dengan salah satu hadiah terbesar: dosis kepercayaan diri yang sehat. Bagaimanapun, mereka baru saja menavigasi situasi yang sama sekali baru di negara yang asing bagi mereka. Mereka bertemu dengan orang-orang baru, menghadapi tantangan yang tak terduga, mengatur waktu mereka, belajar dengan rajin, masuk ke dalam bahasa baru – dan melakukan semuanya sendiri. Semua kesempatan untuk bertumbuh ini tidak terjadi selama tahun ajaran sekolah “regular” – dibutuhkan pengalaman imersif untuk mewujudkan keajaiban ini.

Kami menawarkan berbagai kursus bahasa di luar negeriLihat pilihan yang tersedia untuk anak Anda
Dapatkan berita perjalanan, bahasa, dan budaya terbaru di buletin GODaftarkan saya

Cari tahu tingkat bahasa inggris kamu dalam hitungan menit

Selengkapnya