GO Blog | EF Blog Indonesia
Berita terbaru tentang perjalanan, bahasa dan budaya oleh EF Education First
Menu

Anda bertanya, kami menjawab: Ujian bahasa Inggris mana yang harus saya ambil?

Anda bertanya, kami menjawab: Ujian bahasa Inggris mana yang harus saya ambil?

Anda ingin mengikuti ujian bahasa Inggris untuk mendapatkan sertifikasi level Anda, tetapi tidak tahu tes mana yang tepat untuk Anda: Apakah itu International Language Testing System (IELTS) (Sistem Pengujian Bahasa Internasional), Test Of English as a Foreign Language (TOEFL) (Tes Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing) atau Ujian Bahasa Inggris Cambridge? Apa perbedaannya dan berapa biayanya, dan apakah ada cara untuk menguji level Anda sebelum berkomitmen untuk mengikuti ujian sertifikasi?

Kami telah menyusun panduan kecil ini untuk membantu Anda memilah-milah hasil informasi di luar sana dan membuat keputusan yang tepat dengan cepat.

Bagaimana cara memilih ujian yang tepat?

Perbedaan penting antara ketiga ijazah tersebut adalah validitas hasilnya. Sertifikat Cambridge akan berlaku seumur hidup Anda, sedangkan IELTS dan TOEFL adalah hasil tingkat bahasa Inggris Anda dan hanya berlaku selama dua tahun.

Jika Anda ingin mendapatkan diploma bahasa untuk membuktikan level Anda dan memiliki sesuatu untuk ditampilkan di CV Anda, ujian Cambridge English mungkin adalah pilihan terbaik. Ujian IELTS dan TOEFL seringkali lebih relevan untuk aplikasi visa, pekerjaan dan universitas atau perguruan tinggi di mana tingkat bahasa Inggris tertentu diperlukan untuk diterima. Di antara kedua ujian ini, IELTS lebih umum digunakan dan diminta di Inggris, sedangkan TOEFL mendominasi di Amerika (namun ada pengecualian, dan banyak institusi akan menerima keduanya).

Apa yang harus saya lakukan selama ujian?

Untuk ujian TOEFL, kebanyakan orang memilih tes berbasis internet (TOEFL iBT). Ujian ini diselesaikan di komputer dan memakan waktu tiga hingga empat setengah jam (tidak termasuk istirahat sepuluh menit). Ujian akan menguji kemampuan berbicara, mendengarkan, menulis, dan membaca Anda. Total Anda bisa mendapatkan 120 poin, 30 untuk setiap modul. Skor Anda pada sertifikat Anda akan berada di antara 0 dan 120 dan sertifikat ini akan berlaku selama dua tahun.

IELTS juga berfokus pada empat modul untuk berbicara, mendengarkan, menulis, dan membaca. Tiga modul pertama (mendengar, membaca dan menulis) diuji dengan tes tertulis yang memakan waktu 160 menit dan dilakukan tanpa istirahat. Bagian lisan dari ujian memakan waktu 15 menit pada hari yang sama (setelah istirahat 10 menit) atau pada hari lain. Ini tergantung pada pusat ujian. Anda menerima skor antara 1 dan 9, dan seperti TOEFL, IELTS hanya berlaku selama dua tahun.

Isi ujian Cambridge English bergantung pada jenis ujian yang akan Anda ikuti. Secara umum, ujian Cambridge memakan waktu dua hari. Hari pertama meliputi membaca, menulis dan mendengarkan. Setiap modul membutuhkan waktu satu hingga dua jam, tergantung pada level Anda. Bagian lisan dari ujian biasanya berlangsung di hari lain dan memakan waktu sekitar 15 menit. Bagian ujian ini sering dilakukan bersama-sama dengan sesama siswa. Ujian Cambridge dapat dilakukan di komputer atau secara tertulis, tergantung sedikit pada pusat ujian. Ujian akan ditandai sesuai dengan Acuan Umum Eropa untuk Bahasa (The Common European Framework of Reference for Languages) (CEFR), dari A1 hingga C2, dan jika Anda hampir gagal, Anda akan ditandai satu tingkat lebih rendah pada skala CEFR.

Siapa yang mengeluarkan ujian?

Sertifikat TOEFL dikeluarkan oleh Educational Testing Service (ETS), sebuah organisasi nirlaba Amerika, sedangkan IELTS ‘dimiliki’ bersama oleh British Council, IDP Education, dan Cambridge English Language Assessment. Diploma Cambridge dikeluarkan oleh Cambridge English Language Assessment, yang berbasis di University of Cambridge di Inggris.

Dimana dan kapan saya mengikuti ujian?

Anda dapat mengikuti ketiga ujian (hampir) di mana saja di dunia. Di situs web organisasi yang berbeda, Anda akan menemukan pusat ujian yang paling dekat dengan Anda dan Anda bahkan dapat mendaftar untuk ujian online. TOEFL dan IELTS menawarkan ujian hampir setiap minggu, sedangkan ujian Cambridge English hanya ditawarkan beberapa kali dalam setahun, jadi Anda harus membuat rencana terlebih dahulu. Ingatlah bahwa jika Anda melakukan kursus persiapan dengan organisasi bahasa seperti EF, kami akan membantu Anda mendaftar untuk ujian dan tentu saja menguasainya.

Berapa biaya ujiannya?

Biaya ujian TOEFL sekitar 245 USD, IELTS sekitar 200 euro, dan ujian Cambridge English berkisar antara 165 dan 255 euro (tergantung levelnya). Perlu diketahui bahwa harga ini mungkin berbeda tergantung pada lokasi Anda dan dapat berubah.

Bagaimana saya harus mempersiapkannya?

Persiapan adalah kuncinya. Jangan meremehkan ujian dan mulai belajar tepat waktu. Anda dapat melakukannya sendiri atau dengan kursus online, tetapi jika Anda benar-benar ingin meningkatkan dan maju serta mendapatkan skor terbaik, taruhan terbaik Anda adalah mengikuti kursus bahasa. Organisasi bahasa seperti EF menawarkan kursus yang disesuaikan dengan ujian yang akan Anda ikuti, dan akan mencakup banyak persiapan yang ditargetkan dan ujian praktik. Jika Anda mengikuti kursus bahasa di luar negeri (belajar bahasa Inggris di Inggris, AS, atau Kanada, misalnya) Anda akan memaksimalkan peluang Anda untuk berhasil dalam ujian bagian lisan karena Anda akan berlatih dan menggunakan bahasa Inggris di bulan dan minggu sebelum ujian.

Belajar bahasa di luar negeri dengan EFCari tahu lebih lanjut
Dapatkan berita perjalanan, bahasa, dan budaya terbaru di buletin GODaftarkan saya

Cari tahu tingkat bahasa inggris kamu dalam hitungan menit

Selengkapnya