GO Blog | EF Blog Indonesia
Berita terbaru tentang perjalanan, bahasa dan budaya oleh EF Education First
Menu

Ingin Anak Anda Belajar Sambil Menjelajah Negara Baru? Berikut Cara Merencanakannya

Ingin Anak Anda Belajar Sambil Menjelajah Negara Baru? Berikut Cara Merencanakannya

Hari-hari bersalju, cokelat panas, dan banyak alasan untuk bersama – musim dingin itu indah. Dan begitu hadiah dibuka, permen telah dimakan, dan tahun baru telah datang, akan lebih sedikit gangguan untuk lebih memperhatikan keluarga Anda. Ini merupakan waktu terbaik untuk berbincang dengan anak Anda mengenai tujuan mereka tahun ini.

Apakah mereka ingin bepergian? Mulai belajar bahasa baru? Mungkin mereka telah memikirkan bagaimana mempersiapkan diri untuk memasuki universitas – atau mungkin ketiganya. Seiring dengan tahun yang baru, inilah waktu yang tepat untuk membahas apa yang akan dilakukan dan bagaimana cara mewujudkannya.

Berikut merupakan delapan langkah sederhana untuk membantu anak Anda mencapai tujuan mereka musim panas ini.

  1. Pilih tujuan yang realistis

Jika ide musim panas ini melibatkan interaksi dengan alam seperti di pantai maka Goldcoast atau Vancouver Island di Kanada merupakan pilihan yang tepat. Sebaliknya, jika Anda membayangkan musim panas yang penuh petualangan, maka London, Sydney atau Los Angeles merupakan pilihan yang tepat.

  1. Diskusikan apa yang ingin mereka dapatkan dari perjalanan ini

Mengetahui tujuan akan menentukan arah dari seluruh perjalanan ini. Apakah anak Anda ingin mencoba berselancar untuk pertama kalinya? Mungkin sesuatu yang lebih konkrit, seperti meningkatkan kemampuan dalam bahasa kedua atau memetakan rencana untuk belajar di luar negeri. Apapun itu, putuskan dari awal untuk merencanakan tujuan itu. Saya yakin begitu Anda tahu tujuan perjalanan Anda, sisanya akan menjadi mudah.

  1. Pesan lebih awal

Sungguh, perjalanan tidak merencanakannya sendiri. Jangan meninggalkan semua detail penting hingga menit terakhir. Lakukan sekarang saat Anda masih bersemangat. Dengan memesan awal, Anda tidak hanya mendapat lebih banyak akses promosi dan penawaran, tetapi juga memiliki lebih banyak waktu untuk memikirkan ke mana Anda ingin pergi dan apa yang ingin Anda lakukan. Ditambah lagi, Anda akan memiliki sesuatu menyenangkan yang dinantikan selama musim dingin yang gelap dan musim semi yang basah.

  1. Rencanakan bawaan

Salah satu ide terburuk dalam perjalanan ke luar negeri adalah mempersiapkan dan membawa terlalu banyak untuk situasi belum tentu akan terjadi. Merupakan hal yang mudah untuk memikirkan semua hal untuk dicoba saat di perjalanan, tapi pada akhirnya, membawa pakaian dan peralatan ekstra hanya menghabiskan ruang dan memberatkan bawaan.

  1. Urutkan dokumen perjalanan

Di balik setiap galeri perjalanan yang glamor, ada tumpukan kecil dokumen membosankan yang harus disortir. Anda mungkin tahu mengenai cara mendapatkan paspor, namun dokumen penting lainnya yang harus dimiliki agar anak Anda dapat bepergian adalah visa, catatan imunisasi, dan asuransi perjalanan. Anda tidak pernah tahu seberapa ketat pengecekan di bandara. Mungkin mereka bahkan ingin melihat tiket dan konfirmasi akomodasi kembali.

  1. Rencanakan anggaran Anda

Rencanakan anggaran yang realistis. Setelah menghitung biaya penerbangan dan akomodasi, lakukan sedikit penelitian mengenai pengeluaran harian. Banyak orang menggunakan aplikasi seperti Big Mac index atau Chai Latte Index sebelum bepergian untuk pertama kalinya. Tidak bisa dijadikan patokan, tetapi akan memberi Anda ide yang baik mengenai harga barang dibandingkan di negara sendiri.

Anda juga harus memiliki mata uang yang tepat dan mengetahui kurs. Untuk bantuan, ada banyak aplikasi anggaran perjalanan di pasaran, dua favorit saya adalah Tripcoin dan Trabee Pocket.

  1. Sisihkan dana darurat

Seiring dengan anggaran dana yang realistis, Anda juga harus selalu menyisihkan sebagian uang Anda untuk dana darurat. Bukan berarti Anda akan mengalami kesulitan, tetapi dari biaya bagasi hingga penundaan transportasi, Anda tidak pernah tahu kapan sesuatu yang buruk terjadi. Jika sejumlah uang untuk perjalanan ini tidak digunakan, Anda dapat menyimpannya untuk perjalanan selanjutnya.

  1. Persiapkan anak Anda untuk lingkungan yang baru

Destinasi telah ditetapkan dan penerbangan telah dipesan. Namun Anda tidak ingin menunggu hingga menit terakhir untuk mempersiapkan anak Anda dari segala yang akan mereka hadapi, terutama jika ini pertama kalinya mereka pergi keluar negeri. Mereka akan menghadapi berbagai petualangan baru dan mungkin beberapa tantangan di sepanjang perjalanan. Ingatkan mereka bahwa wajar untuk merasa cemas (jangan khawatir hal ini juga merupakan hal yang wajar sebagai orang tua) dan beritahu mereka bahwa mereka selalu dapat mengandalkan Anda untuk mendukung mereka.

Seiring dengan direncanakannya musim panas yang seru, Anda dan anak Anda akan memiliki sesuatu yang dinanti-nantikan tahun ini. Selamat melakukan perjalanan!

Siap memulai perencanaan untuk musim panas?Menjelajah Negara Baru Bersama EF
Dapatkan berita perjalanan, bahasa, dan budaya terbaru di buletin GODaftarkan saya

Belajar salah satu dari 10 bahasa di 50 puluh pilihan kota terbaik

Selengkapnya