GO Blog | EF Blog Indonesia
Berita terbaru tentang perjalanan, bahasa dan budaya oleh EF Education First
Menu

13 frase penting untuk diketahui dalam bahasa kedua Anda

13 frase penting untuk diketahui dalam bahasa kedua Anda

Hallo zusammen! Saya penutur asli bahasa Inggris dan saya sedang dalam proses belajar bahasa Jerman. Saya telah menerima banyak tips yang membantu saya untuk semakin mahir – dari aplikasi bahasa hingga menonton acara televisi Jerman – namun hal-hal ini terbatas. Saya menyadari saya perlu mencoba berkomunikasi dalam bahasa ini. Namun, dari mana memulainya?

Jika Anda ingin memulai percakapan, ada baiknya untuk mengetahui beberapa frase dasar. Memiliki pondasi ini akan membuat Anda lebih mudah berbicara dengan bahasa yang sedang Anda pelajari.

Berikut merupakan 13 frase yang berguna untuk membantu Anda terlibat dalam percakapan.

  1. Halo

Ketika pindah ke Switzerland, saya mengatakan “hallo” saat memperkenalkan diri. Saya baru tahu kalau sapaan yang lebih wajar adalah “gruetzi” (“gruetzer” jika Anda berada di area Bern), terutama jika Anda tidak mengenal mereka dengan baik. Alternatif yang sangat informal adalah “hoi,” yang sangat mirip dengan “hi”.

Mengetahui versi-versi lainnya dari sapaan ini merupakan langkah besar dalam membantu saya berbicara dengan orang lain, dari tetangga dan pemiliki toko hingga anggota keluarga. Ketika mempelajari bahasa, merupakan ide yang baik untuk mencari tahu variasi dari frase di daerah yang ingin Anda kunjungi.

  1. Nama saya adalah ________. Bagaimana dengan Anda?

Oke, jadi Anda resmi terlibat di dalam percakapan. Ini merupakan waktu yang tepat untuk memberitahu nama Anda dan mengetahui nama mereka. Walaupun hal lain yang Anda katakan belum terlalu lancar, setidaknya Anda tahu pasti siapa lawan bicara Anda.

  1. Tolong & terima kasih

Bersikap sopan itu wajib dalam setiap bahasa. Saya yakin senyum yang ramah dan sikap yang fantastis dapat menutupi bahkan pengucapan terburuk sekalipun. Jadi, walaupun Anda kehabisan kata-kata, Anda akan tetap membuat orang lain berpikir tentang betapa ramahnya Anda!

  1. Saya tidak dapat berbicara bahasa Anda dengan baik

Minggu pertama saya tinggal di Zurich, seseorang mendatangi saya untuk bertanya jika saya dapat membantu mereka. Mereka berbicara dengan sangat cepat, jadi mereka telah menyelesaikan dua kalimat sebelum saya memiliki kesempatan untuk memberitahu mereka saya tidak dapat berbicara bahasa Jerman dengan baik. Pada akhirnya, saya dapat menyimpulkan apa yang mereka katakan, namun hal ini tidak akan terjadi jika saya tidak memberitahu mereka saya perlu mereka untuk berbicara dengan perlahan dan jelas.

  1. Maaf

Hidup terus berjalan dan terkadang Anda akan membuat kesalahan. Penting untuk tahu bagaimana cara meminta maaf jika hal-hal tidak berjalan sesuai rencana.

  1. Bisakah Anda mengulanginya?

Ketika saya mencoba berbicara bahasa Jerman, seringkali saya tidak paham apa yang sesorang katakan untuk pertama kalinya. Perlu untuk mengatakan “kannst du das bitte wiederholen” setiap kali saya membutuhkannya.

  1. Selamat tinggal

Ketika tiba saatnya untuk pergi, Anda perlu mengatakan selamat tinggal. Merupakan hal yang aneh jika Anda meninggalkan ruangan dalam diam atau tiba-tiba berhenti berbicara dan berbalik di tengah-tengah percakapan. Ini bukan cara untuk mendapatkan teman baru dalam bahasa apapun.

  1. Saya butuh bantuan

Ini merupakan salah satu frase yang tidak ingin Anda lupakan. Mungkin Anda hanya akan membutuhkannya saat meminta bantuan untuk membaca label di toko kelontong, namun bagaimanapun, mengetahui frase ini akan memastikan Anda mendapatkan bantuan saat Anda membutuhkannya.

  1. Hubungi ambulans/polisi

Walaupun merupakan ide yang bagus untuk Anda mengetahui nomor telepon layanan darurat lokal, Anda perlu mempelajari frase ini untuk berjaga-jaga.

  1. Di mana toilet/kamar mandi?

Merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia. Anda tidak ingin melupakan frase ini untuk alasan yang jelas.

  1. Berapa harganya?

Anda tidak ingin mengeluarkan uang lebih banyak dari yang Anda rencanakan. Juga, untuk menghindari kebingungan mengenai harga, Anda sebaiknya mempelajari nama dan kurs mata uang lokal dibandingkan dengan mata uang negara asal Anda.

  1. Angka 1-100

Akan membutuhkan waktu yang lebih lama, namun mempelajari angka di bahasa yang Anda pelajari akan sangat berguna untuk Anda. Ini bisa berarti mempelajari perbedaan dari memberitahu seseorang Anda akan tiba dalam 15 menit atau 50 menit. Di Jerman, saat-saat tersulit saya adalah menghapalkan perbedaan antara belasan dan puluhan. Saya seringkali mengucapkan vierzehn (14) ketika saya bermaksud mengatakan vierzig (40) atau siebzig (70) ketika maksud saya siebzehn (17). Anda akan mampu membedakannya pada waktu yang tepat. Kuncinya adalah banyak berlatih.

  1. Apakah Anda berbicara bahasa Inggris?

Dengan bahasa Jerman yang masih tingkat pemula, saya bisa berkeliling Zurich dengan baik, tetapi, ketika tiba pada percakapan yang lebih kompleks, seperti percakapan ketika saya berkunjung ke dokter atau dokter gigi. Untuk alasan ini, saya mencoba untuk mencari seseorang yang berbicara bahasa Inggris sehingga kami dapat berkomunikasi dengan lebih mudah.

Ingin mengetahui lebih lanjut mengenai belajar bahasa di luar negeri?Temukan lebih detil
Dapatkan berita perjalanan, bahasa, dan budaya terbaru di buletin GODaftarkan saya

Belajar salah satu dari 12 bahasa di 50 puluh pilihan kota terbaik

Selengkapnya